Manfaat dari Hyaluronic Acid, Bikin Kulit Lentur Hingga Awet Muda

Hyaluronic acid diproduksi alami pada tubuh, tapi bisa terus berkurang karena bertambahnya usia

16 September 2020

Manfaat dari Hyaluronic Acid, Bikin Kulit Lentur Hingga Awet Muda
Pexels/Andrea Piacquadio

Ma, apakah sebelumnya pernah mendengar Hyaluronic Acid? Dilansir dari healthline.com, asam hialuronat, juga dikenal sebagai hyaluronan, adalah zat bening dan lengket yang diproduksi secara alami oleh tubuh.

Hyluronic acid (HA) dapat kita temukan dalam jumlah terbesar di kulit, jaringan ikat, dan mata. Seiring bertambahnya usia dan berbagai pengaruh seperti polusi, gaya hidup, serta paparan sinar matahari HA pada tubuh akan berkurang. 

Nah, kali ini Popmama.com akan mengulik tentang keajaiban dari Hyaluronic Acid bagi kulit agar sehat, lentur, dan cara menjaganya agar kita tetap awet muda. Cek informasinya di bawah ini, yuk!

1. Apa itu Hyaluronic Acid?

1. Apa itu Hyaluronic Acid
Freepik

Dr. Litya Ayu, SpKK, FINSDV, pakar dermatologi dalam acara Virtual Launch of L'Oreal Paris Revitalift 1,5% Hyaluronic Acid Serum in Indonesia pada 2 September 2020 lalu mengatakan 
Hyaluronic Acid (HA) merupakan senyawa alami yang terdapat di dalam tubuh, terutama di kulit.

Namun, proses penuaan alami dan paparan terhadap lingkungan sekitar sangat memengaruhi kadar bertahannya senyawa tersebut di dalam kulit kita. 

"Penurunan kadar HA antara lain menyebabkan tanda-tanda penuaan yang terlihat seperti keriput, dehidrasi pada kulit dan menurunnya elastisitas. Salah satu hal terpenting untuk menjaga keremajaan kulit adalah hidrasi. HA bertindak sebagai pelembap yang mengikat air dan meremajakan kulit dari
dalam. Bersifat alami dan tidak menyebabkan iritasi, hyaluronic acid berfungsi seperti spons dan menjadi salah satu solusi mengatasi kulit kusam dan tanda-tanda penuaan pada wajah,” katanya. 

2. Apa fungsi Hyluronic Acid bagi tubuh?

2. Apa fungsi Hyluronic Acid bagi tubuh
Freepik/diana.grytsku

Fungsi utama Hyaluronic Acid adalah menahan air untuk menjaga jaringan terlumasi dengan baik dan lembab.

Asam hialuronat memiliki berbagai macam kegunaan. Banyak orang mengambilnya sebagai suplemen, tetapi juga digunakan dalam serum topikal, tetes mata dan suntikan.

Editors' Picks

3. Saat usia 25 tahun ke atas, HA alami akan terkikis dan kita perlu ekstra HA dari luar

3. Saat usia 25 tahun ke atas, HA alami akan terkikis kita perlu ekstra HA dari luar
Freepik

Elisabeth Bouhadana, Global Science Director dari L’Oréal Paris menjelaskan, “Meskipun diproduksi secara alami oleh kulit, produksi HA dapat menurun seiring bertambahnya usia dan ini menyebabkan tanda-tanda penuaan berangsur-angsur muncul sejak umur 25 tahun, kulit tidak lagi mampu menahan kandungan air, dan mulai mengalami dehidrasi sehingga wajah terlihat kusam dan garis halus mulai terlihat," katanya.

Penggunaan serum dengan kandungan Hyaluronic Acid menjadi pilihan agar kulit bisa tetap kenyal, sehat, dan awet muda meskipun menanjaknya usia dan berbagai paparan yang menurunkan HA alami. 

Suplemen asam hialuronat dapat membantu kulit terlihat dan terasa lebih kenyal. Sekitar setengah dari asam hialuronat ada di kulit, di mana kandungan mengikat air untuk membantu mempertahankan kelembapan.

Namun, proses penuaan alami dan paparan hal-hal seperti radiasi ultraviolet dari matahari, asap tembakau, dan polusi dapat menurunkan jumlahnya di kulit.

Mengonsumsi suplemen asam hialuronat dapat mencegah penurunan ini dengan memberi tubuh jumlah ekstra untuk dimasukkan ke dalam kulit. Dosis 120-240 mg per hari selama setidaknya satu bulan telah terbukti secara signifikan meningkatkan kelembapan kulit dan mengurangi kulit kering pada orang dewasa.

4. Rekomendasi produk perawatan kulit dengan Hyaluronic Acid

4. Rekomendasi produk perawatan kulit Hyaluronic Acid
Freepik

Nah, ketika kulit mengalami penurunan kadar HA alaminya, penggunaan produk perawatan menjadi pilihan.  Selain perlindungan dari dalam seperti mengonsumsi suplemen dan buah-buahan juga sayuran, kita juga bisa menggunakan perlindungan dari luar seperti menggunakan serum, masker, atau krim yang memiliki kandungan HA.

Kulit yang terhidrasi juga mengurangi munculnya kerutan dan membuat kulit tampak lebih halus.  Ketika dioleskan ke permukaan kulit, serum asam hialuronat dapat mengurangi kerutan, kemerahan, dan dermatitis. 

