5 Manfaat Cleansing Balm yang Perlu Kamu Ketahui

Dapat membuat kulit menjadi lebih lembut lho!

14 Desember 2021

5 Manfaat Cleansing Balm Perlu Kamu Ketahui
Freepik/kalfec

Untuk membuat wajah tetap sehat tentunya perlu untuk melakukan beberapa kebiasaan dan juga melakukan perawatan kulit. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit tetap sehat serta terlihat bersih, lembut, dan juga lembap adalah dengan melakukan double cleansing, seperti yang dilansir dalam beautybay.com.

Membersihkan wajah satu kali memang sudah cukup untuk mengatasi kotoran yang menempel, tetapi Mama bisa melakukan double cleansing untuk memastikan bahwa wajah bersih dari kotoran. Double cleansing dapat dilakukan dengan menggunakan cleansing oil atau cleansing balm terlebih dahulu sebelum akhirnya menggunakan face wash.

Cleansing balm biasanya akan dikemas dalam bentuk jar dengan tekstur berupa balm yang kemudian akan meleleh menjadi seperti minyak di wajah. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat yang diberikan dari penggunaan cleansing balm sebelum menggunakan face wash?

Nah, kali ini Popmama.com  telah merangkum 5 manfaat cleansing balm yang biasa digunakan sebelum mencuci muka. Yuk, disimak!

1. Membersihkan pori-pori secara mendalam

1. Membersihkan pori-pori secara mendalam
Freepik/diana_grytsku

Cleansing balm sendiri merupakan pembersih berbasis minyak yang mana dapat menembus jauh ke dalam pori-pori. Dengan begitu, bakteri dan sebum berlebih yang ada di dalam kulit akan dengan mudah terangkat.

Selain itu, biasanya cleansing balm diformulasikan dengan minyak kelapa atau minyak biji anggur yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Karena hal itulah, cleansing balm dapat membantu untuk membersihkan kulit dari radikal bebas yang menyebabkan kotoran dan noda serta merusak sel kulit.

Editors' Picks

2. Membersihkan makeup secara menyeluruh

2. Membersihkan makeup secara menyeluruh
Freepik/master1305

Alasan mengapa cleansing balm merupakan pembersih yang efektif adalah karena cleansing balm sendiri merupakan gabungan dari minyak dan emolien yang dapat menghilangkan semua sisa makeup yang ada di wajah.

Tak hanya itu saja, cleansing balm juga dapat menghapus sisa SPF, debu, dan kotoran sehingga kulit wajah akan menjadi lebih bersih dan terlihat lebih segar.

3. Dapat melembutkan kulit

3. Dapat melembutkan kulit
Pexels/Ron Lach

Biasanya cleansing balm akan diformulasikan untuk jenis kulit kering karena sifatnya yang dapat melembutkan dan memberikan nutrisi. Namun, ternyata cleansing balm dapat digunakan untuk semua jenis kulit karena dapat bekerja untuk melembutkan, melembapkan, dan menenangkan kulit.

Hal ini juga berlaku pada jenis kulit berminyak karena tidak akan membuat wajah terlihat menjadi lebih greasy melainkan dapat membantu untuk mengontrol minyak berlebih yang ada pada kulit.

4. Dapat melembapkan kulit

4. Dapat melembapkan kulit
Pinterest.com/Lifestyle Munch

Tidak hanya melembutkan, penggunaan cleansing balm juga dapat membuat kulit menjadi lebih lembap. Karena berbasis minyak, cleansing balm akan membantu untuk menghidrasi kulit dan menjaga kelembapannya.

Meskipun berbasis minyak, cleansing balm tidak akan meninggalkan residu berminyak setelah pemakaian. Justru, cleansing balm akan menghidrasi kulit dan membuatnya menjadi lebih kenyal.

5. Dapat membuat wajah menjadi lebih rileks

5. Dapat membuat wajah menjadi lebih rileks
Freepik/kitthanes
Dok. Jovee

Cara menggunakan cleansing balm adalah dengan melakukan pijatan lembut pada wajah yang sekaligus dapat membersihkan wajah dari kotoran. Dengan melakukan hal tersebut, wajah akan menjadi lebih rileks.

Melakukan sedikit pijatan pada saat menggunakan cleansing balm akan membantu untuk melepaskan ketegangan pada rahang, pelipis, dan membantu drainase limfatik.

Nah, itulah lima manfaat yang bisa Mama rasakan dari penggunaan cleansing balm sebagai langkah pembersihan sebelum menggunakan sabun pencuci wajah. Jadi, setelah mengetahui manfaat dari cleansing balm, apakah Mama masih ragu untuk melakukan double cleansing?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk