25 Rekomendasi Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang

Makin percaya diri dengan warna rambut yang cocok di kulit sawo matang

13 Mei 2024

25 Rekomendasi Warna Rambut Kulit Sawo Matang
Freepik/Rawpixel.com

Banyak perempuan yang tertarik mewarnai rambutnya. Namun, memilih warna rambut ternyata bukanlah hal yang mudah. 

Sebelum mewarnai rambut, kamu juga harus menyesuaikannya dengan warna kulit. Apakah cocok atau tidak cocok dengan warna kulitmu? Bila warna rambut tidak cocok dengan warna kulit, rona wajah akan tidak terlihat lebih kusam.

Nah, mayoritas masyarakat Indonesia memiliki warna kulit sawo matang. Warna kulit ini memiliki undertone cenderung hangat atau warm. Sehingga, kamu bisa memilih warna-warna yang gelap agar terlihat fresh dan tidak kusam.

Penasaran dengan rekomendasi warna rambut untuk kulit sawo matang yang cocok? Berikut Popmama.com telah merangkum daftar warnanya.

1. Dark brown

1. Dark brown
Pinterest.com/Hadviser.com

Pilihan warna rambut yang cocok untuk kulit sawo matang pertama adalah warna dark brown atau cokelat gelap.

Yap, dark brown merupakan warna yang paling netral dan bisa membuat kamu tampil lebih natural, cerah, dan bercahaya.

Kamu juga bisa mengombinasikan warna ini dengan model highlight atau balayage agar penampilan makin menarik.

2. Ash grey

2. Ash grey
Pinterest.com/Oliviaqiana22

Warna cat rambut untuk kulit sawo matang selanjutnya, ash grey atau silver. Warna rambut ash grey akan membuat wajahmu terlihat lebih cerah dan fresh.

Kamu bisa melakukan variasi yang lebih kreatif seperti memberikan gradasi warna hitam baik di ujung atau akar rambut. Sehingga, penampilammu terlihat lebih menarik. 

3. Burgundy

3. Burgundy
Pinterest.com/Wella Professionals

Warna burgundy tidak hanya cocok untuk kulit putih saja. Burgundy juga tergolong warna rambut untuk kulit sawo matang.

Pasalnya, warna burgundy merupakan warna yang hangat, sehingga mampu memberikan efek cerah pada kulit sawo matang.

Selain itu, burgundy juga menjadi warna yang paling sering dipilih oleh perempuan kulit sawo matang. Hasilnya akan memberikan kesan elegan yang membuat kamu tampil semakin percaya diri.

4. Brunette

4. Brunette
Pinterest.com/Chamonix

Warna rambut kulit sawo matang selanjutnya, warna brunette atau warna cokelat klasik yang biasanya dipilih karena ingin memiliki tampilan yang lebih cerah, namun ternyata warna ini juga bisa memberikan kesan eksotis pada penampilan lho.

Selain itu, brunette merupakan warna yang cocok untuk semua jenis kulit sehingga kamu tidak perlu ragu untuk mencoba warna ini. 

5. Mahogany

5. Mahogany
Pinterest.com/Nadia

Banyak yang masih bingung perbedaan antara warna burgundy dan warna mahogany. Keduanya sama-sama memiliki kesan hangat dan lembut.

Burgundy adalah kombinasi antara warna cokelat dan ungu, sedangkan mahogany merupakan kombinasi warna cokelat dan merah.

Namun, jika kamu melihat lebih teliti, sebenarnya warna mahogany memiliki kesan yang lebih lembut dibandingkan warna burgundy. Warna mahogany cocok sebagai warna rambut untuk kulit sawo matang.

6. Rose Gold

6. Rose Gold
Pinterest.com/Tumblr

Banyak perempuan kulit sawo matang khawatir jika menggunakan warna rambut yang terang. Pasalnya, warna terang membuat wajah terlihat kusam. Namun, kamu bisa memilih warna rose gold yang memiliki kesan warm atau hangat

Berbeda dengan warna rambut terang lainnya, warna ini bisa menonjolkan warna natural dari kulit kamu dengan baik. Kamu bisa mencoba dengan memberikan gradasi warna hitam di bagian atas rambut atau biasa disebut model cat rambut ombre.

7. Jet black

7. Jet black
Pinterest.com/Maja

Inspirasi warna rambut yang bagus untuk kulit sawo matang berikutnya adalah warna jet black. 

Jet black bukanlah warna hitam biasa. Warna hitam ini lebih gelap dan pekat. Efeknya menimbulkan wajah lebih cerah. Selain itu, jet black menjadi warna yang paling aman untuk semua jenis kulit.

