7 Cara Alami Menghilangkan Belang pada Wajah

Lakukan dua minggu sekali untuk hasil maksimal ya!

2 Maret 2021

7 Cara Alami Menghilangkan Belang Wajah
Freepik

Dalam keseharian, bukan tidak mungkin jika kulit mengalami berbagai masalah. Salah satu yang sering menjadi masalah adalah warna kulit tidak merata atau belang. Hal ini karena paparan sinar matahari berlebih. 

Wajah belang bisa muncul karena tidak sengaja, terlebih tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Kamu tentu saja membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari berlebih.

Kamu tentu saja tidak ingin memiliki permasalahan tersebut, bukan? Nah, jika kamu terlanjur mengalami permasalahan kulit belang pada wajah. Kamu bisa melakukan masker wajah sebanyak dua minggu sekali untuk mengembalikan warna kulitmu.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa masker alami yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan kulit belang di wajah. Di simak yuk!

1. Teh hijau dengan antioksidan yang tinggi

1. Teh hijau antioksidan tinggi
Freepik

Teh hijau adalah sumber antioksidan berlimpah yang mampu membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit dan tubuh.

Manfaat teh hijau sendiri bagi kecantikan dibuktikan dari kandungan antioksidannya yang tinggi.

Menggunakan masker dari ampas teh hijau bisa membantu mengeluarkan kotoran dari pori-pori, mengencangkan kulit dan meminimalkan ukuran pori-pori wajah.

Masker alami yang dilakukan secara berkala bisa kamu sesuaikan sesuai dengan keperluan dan kondisi jenis kulitmu.

2. Air lemon untuk mencerahkan kulit

2. Air lemon mencerahkan kulit
Pexels/Rawpixel.com

Lemon adalah kelompok jeruk yang baik digunakan untuk menghilangkan kulit belang di wajah dan area tubuh lainnya.

Memiliki manfaat berlimpah, buah yang memiliki warna kuning ini tidak hanya bisa digunakan pada bagian kulitnya saja, air perasannya pun bisa digunakan untuk mengatasi kulit belang.

Kamu cukup mencampurkan 2 sendok makan air perasan lemon dan 1 sendok makan gula. Setelah itu aduk rata bahan-bahan tersebut lalu campurlah dengan 2 sendok makan madu.

Balurlah bahan tersebut ke bagian kulit wajah ataupun bagian kulit lainnya yang belang sambil dipijat secara halus lalu bilas. Gunakan sebanyak dua minggu sekali untuk hasil maksimal.

Editors' Picks

3. Pasta mentimun yang kaya akan vitamin A

3. Pasta mentimun kaya akan vitamin A
Freepik/freepic_diller

Tidak hanya wortel, mentimun juga memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk membantu memperbaiki warna kulit dan mampu mengurangi belang.

Caranya adalah dengan mencampurkan mentimun yang sudah diblender dengan 2 sendok makan gel lidah buaya hingga menjadi pasta, setelah itu aplikasikan sebagai masker pada pagi dan malem di bagian kulit wajah yang belang.

Gunakan masker ini secara berkala agar mendapat hasil yang maksimal, sehingga warna kulitmu bisa kembali merata seperti semula. Yuk, coba!
 

4. Lidah buaya sebagai pendingin kulit yang terbakar

4. Lidah buaya sebagai pendingin kulit terbakar
Pixabay/Casellesingold

Lidah buaya memiliki begitu banyak sifat medis yang baik untuk kulit. Kamu bisa memanfaatkan tanaman lidah buaya yang ada di sekitar rumahmu dengan memotong dan membuka daunnya. Ambillah bagian gel dalamnya kemudian aplikasikan apda wajah.

Gel lidah buaya ini berfungsi sebagai agen pendingin yang baik untuk kulit terbakar akibat sinar matahari. Hal ini bisa membantu menghilangkan belang pada wajahmu. Kamu sudah coba cara ini?

5. Yogurt untuk meredakan wajah terbakar sinar matahari

5. Yogurt meredakan wajah terbakar sinar matahari
Freepik/Nensuria

Yogurt memiliki manfaat yang baik untuk wajah, diantaranya adalah untuk meredakan iritasi akibat infeksi atau terbakar matahari. Tentu saja manfaat satu ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit belang di wajahmu.

Caranya pun mudah, kamu bisa mencampur satu sendok yogurt dengan beberapa tetes jeruk nipis. Kamu bisa memijat wajahmu sambil mengoleskan campuran tersebut, diamkan beberapa saat agar campuran tersebut bisa menyerap ke kulit wajahmu.

Kedua campuran yogurt dan jeruk nipis tidak hanya bisa mendapatkan warna asli kulit wajahmu, tetapi juga bisa membuat kulitmu menjadi lebih lembut dan bersinar.

6. Pepaya untuk membantu memudarkan flek di wajah

6. Pepaya membantu memudarkan flek wajah
Pixabay/3centista

Pepaya mengandung kandungan mineral dan vitamin yang tidak hanya baik untuk tubuh, namun juga untuk kulit wajah. Manfaat buah satu ini juga bisa digunakan sebagai cara memudarkan flek di wajah yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan warna tidak rata pada kulit akibat sinar matahari.

Caranya cukup mudah, tumbuk pepaya hingga halus kemudian campur dengan madu. Olesakn kedua campuran tersebut secara merata pada kulit wajah. Kamu bisa mendiamkan masker ini semalaman atau mencucinya setelah mendiamkan beberapa jam.

Campuran masker ini ini tidak hanya mengatasi kulit belang, tetapi juga bisa membuat kulitmu mejadi lebih lembut dan berkilau. Tentu semakin membuat percaya diri lebih meningkat.

7. Scrub bengkuang yang ampuh mencerahkakan warna kulit

7. Scrub bengkuang ampuh mencerahkakan warna kulit
amazon.com

Siapa tidak mengetahui manfaat bengkuang untuk kecantikan. Bengkuang memang sudah lama dikenal akan manfaatnya yang mampu mencerahkan dan memutihkan warna kulit.

Hal ini juga berarti bengkuang bisa kamu gunakan sebagai cara alami mengatasi kulit belang karena memiliki efek memutihkan.

Caranya cukup mudah, kamu bisa mememarut buah bengkuang dengan mencampurkan yogurt plain atau garam sebagai scrub alami. Setelah itu, kamu bisa menggosokan scrub bengkuang tersebut ke bagian wajah yang belang akibat paparan sinar matahari.

Penggunaan scrub rumahan ini tidak hanya bisa membantu menghilangkan belang pada kulit, namun juga mampu membuat kulit terasa lebih menyegarkan dan berkilau. Gimana, kamu sudah coba?

Nah itu dia beberapa cara alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan belang. Mudah, bukan?

Selain cara-cara diatas, kamu juga bisa mengatasi kulit belang dengan menggunakan sunscreen ketika beraktivitas di luar rumah. Selamat mencoba dan semoga warna kulitmu kembali seperti semula ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.