5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Rambut

Bisa mendorong pertumbuhan rambut lho

26 Juli 2021

5 Manfaat Alpukat Kesehatan Rambut
Freepik/kroshka__nastya

Banyak orang yang sudah mengetahui beragam manfaat yang bisa didapatkan dari buah alpukat, baik untuk kesehatan tubuh, kulit, ataupun rambut. Alpukat yang kaya akan vitamin E, vitamin C, vitamin A, dan mengandung mineral penting ini seringkali digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut seperti masker rambut atau sampo.

Sudah sejak lama, alpukat digunakan untuk mencegah kerontokan pada rambut dan menjadi pelembap yang alami.

Masih terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari alpukat, oleh karena itu kali ini Popmama.com telah merangkum 5 manfaat alpukat untuk kesehatan rambut. Yuk, disimak!

1. Alpukat berfungsi sebagai pelembap alami

1. Alpukat berfungsi sebagai pelembap alami
Pixabay/coloringcuties

Lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan membuat ujung rambut menjadi bercabang.

Minyak alami yang seharusnya dapat mengalir secara lancar dari akar hingga ujung rambut bisa terhambat karena rambut yang kering.

Tingginya kadar asam lemak yang ada pada alpukat dapat membuat rambut menjadi lebih terhidrasi dan lembap.

Mama bisa menjadikan alpukat sebagai masker rambut dengan cara menghaluskan nya dan campurkan dengan menggunakan madu.

Editors' Picks

2. Dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok

2. Dapat meningkatkan pertumbuhan rambut mencegah rambut rontok
Freepik/Pimnana

Sifat reparative vitamin E yang ada di dalam alpukat juga terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan.

Kerusakan yang terjadi pada kulit kepala dapat memperlambat pertumbuhan rambut, vitamin E yang ada di dalam alpukat dapat membantu untuk memperbaiki kerusakan.

Sifat antioksidan yang ada pada alpukat juga dapat membantu untuk menjaga folikel rambut agar tidak tersumbat dan melancarkan nutrisi untuk pertumbuhan rambut.

3. Membuat rambut lebih berkilau

3. Membuat rambut lebih berkilau
Freepik/valuavitaly

Selain daging buah pada alpukat, manfaat lainnya juga bisa di dapatkan dari minyak alaminya. Mama bisa menggunakan minyak alpukat sebagai salah satu rangkaian perawatan rambut untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Alpukat memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga dapat membantu untuk menutup celah-celah sel kutikula sehingga rambut akan lebih bersinar.

4. Dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari

4. Dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari
Freepik/ansiia

Asam lemak yang ada di dalam alpukat dapat membantu untuk meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral pada kulit kepala dan rambut.

Dengan begitu, minyak alpukat bisa Mama gunakan sebagai tabir surya alami yang diperuntukkan untuk membantu melindungi rambut dari paparan sinar matahari.

Minyak alpukat untuk rambut juga sama pentingnya seperti sunscreen untuk menjaga rambut dari panas yang berlebihan.

5. Mencegah munculnya ketombe

5. Mencegah muncul ketombe
Freepik/Natali_ploskaya

Ketombe disebabkan oleh pengelupasan jaringan kulit mati yang ada pada rambut karena kulit kepala yang kering atau sangat berminyak, dan terinfeksi.

Selain membuat rambut menjadi tidak sehat, kemunculan ketombe juga dapat mengganggu penampilan karena bisa saja butiran putih ketombe yang rontok terlihat pada pakaian.

Karena alpukat memiliki kandungan minyak yang tinggi, maka akan bekerja secara efektif untuk menghilangkan ketombe.

Nah, itulah lima manfaat alpukat yang bisa Mama rasakan untuk membuat rambut menjadi lebih sehat.

Mama bisa merasakan manfaat dari alpukat untuk rambut dalam berbagai macam cara lho, seperti menjadikannya sebagai masker rambut, menggunakan produk minyak alpukat, atau mengonsumsinya secara langsung. Apakah Mama mau mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.