8. Warm hazelnut

8. Warm hazelnut
Pinterest.com/Hailey Miller

Warm hazelnut adalah warna rambut untuk kulit sawo matang karena memiliki sentuhan cokelat keemasan yang memberikan kesan hangat dan segar pada wajah.

Warna ini juga dapat membantu menyamarkan garis-garis halus atau kerutan di wajah. Sehingga, kamu terlihat lebih muda dan segar.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan warna rambut warm hazelnut, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, pastikan bahwa warna rambut ini sesuai dengan warna kulit dan rona mata.

Jika memiliki rona mata yang lebih cerah, warna rambut warm hazelnut mungkin terlihat terlalu gelap dan tidak selaras dengan warna mata.

Kedua, pastikan kamu sudah mencoba warna rambut ini sebelumnya dengan menggunakan sampel atau tester. Sehingga, kamu dapat melihat penampilan warna rambut tersebut.

9. Pink pastel

9. Pink pastel
PInterest.com/Stylezco.com

Salah satu warna yang banyak dihindari oleh para pemilik kulit sawo matang adalah pink. Pasalnya, warna tersebut agak mencolok. Namun, pastel pink yang lembut dapat memberikan kesan cerah pada wajah.

Pink pastel adalah warna rambut yang menawan dan menyenangkan, tetapi mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Pastel pink termasuk warna rambut untuk kulit sawo matang, teutama untuk kamu yang memiliki rona mata yang lebih cerah, seperti biru atau hijau. Warna ini akan memberikan kontras yang menarik.

10. Ash Blonde

10. Ash Blonde
Pinterest.com/southernliving.com

Ash blonde adalah cat rambut yang cocok untuk kulit sawo matang, warna rambut ini elegan dan terlihat natural pada banyak orang. Warna ini memiliki sentuhan abu-abu yang memberikan kesan sejuk dan modern pada rambut, sementara aksen cokelat keemasan memberikan kesan hangat dan fresh.

Makanya, ash blonde termasuk warna rambut untuk kulit sawo matang. Apakah kamu tertarik mencobanya?

11. Caramel Brown

11. Caramel Brown
Instagram.com/Michelleschindler

Jika memiliki warna kulit sawo matang, caramel brown adalah pilihan tepat. Warna rambut untuk kulit sawo matang ini memberikan kesan lembut dan warm. Penampilanmu terlihat menawan dan elegan. 

Lantaran tidak terlalu mencolok, warna rambut ini menjadi favorit para kaum hawa.

Editors' Pick

12. Auburn

12. Auburn
Pinterest.com/Dani

Menggunakan warna rambut pirang untuk mencerahkan kulit bisa jadi ide bagus. Auburn adalah salah satu warna rambut untuk kulit sawo matang (kekuningan) dan gelap.

Tone warna rambut ini cukup hangat dan lembut. Sehingga, warna rambut cukup serasi dengan warna kulit.

13. Soft Chocolate Brown

13. Soft Chocolate Brown
Pinterest.com/✧༺♥༻∞༺♥༻✧

Soft chocolate brown adalah pilihan yang baik jika kamu ingin mencoba sesuatu yang baru tanpa terlalu mencolok atau terang. Warna rambut untuk kulit sawo matang ini terlihat natural dan selaras dengan berbagai warna kulit dan rona mata.

Jika memiliki rambut yang sangat gelap atau hitam, kamu perlu memutihkan rambut terlebih dahulu sebelum menerapkan warna ini.

14. Silver Ombre

14. Silver Ombre
Pinterest.com/Morgan

Silver ombre adalah teknik penggunaan warna rambut yang cukup khas. Dengan teknik ini, rambut terlihat lebih terang di ujungnya dan lebih gelap di bagian atasnya.

Warna silver atau abu-abu pucat ini dapat memberikan kesan yang elegan dan modern pada rambut.

Silver ombre bisa dipilih sebagai cat rambut yang bagus untuk kulit sawo matang. Agar tidak memberikan kesan kusam, teknik ombre adalah pilihan tepat. 

15. Chocolate Brown

15. Chocolate Brown
Pinterest.com/Hairbymadeline

Warna cokelat ini sangat cocok untuk kamu yang belum memiliki banyak pengalaman dalam mewarnai rambut. Chocolate brown adalah warna rambut untuk warna kulit sawo matang yang memberikan efek cerah.

Warna ini tergolong warna rambut populer, terutama di Korea Selatan. Makanya, banyak artis Korea yang menggunakan warna rambut ini.

16. Purple Highlights

16. Purple Highlights
Pinterest.com/Meredith Haan

Ungu sebenarnya bukan warna rambut untuk kulit sawo matang. Namun, kamu bisa menggunakan warna ungu tua sebagai highlight rambut. Sehingga, penampilan terlihat cerah dan fresh.