Berikut ini, rekomendasi produk dengan kandungan HA yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan perlindungan ekstra untuk kulit wajah kita:

Garnier Eye Serum Mask Hydra Bomb

Garnier Eye Serum Mask Hydra Bomb
nykaa.com

Ini dia produk terbaru dari Garnier, Garnier Eye Serum Mask Hydra Bomb pelindung mata yang sangat menghidrasi dan merevitalisasi untuk mata yang lelah, kusam, dan sembab.

Mencerahkan, mengurangi tampilan garis-garis halus, dan menghidupkan kembali pancaran mata yang tampak lebih cerah, segar, dan direvitalisasi. 

Diperkaya dengan ekstrak tumbuhan alami dan asam hialuronat. Dengan formula vegan, masker jaringan mata ini dibuat dengan jaringan yang sangat tipis dan memiliki efek mendinginkan kulit: setelah penggunaan masker tisu suhu kulit berkurang hingga 4 ° C. 

Garnier Moisture Bomb Coconut Water adalah masker mata yang sangat mencerahkan dan menyegarkan untuk mata lelah yang menunjukkan tanda-tanda awal penuaan. Masker berbentuk tisu diperkaya dengan air kelapa dan hyaluronic ini akan membuat area mata terlihat lebih kencang dan terasa segar kembali. Diperkaya dengan ekstrak tumbuhan alami dan asam hialuronat. 

Bagaimana cara kerjanya? Masker lembar ini sangat menghidrasi dan mengurangi munculnya garis-garis halus, sekaligus mengisi kembali dan mengencangkan area mata. Diterapkan ke area mata, masker mata ini berfungsi seperti pembungkus hidrasi yang secara terus menerus menyebarkan semua efektivitas serum yang menghidrasi kulit secara intens. 

Kesegarannya mampu langsung menyejukkan dan menenangkan kulit, untuk momen yang benar-benar memanjakan. Masker mudah dipasang dan dilepas. Cocok untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif. Untuk sensasi ekstra dingin, simpan di lemari es sebelum dipakai ya.

Untuk harganya cukup terjangkau yaitu sekitar Rp.15.000 di berbagai e-commerce. 

L’Oreal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum

L’Oreal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid Serum
Dok. L'Oréal Paris Indonesia

Saat ini, tren penggunaan hyaluronic acid sebetulnya sudah cukup marak diperbincangkan di seluruh dunia dan inilah yang menginspirasi lahirnya teknologi baru yang memformulasikan serum terbaru dari L'Oreal. Formulasi hyaluronic acid serum memang diperuntukkan untuk menjaga kulit tampak muda dan bercahaya.

“Serum hyaluronic acid dari L'Oréal Paris ini menggunakan sebuah teknologi superior dari L’Oréal Paris dan mengandung dua jenis HA, yaitu, macro hyaluronic acid dan micro hyaluronic acid. Macro hyaluronic acid dapat menahan 1.000 kali massa air dibandingkan beratnya sendiri untuk melembapkan dan menghaluskan permukaan kulit serta membuatnya tampak lebih bercahaya dan kenyal. Sementara itu, micro hyaluronic acid, merupakan partikel yang jauh lebih kecil dan dapat menyerap masuk dan melembapkan lapisan kulit yang lebih dalam guna merangsang sintesis HA oleh sel-sel epidermis yang kemudian dapat mengenyalkan kulit dari dalam. Serum ini mengandung 1,5% hyaluronic acid yang secara klinis terbukti merupakan dosis yang tepat untuk mempertahankan tekstur serum yang tepat dan juga berpotensi untuk bekerja maksimal di kulit wajah. Tindakan mekanis dan biologis dari 2 jenis HA ini juga kemudian berpotensi menjadikan kulit terasa lebih lembut, halus dan bercahaya” Tambah Elisabeth.

L’Oreal Paris Revitalift 1.5% Hyaluronic Acid serum akan dijual seharga Rp 245.000 dan dapat dibeli melalui Shopee dan Watsons di seluruh Indonesia. 

Neutrogena® Hydro Boost™ Hydrating Serum dan Water Gel

Neutrogena® Hydro Boost™ Hydrating Serum Water Gel
Dok. Neutrogena® Hydro Boost

Neutrogena® Hydro Boost™ Hydrating Serum dan Water Gel mengandung Hyaluronic Acid, Glycerin dan Ekstrak Zaitun, produk ini membantu melembapkan kulit dan akan terus memberikan kelembapan pada sel-sel kulit. 

Jika kita kesulitan mengatasi kulit kering, emolien dengan massa yang ringan dapat membantu mengembalikan kelembapan yang hilang serta melindungi kulit dari gesekan masker. Formula gel hipoalergenik dan non-komedogenik juga bebas alkohol dan bebas minyak. 

Neutrogena® Hydro Boost™ Hydrating Serum dan Water Gel  memberikan pelindung kulit 2 kali lebih kuat, produksi Hyuronic Acid 50% lebih banyak, dan 72 jam hidrasi dari dalam.

Neutrogena® Hydro Boost™ Hydrating Serum dan Water Gel akan tersedia di Guardian, Watsons, J&J Official Store di Shopee, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, Lazada, Blibli dan Sociolla. 

Untuk harga, produk ini dibandrol sekitar Rp.210.000,-

Nah, itu dia Ma informasi seputar Hyaluronic Acid. Semoga bisa menambah wawasan Mama seputar skincare ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.