Lewat Kebiasaan Menulis Jurnal, Andra Alodita Selalu Bisa Bersyukur

Rutin menulis jurnal bisa mengajarkan banyak hal positif

18 Januari 2019

Lewat Kebiasaan Menulis Jurnal, Andra Alodita Selalu Bisa Bersyukur
Instagram.com/alodita

Nama Andra Alodita sebagai seorang influencer pasti sudah tidak lagi asing di telinga. 

Lewat InstaStory pribadinya beberapa waktu lalu, Andra Alodita sempat berbagi cerita mengenai kebiasaannya yang selalu menyempatkan diri untuk menulis jurnal. Bahkan dirinya berusaha berbagi kepada para followers pribadinya di Instagram mengenai manfaat positif saat rutin menulis jurnal. 

Secara pribadi, Andra Alodita sempat mengatakan kalau menulis jurnal menjadi bagian dari self-love dan self-care versi dirinya. 

Aku suka tempelin kartu-kartu dari teman-teman yang beneran peduli dan sayang sama aku. Kadang kalau lagi ngerasa sedih bahkan worthless, bacain tulisan mereka bikin aku semangat kembali. Bahkan pelajaran yang aku dapat dari kelas-kelas yang aku ikuti, aku tulis semua di sini. 

Bagi Andra Alodita, menulis jurnal menjadi rutinitas yang cukup penting karena secara tidak langsung dapat mengabadikan momen berharga setiap harinya. 

Untuk Mama yang sempat tertinggal pembahasan menarik dari Andra Alodita, tak perlu khawatir karena Popmama.com sudah merangkumnya. 

Semoga kebiasaan positif menulis jurnal dari Andra Alodita ini bisa menginspirasi ya, Ma!

1. Jurnal membantu dalam mengucap syukur

1. Jurnal membantu dalam mengucap syukur
Instagram.com/alodita

Jadi kalau ditanya apa yang bikin tetap waras? Selain bersyukur dengan apa yang aku miliki, salah satunya JOURNALING. Coba deh, kalau teman-teman lagi merasa bosan, suntuk, sedih, bingung dengan emosi yang sedang dirasakan, cobalah untuk nulis. 

Melalui sebuah jurnal yang sudah dituliskan selama kurang lebih 3 tahun, Andra Alodita berusaha mensyukuri dengan berbagai aktivitas yang dilakukannya setiap hari.

Tak jarang Mama dari Aura Suri ini menuliskan setiap rasa syukurnya ini mulai dari aktivitas bangun pagi hingga seluruh keluarganya masih dalam keadaan sehat. Menurut Andra Alodita, contoh tulisan seperti ini bisa melatih untuk terus mengucap syukur. Apalagi di setiap harinya pasti ada saja hal-hal kecil yang terlihat sepele, namun bisa disyukuri. 

“Contoh tulisan yang bisa melatih kita untuk bersyukur, lebih bahagia dan merasa lebih ‘cukup’. Ini perlu latihan ya teman-teman, semakin sering dan jadi kebiasaan, semakin sering kita bersyukur dengan segala kondisi yang ada,” tulis Andra Alodita melalui InstaStory pribadinya. 

Baca juga: 7 Alasan Kenapa Mama Sebaiknya Mulai Menulis Jurnal

Editors' Picks

2. Jurnal membuat setiap momen dalam hidup terasa berharga

2. Jurnal membuat setiap momen dalam hidup terasa berharga
Unsplash/fotografierende

Ma, sadar nggak kalau dengan menuliskan sebuah jurnal bisa membantu dalam menyadari kalau hidup terasa berharga. 

Andra Alodita menyarankan untuk tidak perlu malu dalam menuliskan segala sesuatu di dalam jurnal. 

Kenapa nggak perlu malu dengan jurnal kita? Karena semua emosi yang kita pernah alami itu sebetulnya pelajaran sangat berharga. Emosi apapun perlu kita akui karena kalau kita nggak akui malah nanti ujung-ujungnya ribet. Di saat kita beranjak dewasa, rasanya udah nggak perlu malu dengan emosi maupun kisah hidup yang pernah kita alami. Karena semua itu berharga. 

