5 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Sedang Kamu Alami

Faktor keturunan menjadi salah satu penyebabnya lho, Ma

29 Juli 2021

5 Penyebab Rambut Rontok Mungkin Sedang Kamu Alami
Freepik/nakaridore

Semua orang pasti pernah mengalami kerontokan rambut, mulai dari rambut yang rontok saat disisir hingga rambut yang rontok pada saat sedang berkeramas. Rambut yang rontok bisa terlihat dimana-mana bahkan mungkin berserakan di lantai pada saat menyisir rambut.

Kerontokan rambut merupakan hal yang alami karena dengan beberapa rambut yang rontok maka akan tumbuh kembali rambut yang baru. Namun, akan menjadi masalah jika kerontokan pada rambut yang dialami terlalu parah atau mengalami kerontokan rambut yang cukup banyak.

Lalu, apakah Mama tau apa yang menjadi penyebab rambut rontok? Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 tanda yang menyebabkan rambut menjadi rontok. Yuk, disimak!

1. Faktor keturunan

1. Faktor keturunan
beautyzoomin.net

Penyebab paling umum dari kerontokan rambut adalah faktor keturunan atau faktor genetik. Jika Mama memiliki masalah rambut yang rontok, coba cari tahu apakan orang tua Mama dahulu juga mengalami permasalahan seperti ini.

Jika iya, maka salah satu penyebab rambut rontok yang di alami Mama adalah faktor turun temurun.

Editors' Picks

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu
Pexels/shvetsa

Jika Mama sedang dalam masa pemulihan dari sebuah penyakit, maka bisa jadi ini menjadi salah satu penyebab kerontokan pada rambut.

Biasanya kandungan dalam obat tertentu memiliki efek samping berupa rambut yang rontok. Jika sudah berhenti mengonsumsi obat, rambut Mama tidak akan mengalami kerontokan.

3. Mengalami perasaan stres

3. Mengalami perasaan stres
Freepik/wayhomestudio

Faktor emosional yang sedang dialami juga dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh, salah satunya adalah pertumbuhan pada rambut.

Segala perasaan emosi dan negatif yang sedang dialami ini secara tidak disadari menjadi salah satu penyebab kerontokan pada rambut.

Tak hanya itu saja, biasanya jika Mama sedang merasa stressed out juga akan mengalami permasalahan rambut rontok yang disertai dengan ketombe pada kulit kepala.

4. Kekurangan vitamin dan nutrisi

4. Kekurangan vitamin nutrisi
Pixabay/aiacPL

Rambut juga memerlukan vitamin dan nutrisi lho, Ma. Kekurangan vitamin dan nutrisi bisa membuat rambut menjadi rontok.

Untuk menjaga rambut tetap kuat, Mama perlu untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12, zat besi, dan juga protein yang tinggi. Dengan adanya vitamin dan nutrisi yang cukup disertai dengan pola hidup yang sehat maka rambut akan menjadi lebih kuat dan sehat.

5. Kulit kepala yang terinfeksi

5. Kulit kepala terinfeksi
Freepik/halayalex

Jika Mama mengalami kerontokan yang terus menerus dalam jumlah helai rambut yang cukup banyak, bisa jadi permasalahan terletak pada kulit kepala.

Jika sudah seperti ini, ada baiknya jika Mama melakukan konsultasi dengan dokter ahli agar mengetahui permasalahan kulit seperti apa yang sedang dialami.

Terdapat beberapa hal yang dapat membuat kulit rambut mengalami infeksi sehingga rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.

Nah, itulah lima hal yang bisa jadi merupakan alasan mengapa Mama mengalami rambut yang rontok. Jika sudah mengalami kerontokan yang cukup parah disertai dengan kulit kepala yang terasa tidak nyaman, segera konsultasi ke dokter ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.