5 Cara Merawat Kulit Kepala untuk Menjaga Pertumbuhan Rambut

Buat pertumbuhan rambut menjadi lebat

24 September 2021

5 Cara Merawat Kulit Kepala Menjaga Pertumbuhan Rambut
Pexels/Jonas Svidras

Rambut yang sehat adalah rambut yang dirawat sampai dengan akarnya sehingga pertumbuhan rambut baru akan menjadi lebih lebat.

Tentunya banyak hal yang bisa dilakukan untuk merawat rambut menjadi lebih sehat, lebat, dan berkilau dengan menggunakan berbagai macam produk perawatan rambut atau perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Namun, Mama juga bisa memulainya dengan hal yang paling dasar yaitu dengan cara menjaga kulit kepala tempat tumbuhnya helai rambut yang baru. Sangatlah penting menjaga kesehatan kulit kepala agar rambut baru yang tumbuh akan lebih berkilau dan sehat.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 cara melakukan perawatan pada kulit kepala agar pertumbuhan rambut dapat lebih sehat. Yuk, disimak!

1. Menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai kondisi rambut

1. Menggunakan produk perawatan rambut sesuai kondisi rambut
Freepik/Beshenayabelka

Untuk menjaga rambut lebih sehat, maka jangan gunakan produk perawatan rambut yang memiliki kandungan alkohol atau sulfat di dalamnya.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadi infeksi pada bagian kulit kepala jika kandungan di dalam produk perawatan rambut tidak sehat.

Gunakan juga produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambut Mama agar dapat memberikan hasil yang diinginkan tanpa mengalami reaksi apapun pada kulit kepala.

Editors' Picks

2. Seimbangkan sebum pada kulit kepala

2. Seimbangkan sebum kulit kepala
allure.com

Rambut yang berminyak tentunya dapat terjadi karena produksi sebum pada kulit kepala terjadi secara berlebihan. Hal ini dapat memberikan reaksi bermacam-macam seperti timbulnya ketombe, rasa gatal, bahkan hingga jerawat.

Gunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut untuk menghindari terjadinya reaksi berupa sebum yang berlebih pada kulit kepala.

3. Jangan keramas terlalu sering

3. Jangan keramas terlalu sering
Freepik/valuavitaly

Kulit kepala yang berminyak bukan berarti membuat Mama membersihkan rambut setiap hari untuk membuat rambut tidak terlihat lepek.

Namun, pada kenyataannya jika mencuci rambut terlalu sering hanya akan menghilangkan minyak alami pada rambut yang sebenarnya dibutuhkan oleh kulit.

Pastikan rambut tetap memiliki sebum yang cukup pada kulit kepala sehingga kepala akan tetap lembap.

4. Rawat kulit kepala secara lembut

4. Rawat kulit kepala secara lembut
Pexels/helena-ije

Perlakukan rambut secara lembut dengan tidak menarik rambut atau menguraikan rambut secara kasar atau agresif. Sisir rambut secara perlahan dengan menggunakan jari-jari tangan dapat mencegah kerontokan yang parah pada rambut.

Lebih baik lagi jika Mama menggunakan hair oil sebagai salah satu rangkaian perawatan kulit kepala agar tetap sehat dan kuat.

5. Lakukan pijatan pada kulit kepala

5. Lakukan pijatan kulit kepala
Freepik/cookie_studio

Melakukan pijatan pada kulit kepala secara lembut dan perlahan dapat membantu untuk merangkang sirkulasi darah pada kulit kepala menjadi lebih lancar.

Mama bisa melakukan pijatan ringan pada kulit kepala pada saat berkeramas, menggunakan conditioner, atau pada saat mengaplikasikan hair oil.

Melakukan pijatan kepala dengan menggunakan hair oil dapat membantu kandungan alami dalam hair oil menyerap dengan baik ke dalam kulit kepala.

Nah, itulah lima cara untuk merawat kulit kepala agar tetap sehat dan dapat membuat pertumbuhan pada rambut menjadi lebih lebat dan berkilau. Jangan sampai lupa ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.