Cara Mencukur Bulu Halus di Wajah dengan Mudah di Rumah

Mudah untuk dilakukan lho, Ma!

22 Juni 2021

Cara Mencukur Bulu Halus Wajah Mudah Rumah
Freepik

Memiliki bulu halus yang ada di wajah tentunya merupakan hal yang normal. Namun, terkadang bulu halus pada wajah dapat membuat sebagian orang merasa terganggu karena dapat berpengaruh pada hasil akhir pada saat ber-makeup

Lalu, apakah sebenarnya bulu halus yang ada di wajah harus di hilangkan? Tentu saja tidak. Tetapi jika ingin di hilangkan, Mama boleh melakukannya dengan cara di cukur di rumah atau cara lainnya seperti waxing di klinik kecantikan.

Jika Mama malas untuk keluar rumah terlebih lagi di masa pandemic seperti ini, Mama bisa mencoba untuk mencukurnya sendiri di rumah. Oleh karena itu, kali iniPopmama.com telah merangkum 5 cara mencukur bulu halus yang ada di wajah. Yuk, disimak!

1. Bersihkan muka terlebih dahulu

1. Bersihkan muka terlebih dahulu
Pexels/Ron Lach

Hal pertama yang harus Mama lakukan adalah mencuci muka terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar kotoran dan sel kulit mati yang menempel di wajah dapat dihilangkan dan membuat proses pencukuran menjadi lebih mudah.

Mama bisa menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai dengan kondisi kulit wajah yang Mama miliki. Gunakan pembersih wajah yang lembut agar menghindari terjadinya iritasi pada saat mencukur bulu halus di wajah.

Editors' Picks

2. Oleskan gel untuk mencukur

2. Oleskan gel mencukur
Freepik/Herraez

Jangan mencukur bulu halus begitu saja tanpa menggunakan gel khusus untuk mencukur, jika tidak maka kulit wajah bisa saja terluka.

Gunakan gel atau krim khusus mencukur yang lembap untuk mengikis gesekan dan mencegah terjadinya iritasi.

Setelah mencuci muka, jangan keringkan air yang ada di wajah dan biarkan untuk melembutkan folikel rambut. setelahnya oleskan secara tipis krim atau gel ke seluruh area yang ingin Mama cukur.

3. Mencukur dengan hati-hati

3. Mencukur hati-hati
Pexels/ Ron Lach

Karena dapat melukai kulit, Mama harus sangat berhati-hati pada saat mencukur wajah, yaitu dengan cara miringkan pisau cukur dan gerakkan dengan lembut di seluruh kulit wajah Mama. Hal yang perlu diperhatikan adalah arah dari pisau cukur yang Mama gunakan, jika salah maka kulit akan terluka.

Cukur bulu halus dari atas ke bawah untuk menghindari terjadinya bulu yang semakin masuk ke dalam. Jika perlu, gunakan tangan lain untuk menarik bagian kulit wajah yang akan di cukur agar kulit menjadi lebih kencang dan mudah untuk di sapu menggunakan pisau cukur.

4. Bilas dan lembapkan setelahnya

4. Bilas lembapkan setelahnya
Pexels/Sora Shimazaki

Jika dirasa sudah cukup, Mama bisa membilas wajah Mama dengan menggunakan sedikit air untuk membersihkan sisa-sisa bulu halus pada wajah.

Tak sampai disitu, untuk menghindari terjadinya iritasi setelah mencukur maka aplikasikan pelembap berbahan dasar air pada wajah yang sudah dibersihkan tadi.

Jangan menggunakan pelembap yang mengandung bahan aktif keras, seperti retinol atau asam glikolat.

5. Apakah bulu halus akan semakin tebal jika di cukur?

5. Apakah bulu halus akan semakin tebal jika cukur
Freepik/Jcomp

Banyak mitos yang tersebar bahwa mencukur bulu halus pada wajah hanya akan membuat bulu halus yang ada di wajah semakin lebat. Namun, pada kenyataannya hal tersebut tidaklah benar dan tidak perlu di khawatirkan.

Mungkin memang benar bahwa bulu halus dapat kembali muncul, tetapi tidak akan menjadi lebih tebal daripada sebelumnya. Jika Mama ingin menghilangkan bulu halus dengan seutuhnya, Mama bisa melakukan laser atau waxing di klinik kecantikan.

Cara ini dapat Mama lakukan di rumah dengan sendirinya atau dengan bantuan orang lain. Namun, jika Mama merasa tidak yakin dengan tindakan yang dilakukan, ada baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit untuk mengetahui lankah apa yang seharusnya di lakukan.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.