5 Efek Samping Madu untuk Kecantikan Jika Digunakan Berlebihan

Gunakan sesuai dengan yang dianjurkan, ya!

26 Januari 2022

5 Efek Samping Madu Kecantikan Jika Digunakan Berlebihan
Freepik/Racool-studio

Madu merupakan carian kental yang dihasilkan oleh lebah dari nektar tanaman yang biasanya dikonsumsi. Madu sendiri memiliki berbagai macam manfaat, baik itu untuk kesehatan tubuh atau kesehatan kulit, seperti yang dilansir dalam webmd.com.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan kulit yang memiliki kandungan madu di dalamnya. Seringkali madu dijadikan sebagai masker alami atau bahan tambahan pada saat membuat masker menggunakan bahan alami lainnya.

Selain memiliki manfaat yang baik, tentunya madu juga memiliki efek samping yang mungkin bisa dirasakan oleh beberapa orang, terlebih lagi jika memiliki kulit yang sensitif. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 efek samping madu yang biasa dikonsumsi dan dijadikan sebagai masker alami. Yuk, disimak!

1. Membuat kulit kering

1. Membuat kulit kering
Freepik/katemangostar

Madu seringkali digunakan sebagai masker karena memiliki sifat anti-oksidan dan juga anti-bakteri yang bermanfaat untuk kulit. Karena hal itulah, banyak orang yang ingin menggunakan madu sebagai masker untuk menghindari permasalahan kulit.

Namun, jika digunakan terlalu sering juga tidak dapat memberikan hasil yang maksimal karena akan membuat kulit menjadi kering.

Editors' Picks

2. Dapat menyebabkan alergi

2. Dapat menyebabkan alergi
Freepik.com/freepik

Meskipun alergi madu jarang terjadi, tetapi Mama harus tetap waspada agar hal ini tidak terjadi. Terlebih, jika Mama menjadikan madu sebagai bahan utama asupan makanan maka akan membuat seseorang berisiko mengalami alergi.

Jika mengalami tanda-tanda seperti kulit yang mengalami ruam setelah mengonsumsi madu, lebih baik segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan.

3. Membuat kulit menjadi kotor

3. Membuat kulit menjadi kotor
Freepik/wayhomestudio

Menjaga wajah tetap bersih adalah hal yang harus dilakukan, begitu juga pada saat malam hari dimana Mama harus mencuci muka agar kotoran tidak menempel semalaman. Terlebih lagi jika Mama menggunakan produk makeup yang memang mengandung madu di dalamnya, Mama harus segera membersihkannya untuk mencegah kulit yang kotor.

4. Dapat menimbulkan permasalahan baru pada kulit

4. Dapat menimbulkan permasalahan baru kulit
Freepik/karlyukav

Jika melakukan perawatan kulit menggunakan bahan alami dan dilakukan tidak dengan menggunakan cara yang benar atau bahkan terlalu berlebihan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi permasalahan baru pada kulit.

Sebelum benar-benar menjadikan madu sebagai bahan utama masker alami, pastikan bahwa langkah yang Mama lakukan sudah dilakukan dengan benar.

5. Menyebabkan kulit iritasi

5. Menyebabkan kulit iritasi
Freepik.com/karlyukav

Hal ini kembali lagi pada bagaimana kulit Mama bereaksi terhadap madu atau produk yang memiliki kandungan madu. Tidak menutup kemungkinan Mama akan mengalami iritasi atau bahkan kemerahan pada saat menggunakan madu.

Jika terjadi sebuah reaksi setelah menggunakan madu, segera hentikan penggunaan yang biarkan kulit beristirahat terlebih dahulu atau segera kunjungi dokter ahli.

Nah, itulah lima efek samping dari madu untuk kecantikan yang seringkali dijadikan sebagai masker alami atau bahan utama dalam produk skincare dan kosmetik. Meskipun jarang terjadi, kemungkinan mengalami efek samping setelah menggunakan sesuatu untuk kulit bisa saja terjadi.

Pastikan untuk selalu melakukan perawatan sesuai dengan kebutuhan ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk