6 Bahan Alami untuk Mempercantik Kuku Tanpa Menggunakan Nail Art

Kuku yang cantik nggak mesti pakai nail art

19 November 2021

6 Bahan Alami Mempercantik Kuku Tanpa Menggunakan Nail Art
Freepik/Racool_studio

Sekarang Mama tidak perlu merasa cemas lagi jika mengalami masalah kuku yang rapuh atau mengelupas karena terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menanganinya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah Mama temukan.

Dengan memanfaatkan nutrisi yang ada di dalam makanan dan minyak alami, Mama dapat mengurangi penggunaan obat-obatan yang memiliki bahan kimia dan pengawet, seperti yang dilansir dalam hollandandbarrett.com.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kuku dan membuatnya terlihat cantik. Yuk, disimak!

1. Air perasan lemon

1. Air perasan lemon
Freepik/Dashu83

Tak hanya dapat membuat kulit wajah terlihat lebih cerah, vitamin C yang didapatkan dari lemon dapat membantu untuk mencerahkan dan menghilangkan noda di kuku lho. Vitamin C yang ada di dalam lemon membuat kuku menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah.

Hanya dengan menggunakan air lemon yang di oleskan pada bagian kuku dengan menggunakan kapas atau cotton bud, Mama bisa memberikan nutrisi pada kuku dan membuatnya lebih kuat.

2. Minyak kelapa

2. Minyak kelapa
newyorktimes.com

Minyak kelapa dapat membantu untuk menghidrasi dan memperkuat kutikula. Karena minyak kelapa memiliki sifat anti-jamur, maka ia akan membantu untuk mengatasi infeksi yang ada pada kuku dan melindungi kuku dari munculnya jamur.

Mama bisa memanaskan sedikit minyak kelapa di dalam microwave selama kurang lebih 20 menit kemudian oleskan ke bagian kuku sambil dipijat secara lembut. Tutup dengan menggunakan kain tipis dan biarkan selama beberapa saat sampai minyak kelapa meresap.

Editors' Picks

3. Mentimun

3. Mentimun
Pixabay/Monica1607

Mentimun memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat menghidrasi kutikula secara alami. Selain itu, mentimun juga dapat membuat kuku tampak lebih berkilau karena kandungan airnya yang melembapkan kuku.

Untuk mendapatkan manfaat dari mentimun, Mama hanya perlu menggosokkan mentimun yang sudah di potong pada bagian kuku selama 2-3 menit, baru setelahnya bilas degan menggunakan air bersih.

4. Madu

4. Madu
Freepik

Madu dapat membantu untuk melawan pertumbuhan bakteri dan jamur pada kuku. Selain itu, madu juga dapat memberikan nutrisi pada kuku dan kutikula sehingga akan terasa lebih lembap dan juga sehat. Untuk itu, Mama hanya perlu untuk menggabungkan sifat menghidrasi dari madu dengan air perasan lemon dan menjadikannya sebagai masker.

Dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan beberapa tetes air lemon, aplikasikan masker ke kuku sambil di pijat secara perlahan. Setelahnya biarkan selama 15-20 menit agar lebih meresap dan kuku akan terlihat lebih cerah dengan kutikula yang terasa lembut.

5. Alpukat

5. Alpukat
Pexels/Ready Made

Seperti yang sudah Mama ketahui bahwa alpukat merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, termasuk juga untuk kecantikan kuku. Mama bisa memanfaatkan buah, biji, hingga minyak alpukat untuk merasakan manfaatnya.

Alpukat dapat membuat kuku menjadi lebih kuat, lembap, dan tampak lebih cerah karena memiliki kandungan vitamin E dan lemak di dalamnya. Mama hanya perlu menambahkan 2 sendok makan alpukat yang sudah di haluskan dan campurkan 1 sendok the minyak kelapa sampai menjadi pasta.

Aplikasikan pada kuku dan diamkan selama kurang lebih 20-30 menit baru kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

6. Oatmeal

6. Oatmeal
Freepik/evening_tao

Seringkali dijadikan sebagai bahan makanan untuk sarapan, oatmeal juga ternyata dapat membuat kuku menjadi lebih sehat dan kuat lho. Karena terdapat kandungan biotin, protein, pati, dan vitamin B di dalamnya, oatmeal akan membantu Mama dalam merawat kuku.

Cukup dengan merendam 1 setengah sendok teh oat ke dalam 12 sendok makan air tawar, Mama bisa menjadikannya sebagai masker. Aplikasikan pada kuku dan pijat kuku dan kutikula selama kurang lebih 10 menit baru kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Nah, itulah enam bahan alami yang bisa Mama gunakan untuk melakukan perawatan pada kuku dan kutikula untuk menjaganya tetap sehat dan kuat. Jadi, apakah Mama tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.