Bolehkah Pakai Body Scrub untuk Wajah? Cek Dulu, Ma!

Sama-sama scrub, tapi apakah aman body scrub untuk wajah?

17 Mei 2022

Bolehkah Pakai Body Scrub Wajah Cek Dulu, Ma
Freepik/jcomp

Scrub digunakan untuk mengangkat kulit mati. Seringnya, scrub untuk badan berbeda dengan scrub untuk wajah. Tapi, apakah boleh pakai scrub badan di wajah? 

Saat melakukan scrubbing, seringnya, ingin sekaligus seluruh badan, termasuk leher dan wajah. Sayangnya, hal ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan. 

Bahkan para beauty enthusiast dan dokter kulit benar-benar melarang penggunaan body scrub untuk wajah. 

Kenapa, ya? Popmama.com akan menjabarkan alasannya untuk Mama. 

1. Scrub badan punya konsistensi yang berbeda dan bisa menyebabkan breakout di wajah

1. Scrub badan pu konsistensi berbeda bisa menyebabkan breakout wajah
Freepik/valuavitaly

Meski masih sama-sama kulit, namun perawatan untuk kulit tubuh dan wajah sangatlah berbeda. Keduanya memang butuh eksfoliasi, namun tidak bisa menggunakan scrub yang sama. 

Menurut konsultan dermatologi di NYC, Dr Dhaval Bhanusali, body scrub memiliki konsistensi yang lebih padat dibanding scrub wajah. 

Scrub badan juga punya konsentrasi acid yang lebih kuat sehingga bisa mengiritasi kulit wajah serta berpotensi breakout

Editors' Picks

2. Pilih scrub wajah yang cocok dengan jenis kulit

2. Pilih scrub wajah cocok jenis kulit
Freepik/upklyak

Scrub badan tidak boleh digunakan untuk wajah. Jadi, Mama perlu punya scrub yang memang khusus untuk wajah, jika ingin mengeksfoliasi dengan cara scrubbing.

Jangan asal memilih scrub, pastikan yang cocok untuk jenis kulitmu. Kulit wajah yang kering, sensitif, dan mudah berjerawat sebaiknya memilih scrub wajah yang mild, sedangkan kulit wajah yang berminyak bisa memilih scrub yang lebih kuat untuk eksfoliasi, demikian dilansir dari skincare.com. 

3. Gunakan dengan frekuensi yang tepat

3. Gunakan frekuensi tepat
Freepik/wayhomestudio

Tidak ada aturan saklek berapa sering frekuensi untuk eksfoliasi dengan scrub. Yang pasti, kamu bisa memulai dengan seminggu sekali dan kemudian memendekkan waktunya jadi seminggu 2 kali, atau sesuai kebutuhan. 

Jika setelah eksfoliasi dengan scrub, kulit wajah jadi iritasi atau timbul masalah, maka turunkan lagi frekuensinya atau ganti scrub dengan formula yang lebih lembut dan aman di kulit. 

4. Lakukan dengan lembut

4. Lakukan lembut
Freepik/wayhomestudio

Meski produk yang dipilih sudah aman dan lembut di kulit, bukan berarti bisa asal menggosok kulit wajah dengan scrub. Menurut asosiasi dermatologis AS, disarankan untuk menggunakan scrub dengan jumlah yang sedikit saja. 

Kemudian, aplikasikan merata di kulit wajah dan usap memutar selama 30 detik. Setelahnya, bilas dengan air hangat sampai bersih. 

Hindari melakukan eksfoliasi saat wajah ada luka, iritasi, atau sedang mengalami sunburn

5. Akhiri dengan pelembap

5. Akhiri pelembap
Freepik/artursafronovvvv

Setelah mengikuti langkah dengan tepat, kamu tetap perlu melakukan langkah terakhir. Eksfoliasi wajah bisa membuat kulit kering, maka dari itu penting sekali untuk memakai pelembap setelahnya. 

Setelah membilas dan mengeringkan wajah, segera aplikasikan pelembap untuk mengunci kelembapan di wajah dan menjaga kulit tetap terhidrasi. 

Gunakan pelembap yang cocok dengan kulitmu, ya! Itu dia cara melakukan eksfoliasi dengan scrub untuk wajah. Bedakan dengan scrub untuk badan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk