Tantri Namirah dan Alodita Ajarkan Hemat Anggaran Saat Belanja Pakaian

Patut dicoba nih, Ma!

23 September 2019

Tantri Namirah Alodita Ajarkan Hemat Anggaran Saat Belanja Pakaian
Instagram.com/tantrinamirah/alodita

Keinginan untuk tampil stylish dan memesona membuat banyak perempuan selalu rutin berbelanja busana. Belanja berbagai koleksi baru seolah menjadi keperluan untuk menunjang penampilan. 

Memang tak salah, namun kebiasaan konsumtif ini justru memperburuk kondisi keuangan keluarga apalagi kalau sudah memiliki seorang anak. Belanja sesuai kebutuhan alias hemat perlu diterapkan agar tidak terlalu memikirkan diri sendiri di atas kepentingan keluarga. 

Jika Mama sering memperhatikan beberapa nama seperti Tantri Namirah dan Andra Alodita yang selalu tampil stylish, maka perlu mengetahui bahwa keduanya memiliki cara unik dalam berhemat sekaligus memadupadankan busana. Penampilan menarik mereka pun disesuaikan dengan pengeluaran finansial keluarga agar bisa tetap hemat.  

Bicara mengenai cara berhemat dalam berbelanja pakaian, Andra Alodita dan Tantri Namirah pun telah membagikan tipsnya. Mama penasaran dengan tips dari mereka? 

Simak rangkuman dari Popmama.com berdasarkan cerita keduanya di Instagram yuk, Ma!

1. Tantri Namirah menerapkan rotasi pakaian

1. Tantri Namirah menerapkan rotasi pakaian
Instagram.com/tantrinamirah

"Ngobrolin masalah baju aku ada satu solusi untuk kalian. Nggak usah beli baju, tetapi pakai baju yang lama cuman keliatan baru dan biasanya beberapa orang nggak ngeh," tulis Tantri Namirah. 

Kepada pengikutnya di Instagram, Tantri berusaha membagi tips saat ingin melakukan rotasi pakaian. 

Rotasi pakaian bisa menjadi salah satu cara untuk menghemat finansial keluarga agar tidak terlalu sering berbelanja. Tantri pun menerapkan rotasi pakaian melalui cara memadupadankan dengan segala yang dimilikinya di dalam lemari. 

Apa itu rotasi pakaian? Biasanya satu baju aku pakai di hari senin terus selesai dicuci aku taruh di bagian yang sama-sama sudah dicuci. Aku pakai lagi di minggu depan atau minggu depannya lagi. 

Jadi dengan rotasi pakaian dan dipisahin bisa membantu juga. Pisahin dengan cara seperti: sering dipakai, agak jarang, jarang banget (baru sekali atau dua kali). 

Nah, dengan adanya pemisah berikut kalian juga tahu mana baju-baju yang nggak pernah dipakai, sehingga bisa dipasangkan dengan baju-baju yang sering dipakai. 

Cara seperti ini bisa memudahkan dalam memadupadankan baju yang sering dipakai dengan yang jarang digunakan nih, Ma.

Jika Mama memiliki celana jeans kesayangan dan selalu percaya diri saat menggunakannya, maka rotasi pakaian yang dibagikan oleh Tantri Namirah pun bisa diterapkan saat berbusana sehari-hari. Celana jeans tersebut bisa digunakan dengan dua gaya berbeda seperti memadupadankan agar terkesan formal atau mencobanya lebih terlihat santai.   

Walau butuh waktu cukup lama untuk bongkar lemari, namun rotasi pakaian yang dibagikan oleh istri Haykal Kamil ini bisa menjadi tips tersendiri. Selain semakin pintar memadupadankan saat ingin berbusana, Mama pun bisa berhemat. 

Baca juga: 

Editors' Picks

2. Alodita sudah suka membeli baju-baju bekas sewaktu masih kuliah

2. Alodita sudah suka membeli baju-baju bekas sewaktu masih kuliah
Instagram.com/alodita

Melalui Instagram pribadinya, Alodita menceritakan kalau dirinya sudah menyukai belanja baju-baju bekas sejak masa kuliah. Namun, ketika banyak lokal brand menjamur di Indonesia, Mama satu anak ini sudah mulai lupa untuk belanja baju-baju bekas. 

Untungnya mas Abenk Alter selalu ‘menyeret’ aku belanja ke thrift store. Walau awal-awal ya pas ke Jepang sih. Tapi sungguh suami saya jagoan banget kalau berburu barang vintage dan second hand. Patut diacungin jempol! Nah awal tahun 2019, kami sempat ke Jepang lagi, disitu aku mulai lihat-lihat lagi.

Tak hanya termotivasi dari sang Suami, alodita juga 'keracunan' beberapa temannya dan kembali merasakan serunya berburu barang preloved lagi. 

Alodita juga mengatakan kalau 60 persen baju-baju putri pertamanya merupakan lungsuran anak dari kakak iparnya. 

"Aku senang banget tiap dapat lungsuran. Lumayan, jadi ngurangi belanja baju buat anak karena baju lungsuran dari Lulla tuh masih super bagus! Kadang ada yang baru-baru malah!" tulis Alodita. 

Dari membeli baju-baju bekas dan memakai lungkusan dari keluarga terdekat tentu menjadi cara untuk menghemat finansial keluarga ya, Ma. 

Baca juga: Lewat Kebiasaan Menulis Jurnal, Andra Alodita Selalu Bisa Bersyukur

3. Usahakan tidak konsumtif dalam berbelanja pakaian

3. Usahakan tidak konsumtif dalam berbelanja pakaian
pixabay.com/gonghuimin468

Dalam berhemat dan mengatur anggaran belanja pakaian sebenarnya Mama bisa melakukan berbagai cara. Selain menerapkan tips dari Tantri Namirah dan Andra Alodita, ada beberapa kebiasaan lain yang perlu dilakukan agar finansial keluarga bisa menjadi lebih hemat seperti:

  • Berusaha untuk membeli pakaian di waktu yang tepat. Perlu diingat bahwa kehadiran momen-momen besar seperti perayaan tertentu seringkali banyak diskon, sehingga bisa menghemat anggaran belanja. 
  • Tetap memerhatikan perawatan pakaian yang telah dibeli. Pakaian yang ada tetap perlu dirawat agar tahan lama. Jika sudah tidak bisa dipakai karena rusak hanya akan membuat diri sendiri semakin konsumtif. 
  • Beli pakaian yang langsung berkualitas agar bisa bertahan lama. Saat membeli fokuslah dengan kualitasnya agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika sedang ingin berhemat anggaran saat berbelanja pakaian. Semoga dengan cara cerdas hemat dalam hal berbusana ini bisa membantu mengalokasikan keuangan ke sesuatu yang lebih bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!