Mengenal Makanan Superfood untuk Kesehatan Kulit Wajah

5 makanan ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kecantikan

17 Desember 2020

Mengenal Makanan Superfood Kesehatan Kulit Wajah
Freepik/freepik
joker with card

Sebelumnya, apakah Mama sudah tau superfood itu apa? Superfood sendiri merupakan makanan yang dianggap padat akan nutrisi dan baik untuk kesehatan tubuh.

Tidak ada kriteria khusus yang ditetapkan untuk menentukan mana makanan superfood atau bukan superfood.

Makanan superfood dipercaya mengandung banyak nutrisi, seperti antioksidan, lemak sehat, serat, dan fitokimia alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat akan memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan juga kecantikan.

Untuk Mama yang belum mengetahui apa saja makanan superfood itu, Popmama.comtelah merangkumnya untuk Mama. Yuk, disimak!

1. Blueberry punya kandungan Vitamin C yang bisa membuat kulit lebih kenyal

1. Blueberry pu kandungan Vitamin C bisa membuat kulit lebih kenyal
Freepik

Blueberry sudah menjadi salah satu makanan yang kaya akan vitamin, serat larut, dan fitokimia. Tetapi nutrisi yang sama yang ditemukan di blueberry juga ditemukan di banyak jenis beri lainnya, termasuk stroberi dan cranberry.

Nutrisi yang terkandung dalam blueberry dapat membantu untuk menghilangkan garis-garis halus dan juga mengatasi kulit yang kering. 

Kandungan Vitamin C yang ada didalamnya juga mampu membuat kulit tampak lebih kenyal dan dapat meningkatkan produksi kolagen.

Editors' Picks

2. Kale mengandung banyak vitamin yang baik bagi kulit

2. Kale mengandung banyak vitamin baik bagi kulit
Pexels/Anna Guerrero

Kale kaya akan vitamin A, C, dan K, serta serat, kalsium, dan juga mineral lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit.

Jenis sayuran ini menandung antioksidan yang dapat membantu merawat kulit untuk melawan radikal bebas dan mengurangi imflamansi yang terjadi pada kulit. Kale juga mampu menghilangkan noda akibat bekas jerawat yang meradang.

3. Ubi jalar dan labu memiliki kandungan enzim yang dapat memetabolisme lapisan-lapisan kulit yang mati

3. Ubi jalar labu memiliki kandungan enzim dapat memetabolisme lapisan-lapisan kulit mati
Pixabay/Buntysmum

Kedua makanan ini merupakan sumber serat, vitamin A dan banyak kandungan baik lainnya yang mampu menjaga kesehatan pada tubuh dan juga kulit wajah. Labu dan ubi jalar mengandung enzim yang mampu memetabolisme lapisan-lapisan kulit yang mati.

Baik ubi jalar ataupun labu dapat dikonsumsi dengan cara direbus saja untuk mendapatkan kandungan baik yang ada didalamnya. Selain itu mengonsumsi labu dan ubi jalar akan sangat aman bagi yang memiliki kulit sensitif.

4. Kacang dan biji-bijian membentuk kolagen

4. Kacang biji-bijian membentuk kolagen
Freepik

Kacang dan biji-bijian merupakan makanan dengan sumber protein rendah lemak. Nutrisi yang terkandung dalam makanan ini adalah vitamin, mineral, serat, dan juga antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Makanan ini akan memberikan manfaat berupa pembentukan kolagen dan juga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus pada wajah.

5. Dark chocolate memiliki kandungan flavonoid

5. Dark chocolate memiliki kandungan flavonoid
Pixabay/StockSnap

Cokelat yang memiliki rasa pahit ini memiliki kandungan flavonoid yang dapat membantu untuk melawan efek dari paparan sinar UV pada kulit. Selain itu, dark chocolate dapat mengatasi masalah kulit kering dan juga mengatasi keriput.

Perlu diingat untuk mengkonsumsi dark chocolate dengan kandungan kakao sebesar 70% karena pada kadar inilah cokelat memiliki lebih banyak antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.

Mengonsumsi superfood tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tetapi juga untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu Mama tidak perlu ragu untuk mencoba makanan-makanan diatas karena Mama akan mendapatkan manfaat dua kali lebih banyak pada tubuh Mama. Yuk, dicoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk