5 Tips Makeup Awet untuk Kulit Wajah Berminyak

Makeup akan menempel lebih lama

5 Agustus 2021

5 Tips Makeup Awet Kulit Wajah Berminyak
Freepik/halayalex

Setiap kondisi kulit memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti misalnya pemilik wajah berminyak.

Wajah yang berminyak seringkali mengalami kesulitan pada saat penggunaan makeup karena seringkali makeup tidak menempel dengan sempurna.

Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena ternyata terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan kondisi makeup meskipun kamu memiliki kulit wajah yang berminyak.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum tips makeup untuk kamu yang memiliki wajah berminyak. Yuk, disimak!

1. Menggunakan serangkaian skincare terlebih dahulu

1. Menggunakan serangkaian skincare terlebih dahulu
Freepik

Sebelum menggunakan makeup, tentunya kamu harus selalu melakukan rutinitas skincare seperti biasanya.

Mulai dari mencuci muka, menggunakan toner, serum, pelembap, dan sunscreen agar wajah tetap terlihat berkilau.

Perlu kamu ingat untuk menggunakan skincare yang di khususkan untuk kondisi kulit wajah yang berminyak agar dapat mengurangi minyak berlebih yang ada pada kulit.

Editors' Picks

2. Jangan melupakan primer

2. Jangan melupakan primer
Freepik/lookstudio

Primer menjadi langkah awal yang perlu kamu lakukan pada saat menggunakan makeup, terlebih lagi jika kamu memiliki kulit yang berminyak.

Gunakan produk primer yang bebas minyak untuk membuat permukaan kulit menjadi lebih halus, khususnya pada bagian dahi, hidung, dan juga dagu.

Penggunaan primer akan membantu wajah menjadi lebih siap untuk menerima berbagai macam jenis produk makeup yang akan digunakan sehingga akan memberikan hasil akhir yang sempurna.

3. Menggunakan foundation dengan hasil akhir matte

3. Menggunakan foundation hasil akhir matte
thebodyshop.com

Setelah sudah memakai primer, kamu bisa menggunakan foundation yang di formulasikan untuk kulit berminyak.

Biasanya untuk wajah berminyak, kamu bisa memiliki foundation yang memiliki kandungan minyak yang rendah dan memiliki hasil akhir matte seperti salah satunya foundation dari The Body Shop yaitu Matte Clay Skin Clarifying Foundation yang memiliki formula ringan sehingga hanya untuk di pakai.

Selain itu foundation ini juga memiliki hasil akhir yang matte sehingga tidak akan membuat wajah terlihat greasy.

4. Menggunakan loose powder yang dapat mengontrol sebum

4. Menggunakan loose powder dapat mengontrol sebum
Popmama.com/Nisrina Salma

Tentunya hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah menggunakan bedak tabur atau loose powder yang dapat membantu untuk mengunci riasan di wajah, terlebih lagi jika loose powder yang kamu gunakan memiliki kandungan skincare seperti produk terbaru dari Kaila Beauté yang bernama Glow Come True Loose Powder.

Kaila Beauté Glow Come True Loose Powder ini dilengkapi dengan berbagai macam natural essences seperti avocado oil, soybean oil, chamomile, dan kandungan lainnyayang dapat membantu untuk mengontrol produksi sebum sehingga sangat cocok digunakan oleh kamu yang memiliki kulit berminyak.

Selain itu, produk ini juga memiliki formula yang ringan dan dapat membuat makeip lebih tahan lama serta memberikan hasil akhir yang terlihat lembut.

5. Selalu akhiri dengan setting spray

5. Selalu akhiri setting spray
makeupforever.com

Untuk menjaga makeup tetap awet tahan lama seharian, maka langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menggunakan setting spray seperti MAKE UP FOR EVER Mist & Fix Make-up Setting Spray yang ternyata cocok untuk kulit berminyak.

Setting spray ini dapat membuat makeup lebih tahan lama hingga 12 jam dan tetap membuat wajah terhidrasi dengan sempurna.

Jadi, itulah 6 tips menggunakan makeup untuk kamu yang memiliki wajah berminyak agar makeup tetap on seharian tanpa membuat wajah terlihat greasy. Dengan melakukan tips ini, dijamin makeup yang kamu gunakan akan menempel lebih lama. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.