5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Jerawat

Coba cara alami ini yuk, Ma!

5 Januari 2021

5 Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Jerawat
Freepik/Mayakruchankova

Bekas jerawat bisa menjadi hal yang buruk dan juga mengganggu untuk semua orang. Bekas jerawat yang ditimbulkan biasanya akan berupa luka memerah atau flek hitam.

Tentu ada banyak produk yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat, namun jika Mama ingin mencoba cara menghilangkan bekas jerawat dengan cara-cara yang alami, Popmama.comtelah merangkum 5 perawatan alami yang mungkin Mama miliki di rumah yang dapat membantu menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat dengan cepat. Ada apa saja ya?

1. Menggunakan lidah buaya untuk melembapkan

1. Menggunakan lidah buaya melembapkan
Freepik

Bekas luka sembuh ketika ada sifat pelembap dan menenangkan yang ada dalam perawatan. Lidah buaya mengandung keduanya hal tersebut yang mana antioksidan dalam lidah buaya dapat mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Lidah buaya juga bagus untuk mengatasi kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan lidah buaya untuk perawatan kulit seperti mengoleskan tanaman yang telah dikikis dari kulitnya ke tubuh, atau mengonsumsi nya saat sudah di olah.

Editors' Picks

2. Vitamin E dalam minyak kelapa untuk membuat kulit lebih bersih

2. Vitamin E dalam minyak kelapa membuat kulit lebih bersih
encian.hr

Minyak kelapa kaya akan vitamin E dan juga asam lemak. Sebenarnya minyak apapun dapat bekerja asalkan kaya akan lemak omega yang mampu meresap dan juga melembapkan kulit dan membuatnya menjadi lebih bersih.

Mama bisa memakainya dengan cara mengoleskan minyak kelapa di titik-titik bekas jerawat untuk memberikan efek penenang pada luka bekas jerawat yang memerah.

Selain itu minyak kelapa dapat Mama manfaatkan untuk memberikan kesan yang segar secara alami saat dipakai pada bawah mata, bibir, dan alis.

Namun, perlu Mama ingat juga jika minyak kelapa dapat merusak kulit wajah jika digunakan terlalu sering dan secara berlebihan.

3. Sifat anti-inflamansi dalam shea butter

3. Sifat anti-inflamansi dalam shea butter
Wikimedia Commons

Shea butter memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, shea butter dapat mengurangi kemerahan yang diakibatkan oleh bekas jerawat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Mama bisa mengaplikasikannya setiap hati untuk merasakan efek melembabkan dan mencerahkan kulit wajah.

4. Kunyit yang membantu mengatasi peradangan

4. Kunyit membantu mengatasi peradangan
idntimes.com

Kunyit memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan me regenerasi kulit. Kunyit akan sangat cocok digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat karena kandungan curcumin di dalamnya.

Mama bisa menambahkan kunyit dan madu dengan perbandingan yang sama dan aplikasikan pada wajah yang memiliki luka bekas jerawat.

Setelahnya bisa diamkan selama kurang lebih 20 menit untuk membiarkannya mengelupas kulit yang kering dan mengangkat sel kulit mati, baru bilas dengan menggunakan air dingin.

5. Kandungan pati dalam kentang untuk menyamarkan kemerahan pada kulit wajah

5. Kandungan pati dalam kentang menyamarkan kemerahan kulit wajah
Pixabay.com/PublicDomainPictures

Kentang memiliki kandungan pati yang tinggi sehingga akan membantu dalam menghilangkan bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat.

Selain itu, kentang juga akan membantu untuk menyamarkan kemerahan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Parut 1 buah kentang yang sebelumnya sudah di cuci bersih kemudian saring hingga sari-sarinya keluar. Setelah oleskan sari-sari kentang tadi ke wajah yang terdapat luka bekas jerawat, diamkan selama 20 menit agar sari-sari kentang menyerap sebelum kemudian di bilas dengan menggunakan air dingin.

Jadi itulah beberapa bahan alami yang dapat Mama coba untuk menghilangkan luka bekas jerawat atau flek hitam pada kulit wajah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.