Tak jarang ada beberapa orang yang sering menanyakan Andra Alodita mengenai kebiasaannya dalam menyimpan jurnal.  

Andra Alodita pun mengaku tidak pernah menyimpan atau mengumpeti jurnal yang dituliskannya. Bahkan jurnal yang sudah ditulis kerap bertebaran di setiap sudut rumah. Andra Alodita pun tidak terlalu masalah bila jurnal pribadinya dibaca suami atau bahkan oleh teman-temannya. 

Bersama Abenk Alter, keduanya berusaha menghargai privasi masing-masing sebagai pasangan. 

Baca juga: 7 Perasaan Ini Hanya Bisa Dirasakan Oleh Mama yang Baru Melahirkan

3. Jurnal dapat mengekspresikan segala perasaan 

3. Jurnal dapat mengekspresikan segala perasaan 
Unsplash/Ana Tavares

Setiap orang tentu memiliki perasaan yang berbeda-beda. Tak jarang, ada juga perasaan yang  sulit diutarakan secara langsung.  

Untuk itu, dibutuhkan media dalam mengutarakan segala perasaan seperti sebuah jurnal. 

Andra Alodita mengaku hampir selalu menuliskan segala emosinya ke dalam jurnal pribadi. Berbagai hal yang perlu disyukuri hingga perasaannya di hari itu pun bisa dituliskan. 

Tapi yang aku tulis bukan tentang betapa marah atau kecewa dengan orang itu sampai pengen balas dendam, melainkan aku mengakui dan menganalisa perasaan apa yang sedang aku rasakan. 

Begitulah cara Andra Alodita menuliskan segala perasaannya ke dalam sebuah jurnal. Dirinya berusaha menganalisa setiap perasaan yang sedang dirasakannya saat itu.

Tanpa disadari, proses mencurahkan isi hati ke dalam sebuah jurnal juga berpeluang dalam merefleksikan diri. Efeknya cukup positif terhadap kesehatan mental diri sendiri lho, Ma. 

Baca juga: Ibu Hamil Disarankan Tertawa dan Bahagia untuk Kesehatan Kandungan

Baca juga: 5 Hal Sederhana ini Bisa Bikin Mama Bahagia!

4. Jurnal mengumpulkan setiap memori hidup

4. Jurnal mengumpulkan setiap memori hidup
Instagram.com/alodita

Jurnal membantu aku mengumpulkan memori dibandingkan hanya membeli atau mengonsumsi sebuah barang yang sebenarnya nggak bikin aku bahagia. Jadi hal-hal kecil yang bikin aku bahagia, aku tulis semua. Termasuk saat bisa menulis jurnal dengan pulpen yang enak, atau menulis di atas kertas yang bagus. Sesederhana itu aja kok. 

Andra Alodita mengingatkan kalau jurnal juga membantu dirinya mengumpulkan segala memori yang terjadi sehari-hari. Saat membuka jurnal, tak jarang momen-momen bahagia bisa kembali dibaca dan membuat hidup kembali lebih semangat. 

Pejuang IVF ini juga berusaha memicu followers pribadinya di Instagram untuk menuliskan hal-hal sederhana yang patut disyukuri setiap hari. 

Teman-teman, coba dibiasakan dulu nulis jurnal harian. Yang penting ‘isinya’ bukan ‘kulitnya’. Kalau sudah jadi terbiasa, silahkan step up your game dengan beli notebook yang berkualitas. Poin yang penting adalah jadikan kebiasaan, untuk self-healing, self-care dan untuk menyimpan memori. Tulis 5-10 hal yang membuatmu bahagia hari ini, lakukan setiap hari sebelum beraktivitas atau malam hari sesudah beraktivitas. Coba rutin selama 7 hari, nanti sharing apa yang kamu rasakan.  

Begitulah saran yang diberikan Andra Alodita kepada semua pengikutnya di Instagram. 

Dari segala motivasi dari Andra Alodita untuk menuliskan jurnal, Mama sudah berniat untuk menulis jurnal belum nih? 

Baca juga: Memiliki Anak yang Spesial, Agatha Suci Tebar Semangat di Instagram

Baca juga: Banyak Prestasi, Diam-Diam Diana Rikasari Dibuatkan Patung di Eropa

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.