Selain Menyiapkan Modal, Inilah 5 Tips Saat Memulai Bisnis Kosmetik

Kosmetik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seorang perempuan

13 Februari 2020

Selain Menyiapkan Modal, Inilah 5 Tips Saat Memulai Bisnis Kosmetik
Freepik/ Racool_studio

Mengingat naluri perempuan adalah selalu ingin tampil memesona, tentu mereka mengandalkan produk makeup untuk riasan wajahnya.

Bahkan juga sebagian dari perempuan tak luput dalam menjaga kesehatan kulit dengan rangkaian perawatan dan beberapa kosmetik.

Ya, kosmetik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seorang perempuan. Alat-alat kosmetik sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kesehariannya.

Demi memenuhi kebutuhan kaum hawa, kini sudah banyak orang memanfaatkan peluang tersebut. Di mana berbisnis produk kosmetik bisa menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan dan akan terus progresif.

Tapi selain menyiapkan modal yang tidak sedikit, inilah 5 tips saat memulai bisnis kosmetik. Berikut informasi selengkapnya dari Popmama.com :

1. Memiliki konsep usaha yang harus jelas

1. Memiliki konsep usaha harus jelas
Freepik

Untuk memenuhi kebutuhan perempuan, berbisnis barang kosmetik memang bisa menjadi peluang usaha yang bisa kamu jalankan.

Namun sebagai langkah pertama kamu harus memiliki konsep usaha yang jelas. Penting bagi kamu untuk menentukan dan membangun bentuk bisnis yang akan dijalankan.

Apakah dalam bentuk agen, waralaba, membangun perusahaan inti atau sekadar membuka stand kosmetik di pameran.

Editors' Picks

2. Pastikan target pasar dan siapa saja calon konsumennya

2. Pastikan target pasar siapa saja calon konsumennya
Freepik/pch.vector

Saat ini kosmetik adalah bidang bisnis yang sedang berkembang pesat.

Apalagi kini pangsa pasar bisnis kecantikan semakin luas. Untuk menjalankan bisnis kosmetik, kamu juga harus menentukan target pasarnya dan pastikan siapa saja calon konsumennya.

Ini sangat penting, karena tahapan tersebut mempermudah kamu untuk memesan produk tertentu kepada perusahaan sesuai dengan usia, jenis kulit dan merek kosmetik favorit dari pelanggan yang menjadi sasaran.

Tentu kamu pun perlu bekerja sama dengan salon kecantikan untuk merekomendasikan produk kamu dengan sistem bagi hasil.

3. Pilihlah mitra kerja yang sesuai dengan visi

3. Pilihlah mitra kerja sesuai visi
Freepik/pressfoto

Dunia kecantikan memang menjadi industri yang tidak akan pernah mati, karena kebutuhan akan perawatan kulit yang selalu berkesinambungan.

Kualitas kosmetik adalah salah satu yang perlu kamu pertimbangkan. Di sinilah harus menemukan beberapa laboratorium yang dapat menjadi rekan dalam menciptakan produk skincare kamu.

Ya, mencari laboratorium yang tepat merupakan sebuah langkah penting. Pilihlah mitra kerja yang sesuai dengan visi. 

Di mana kamu perlu memastikan formula skincare yang akan diciptakan memiliki ciri khas sendiri dan tidak ada efek samping.

4. Tentukan cara menjual produk yang akan dijual

4. Tentukan cara menjual produk akan dijual
Freepik/pch.vector

Saat memulai bisnis kosmetik, langkah selanjutnya ialah temukan cara menjual produk yang akan dijual.

Jika ingin berdagang secara offline, pastikan toko kosmetik terletak di lokasi strategis dan areanya berdekatan dengan ruang publik yang ramai didatangi kaum hawa seperti di mall, butik, salon kecantikan dan lain-lain.

Namun juga bisa menitipkannya di toko kosmetik atau membuka booth untuk memperkenalkan produk kamu kepada khalayak luas. 

Selain itu, kamu dapat memanfaatkan sistem online untuk lebih bisa menjaring banyak pembeli. Caranya dengan membuat toko online khusus berjualan kosmetik di berbagai media sosial.

5. Melakukan promosi yang maksimal dan efektif

5. Melakukan promosi maksimal efektif
Freepik/jcomp

Dalam setiap bisnis, pemasaran memegang peran cukup vital bagi kelangsungan sebuah usaha.

Seberapa besar modal atau sebagus apapun produk kosmetiknya, tidak akan berarti jika tidak diimbangi dengan pemasaran yang bagus.

Oleh sebab itu penting bagi kamu melakukan promosi yang maksimal dan efektif.

Tentu kamu tidak boleh malas upload foto produk kosmetik di berbagai media sosial. Dengan aktivitas ini, produk yang dijual akan dikenal banyak orang.

Itulah kelima tips saat memulai bisnis kosmetik. Lakukan pendekatan secara personal kepada konsumen, buat mereka merasa dekat dan mengenal produk kamu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.