7 Jenis Bunga yang Bermanfaat untuk Kecantikan Wajah

Bunga ini bisa bikin Mama semakin menawan lho

15 September 2021

7 Jenis Bunga Bermanfaat Kecantikan Wajah
Pexels/Victoria Borodinova

Berbagai macam bunga dikenal dengan keindahannya, warna, bahkan aroma yang banyak di sukai oleh orang-orang. Lalu, apakah Mama tahu bahwa ada beberapa bunga yang memiliki manfaat untuk perawatan kecantikan kulit?

Semakin berkembangnya teknologi, terdapat banyak bahan alami yang memiliki manfaat untuk kecantikan, termasuk juga bunga. Namun, tidak semua jenis bunga bisa digunakan untuk kecantikan. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com  telah merangkum 7 jenis bunga yang bermanfaat untuk kecantikan. Yuk, disimak!

1. Bunga mawar yang dapat melembapkan kulit

1. Bunga mawar dapat melembapkan kulit
Pexels/David Bartus

Pasti Mama sudah tidak asing lagi dengan bunga mawar yang seringkali dijadikan sebagai bahan dalam skincare. Bunga mawar seringkali dijadikan sebagai masker wajah, air mawar, lotion, sampai dengan pelembap.

Bunga mawar memiliki sifat anti bakteri yang dapat berfungsi maksimal untuk mengontrol kelebihan minyak pada wajah dan juga mengatasi masalah jerawat. Selain itu, bunga mawar juga dapat menghindrasi kulit sehingga kulit akan tetap lembap dan tidak kering.

2. Bunga chamomile yang kaya akan manfaat

2. Bunga chamomile kaya akan manfaat
Pexels/Rovelyn Camato

Jarang diketahui, tetapi bunga chamomile memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Hal ini dibuktikan dengan bunga chamomile yang mengandung sifat anti-inflamasi, anti jamur, anti bakteri, dan antiseptik.

Dengan adanya sifat-sift tersebut di dalam bunga chamomile, maka kulit akan menjadi lebih elastis dan dapat membantu untuk mengurangi kemerahan pada kulit.

Biasanya manfaat chamomile dapat dirasakan melalui produk minyak alami atau sebagai masker yang bermanfaat untuk menenangkan kulit.

Editors' Picks

3. Bunga lavender yang dapat mengontrol produksi sebum

3. Bunga lavender dapat mengontrol produksi sebum
Pexels/Jessica Lewis

Biasanya bunga lavender digunakan sebagai minyak esensial, tak hanya itu saja, ternyata bunga lavender memiliki manfaat untuk kulit yaitu membuat produksi sebum lebih terkontrol.

Bunga lavender juga dapat memberikan efek relaksasi dan mengurangi ketegangan pada kulit sehingga kulit menjadi lebih tenang.

Biasanya bunga lavender dijadikan sebagai masker wajah dan juga krim karena memiliki sifat anti bakteri dan juga antiseptik.

4. Bunga melati yang dapat membersihkan pori-pori

4. Bunga melati dapat membersihkan pori-pori
Pexels/Sealight

Tak hanya digunakan sebagai hiasan yang biasa ditemukan pada mahkota pengantin perempuan, bunga melati juga ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan lho.

Bunga melati memiliki antioksidan yang tinggi dan dapat digunakan untuk perawatan anti-aging yang ampuh. Bunga melati dapat membantu untuk membersihkan pori-pori dan dapat menghidrasi kulit sehingga kulit menjadi lebih lembap.

5. Bunga marigold yang dapat mengatasi masalah jerawat

5. Bunga marigold dapat mengatasi masalah jerawat
Pexels/GM Rajib

Mungkin Mama sedikit asing dengan bunga yang satu ini. Bunga berwarna kuning dengan bentuk bulat yang cantik ini biasanya tersebar di tanah India.

Bunga marigold yang dikenal juga dengan sebutan calendula memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu untuk mengurangi bintik hitam dan juga jerawat pada wajah.

Selain itu, bunga marigold juga dapat menenangkan kulit yang iritasi dan memberikan kelembapan pada kulit.

6. Bunga matahari yang melindungi dari sinar UV

6. Bunga matahari melindungi dari sinar UV

Bunga cantik berwarna kuning ini memiliki manfaat yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan biasa digunakan dalam bentuk minyak alami.

Seperti namanya, ternyata bunga matahari dapat membantu untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari yang dapat berbahaya untuk kulit karena terdapat kandungan vitamin E di dalamnya.

Selain itu, bunga matahari memiliki sifat emolien yang mana dapat membantu untuk menjaga kelembapan pada kulit.

7. Bunga kembang sepatu yang bermanfaat sebagai anti-aging

7. Bunga kembang sepatu bermanfaat sebagai anti-aging
Pexels/Nitin Dhumal

Bunga kembang sepatu atau hibiscus dikenal dalam dunia kecantikan karena manfaatnya yang dapat digunakan sebagai anti-aging. Bunga hibiscus dapat membantu untuk mengelupas kulit mati dan membantu untuk meregenerasi kulit.

Tak hanya itu saja, bunga ini dapat membuat kulit menjadi lebih kencang, meratakan warna kulit, dan juga mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.

Nah, itulah tujuh jenis bunga yang memberikan banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Namun, perlu Mama ingat bahwa tidak orang bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bunga di dalamnya.

Terlebih lagi jika Mama memiliki alergi terhadap serbuk sari, maka lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.