Selain itu, kamu juga bisa mewarnai rambut dengan warna lilac atau lavender (atau campuran warna ungu gelap dan ungu muda) sebagai pilihan lain. Warna ini lebih terlihat estetik dan trendi.

17. Blonde Ombre

17. Blonde Ombre
Pinterest.com

Rambut ombre pirang adalah salah satu warna rambut Asia yang paling banyak dicoba dan diuji, terutama untuk orang Filipina. Tren gaya rambut ini telah bertahan selama bertahun-tahun dan bahkan hingga hari ini. 

Blonde ombre bisa menjadi pilihan terbaik sebagai warna rambut untuk kulit sawo matang. 

18. Blonde Money Piece

18. Blonde Money Piece
Pinterest.com/Behindthechair.com

Jika menginginkan tampilan yang edgy, kamu bisa menggunakan blonde money piece. Warna rambut untuk kulit sawo matang ini menciptakan kontras yang mencolok. Namun, warna ini juga menjaga sisa rambut dalam rona gelap alami. 

Beberapa bintang K-Pop terlihat cukup sering menggunakan warna rambut ini, lho.

19. Copper Highlights

19. Copper Highlights
Pinterest.com/Bria Hodge

Mewarnai rambut dengan warna selain hitam mulai menjadi tren di tahun 90-an. Di antara warna populer, muncul warna rambut untuk kulit sawo matang, yakni tembaga.

Kamu pasti bisa menggunakan warna rambut ini sebagai highlight pada rambut hitam. Kombinasi hitam dan tembaga memberikan kesan warm dan elegan.

20. Green Hair with Blue Tips

20. Green Hair with Blue Tips
Pinterest.com/Rebecca Noble

Warna rambut untuk kulit sawo matang ini memiliki tampilan ombre terbalik. Kamu dapat mewarnai akar rambut dengan warna hijau tua. Sedangkan, ujung rambut diwarnai dengan warna biru gelap.

Tampilanmu akan terlihat estetik dan unik. Warna ini juga memberikan kesan cerah.

21. Coral Pink

21. Coral Pink
Pinterest.com/HSI Professional - Hair tools + haircare products

Alih-alih warna pink biasa, gunakan coral pink sebagai warna rambut untuk kulit sawo matang. Warna ini cukup khas dan mencolok.

Namun, warna ini cukup lembut dibandingkan warna pink yang cenderung terang. Warna ini cocok untuk kamu yang aktif dan enerjik.

22. Cinnamon

22. Cinnamon
Pinterest.com/하움

Warna rambut kayu manis (cinnamon) adalah warna cokelat sedang dengan efek merah atau oranye. Warnanya cokelat cerah dan cocok untuk banyak warna kulit, salah satunya kulit sawo matang.

Tidak heran bila cinnamon termasuk warna rambut untuk kulit sawo matang. Warna ini memberikan kesan warm. Penampilanmu tampak elegan.

23. Ash Pink

23. Ash Pink
Pinterest.com/Cynthia Thach

Ash pink adalah warna rambut yang menawan dan menyenangkan, tetapi mungkin tidak cocok untuk semua orang. Warna rambut untuk kulit sawo matang ini cocok untuk pemilik rona mata yang lebih cerah.

Sebagai warna rambut pastel, ash pink mungkin tidak terlihat begitu jelas pada rambut yang lebih gelap. Jika memiliki rambut yang sangat gelap atau hitam, kamu mungkin perlu bleaching rambut terlebih dahulu sebelum menerapkan warna ini.

Warna ini juga dapat membutuhkan lebih banyak perawatan dan pemeliharaan dibandingkan dengan warna rambut yang lebih gelap, karena mudah memudar dan memerlukan pengecatan ulang.

24. Golden Brown

24. Golden Brown

Perpaduan cokelat keemasan dan pirang adalah warna rambut untuk kulit sawo matang terbaik. Tak sedikit orang Asia yang menggunakan warna ini.

Kesannya hangat dan fun. Makanya, golden brown kerap dipilih sebagai warna rambut untuk kulit sawo matang.

25. Sunflower Blonde

25. Sunflower Blonde
Pinterest.com/McKenna Breeze

Warna rambut pirang cerah ini memancarkan aura ceria. Warna rambut untuk kulit sawo matang ini cocok bila kamu memiliki potongan rambut yang lucu, seperti bob dengan poni.

Sunflower blonde adalah pilihan tepat bila kamu ingin warna yang cukup lembut tapi tetap mencolok.

Nah, itulah inspirasi rekomendasi warna rambut untuk kulit sawo matang. Jadi, kamu tertarik mencoba warna apa?

Baca juga:

The Latest