Ternyata Inilah 5 Penyebab Rambut Menjadi Lepek

Sebaiknya hati-hati dalam membeli produk shampo

22 Mei 2020

Ternyata Inilah 5 Penyebab Rambut Menjadi Lepek
Freepik/benzoix

Kamu jadi nggak percaya diri karena punya rambut lepek?

Mungkin secara nggak sadar kamu melakukan hal-hal yang membuat jadi bad hair day. Dengan masalah rambut lepek pasti rasanya jadi merubah mood kamu bukan?

Sebenarnya kalau dipikir-pikir, kenapa rambut bisa jadi lepek? Nah, dalam kesempatan ini Popmama.com telah merangkum 5 penyebab rambut mudah lepek.

Dan cara mencegah rambut lepek. Langsung simak rangkuman selengkapnya, yuk!

1. Menggunakan produk yang salah

1. Menggunakan produk salah
Freepik/Katemangostar

Memiliki rambut dan kulit kepala yang sehat tentunya akan membuat aktivitas sehari-hari semakin nyaman dilakukan.

Sayangnya kamu punya masalah rambut lepek? Ternyata besar kemungkinan kondisi rambut lepek dan berminyak adalah karena salah menggunakan produk.

Sebaiknya kamu memakai produk yang mempunyai formula lebih ringan dan hindari produk shampo yang berlabel shine atau moisture, kedua kandungan tersebut lebih cocok untuk yang memiliki rambut kering.

Selain itu hindari menggunakan spray, sebab produk styling ini mengandung alkohol yang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepalamu.

Editors' Picks

2. Memakai kondisioner secara berlebih

2. Memakai kondisioner secara berlebih
Freepik/mrsiraphol

Conditioner memang membuat rambut jadi lebih lembap. Apakah kamu sering memakainya?

Sementara jika penggunaannya terlalu banyak maka bisa membuat rambutmu menjadi lepek.

Oleh karenanya berhati-hatilah saat menggunakan produk tersebut, yakni tidak memakainya secara berlebihan. Hal ini bisa saja kondisioner yang kamu pakai terlalu berat untuk di rambut

Di sisi lain bisa saja kamu membilasnya tidak terlalu bersih secara menyeluruh, sehingga masih ada sisa kondisioner yang membuat rambut kamu berminyak dan lepek.

3. Terlalu sering keramas

3. Terlalu sering keramas
Freepik/Torwaiphoto

Penyebab berikutnya kenapa rambut menjadi berminyak dan lepek adalah karena terlalu sering keramas.

Jika kamu sering mencuci rambut setiap harinya maka perlu mengurangi frekuensinya, sebab hal tersebut dapat menyingkirkan kadar minyak alami pada rambut dan memaksa rambut memproduksi minyak berlebih untuk menggantikan minyak alami yang hilang tadi, sehingga kulit kepala maupun rambut berakhir menjadi sangat berminyak dan lepek.

Sebaiknya mencuci rambut setiap dua hari sekali saja, ya.

4. Terlalu sering menyisir rambut

4. Terlalu sering menyisir rambut
Freepik

Kegiatan menyisir memang membuat rambut tidak mudah kusut.

Tapi ternyata hal ini merupakan tindakan yang salah kaprah. Jika kamu terlalu sering menyisir rambut maka sama dengan menyebarkan minyak alami yang ada pada akar rambut.

Hal inilah yang membuat rambut kamu jadi terasa berminyak dan lepek.

Sebaiknya mulai sekarang kurangi frekuensi menyisir rambut untuk mencegah rambut mudah patah dan rontok, sehingga rambut akan tampak lebih sehat alami.

5. Terpapar sinar matahari

5. Terpapar sinar matahari
Freepik/javi_indy

Saat minyak menempel di kulit kepala, maka rambut pun jadi lebih berat dan saling menempel sehingga terkesan lengket. Akibatnya rambut jadi kehilangan volume dan terlihat lepek.

Sementara produksi minyak akan cenderung meningkat saat cuaca mulai lembap dan panas. Kulit kepala yang terpapar sinar matahari akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori rambut. Hal inilah yang membuat rambut mudah lepek.

Jadi saat terlalu lama beraktivitasi di luar ruangan, sebaiknya segera menutupi rambutmu.

Itulah kelima penyebab kenapa rambut menjadi lepek. Ada baiknya kamu tidak menggunakan sembarangan produk dan menjaga rambut dari sinar matahari. Dan jika rambut sudah lepek, kamu harus mencari cara mengatasi rambut lepek.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.