Manfaat Sabun Pepaya untuk Kecantikan Kulit Wajah

Wajah cerah dan awet muda akan Mama dapatkan jika rutin menggunakan sabun pepaya

15 Februari 2020

Manfaat Sabun Pepaya Kecantikan Kulit Wajah
Freepik

Ternyata, tidak hanya perawatan canggih dan produk kecantikan terkini yang bisa Mama andalkan untuk merawat kulit wajah agar tetap cantik lho, Ma. Mama juga bisa mengandalkan produk-produk organik.

Apalagi, produk organik memiliki kelebihan tersendiri. Penggunaannya dijamin aman karena tidak menggunakan bahan kimia. Jika Mama memiliki jenis kulit sensitif, Mama pun tidak perlu khawatir produk tersebut akan menimbulkan efek samping.

Salah satu produk organik yang sudah diandalkan sejak lama adalah sabun pepaya. Pepaya sendiri dipercaya untuk merawat kecantikan wajah karena mengandung vitamin A, C, B kompleks, dan E. Ia juga mengandung enzim papain yang mampu mempercepat regenerasi kulit.

Nah, agar Mama semakin percaya untuk menggunakan sabun pepaya, simak manfaat yang telah dirangkum Popmama.com berikut ini yuk!

1. Mampu hilangkan sel kulit mati

1. Mampu hilangkan sel kulit mati
verywellhealth.com

Kulit wajah kita selalu melakukan regenerasi. Pada prosesnya, sel kulit yang baru akan menggantikan sel kulit yang lama. Jika kita tidak melakukan eksfoliasi, sel kulit mati pun akan menumpuk dan membuat wajah kita kusam.

Nah, Mama dapat mengatasinya dengan menggunakan sabun pepaya. Enzim papain di dalam sabun ini mampu mengelupas sel kulit mati.

Bahkan tidak hanya mengelupas, ia juga mempercepat regenerasi kulit wajah Mama lho.

Editors' Picks

2. Menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah

2. Menghaluskan mencerahkan kulit wajah
health-concerns.org

Tidak hanya membuat wajah kusam, sel kulit mati yang menumpuk akan membuat kulit wajah terasa kasar.

Otomatis, wajah Mama akan terasa lebih halus setelah rutin menggunakan sabun pepaya.

Tidak hanya halus, kulit wajah Mama juga akan lebih cerah lho. Pasalnya, kulit lama yang sudah rusak akan digantikan dengan sel kulit baru yang lebih cerah.

3. Mencegah dan mengatasi jerawat

3. Mencegah mengatasi jerawat
rachaelrayshow.com

Jika sel-sel kulit mati terkelupas, tentu wajah Mama akan lebih bersih. Artinya, Mama juga akan terhindar dari jerawat. Pasalnya, jerawat seringkali muncul karena sel kulit mati menyumbat pori-pori.

Nah, jika Mama salah satu orang yang sering bermasalah dengan jerawat. Mama wajib mencoba sabun pepaya.

Setelah pemakaian rutin, Mama pun bisa mengatakan selamat tinggal pada jerawat Mama.

4. Mencegah penuaan dini

4. Mencegah penuaan dini
Freepik/drobotdean

Penuaan dini, mendengar kata ini pasti membuat Mama bergidik ngeri. Pasalnya, selalu tampil awet muda adalah idaman setiap perempuan. Otomatis, Mama pasti menjauhi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan flek hitam.

Nah, kedua tanda penuaan tersebut bisa diatasi dengan sabun pepaya. Seperti yang telah disebutkan, enzim papain di dalam sabun pepaya mampu mempercepat regenerasi kulit. Noda hitam yang muncul pun akan tersingkirkan dengan sel kulit yang baru.

5. Meredakan gatal akibat gigitan serangga

5. Meredakan gatal akibat gigitan serangga
Freepik/sunnygb5

Sabun pepaya tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah Mama lho. Saat Mama atau keluarga digigit serangga, Mama juga bisa menggunakan sabun ini.

Enzim papain akan menghilangkan racun akibat gigitan serangga dan meredakan gatal. Mama cukup menggosokan sabun pepaya ke daerah yang gatal dan membilasnya dengan air.

Saat musim hujan dan nyamuk lebih banyak berkeliaran, sediakanlah sabun ini di rumah ya, Ma! Keluarga Mama pun akan terhindar dari gatal-gatal.

Itulah manfaat yang akan Mama dapatkan jika rutin menggunakan sabun pepaya. Ternyata, buah pepaya tidak hanya baik untuk pencernaan ya, Ma!

Nah, agar Mama mendapatkan manfaat maksimal dari sabun pepaya, gunakan di malam hari setelah membersihkan makeup dan kotoran yang menempel.

Gosokan sabun di wajah dan biarkan selama beberapa menit agar enzim papain terserap.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.