Dior Tampilkan Endek Bali di Koleksi Baru pada Paris Fashion Week 2020

Kain Endek Bali dipilih sebagai bagian dari koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior

6 Oktober 2020

Dior Tampilkan Endek Bali Koleksi Baru Paris Fashion Week 2020
Instagram.com/ambindoparis

Desainer rumah mode dunia, Christian Dior menampilkan kain tradisional Bali yakni Endek di Paris Fashion Week 2020. Melalui Instagram KBRI Paris, Duta Besar Republik Indonesia untuk Paris-Perancis, Arrmanatha Nasir, mengatakan kain endek digunakan untuk koleksi busana musim semi dan panas 2021. 

"Merupakan kebanggaan bahwa kain tradisional Indonesia dapat menjadi inspirasi bagi designer rumah mode internasional", ujar Arrmanatha pada Rabu (30/9/2020). 

Bagaimana tampilan desain kain Endek Bali ini di fashion show ternama dunia tersebut? Berikut Popmama.com rangkum informasi lengkapnya.

1. Digunakan untuk baju dan tas

1. Digunakan baju tas
Instagram.com/ambindoparis

Kain Endek sendiri merupakan kain pilihan dari Dior untuk koleksinya tersebut. Menurut Arrmanatha, Pengarah Artistik Christian Dior Couture, Maria Grazua Chiuri menyebut bahwa kain Endek Bali tidak hanya digunakan untuk koleksi baju, tetapi juga tas Christian Dior. 

"Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru Christian Dior, ada sekitar 9 motif kain Endek Bali yang digunakan dalam koleksi mereka," ujarnya dalam website KBRI untuk Perancis tersebut.

Tak hanya itu, koleksi dan desain Christian Dior dengan kain Endek Bali juga ditampilkan di halaman depan website resminya.

Editors' Picks

2. Dior ingin mengangkat kain Endek karena nilai kebudayaannya

2. Dior ingin mengangkat kain Endek karena nilai kebudayaannya
Instagram.com/ambindoparis

Dalam diskusi Arrmanatha dengan Direktur Artistik Dior menyatakan bahwa inspirasi Christian Dior untuk menggunakan kain Endek Bali karena ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta craftsmanship terutama oleh para penenun perempuan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Tim Christian Dior, kain Endek Bali merupakan nilai kebudayaan yang sangat sesuai dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh Christian Dior.

“Sebagai bentuk pengakuan kepada para penenun di Bali, Christian Dior berencana untuk mencantumkan daerah asal kain Endek tersebut pada label baju / pakaian nantinya,” jelas Arrmanatha.

3. Asli diproduksi oleh penenun di Bali

3. Asli diproduksi oleh penenun Bali
Instagram.com/ambindoparis

Adanya kabar baik ini tentunya membawa senyuman bagi masyarakat Bali. Pemerintah Provinsi Bali memberikan dukungan penggunaan kain Endek Bali dan meminta Christian Dior untuk sepenuhnya menghormati HAKI kain Endek dan kain Endek yang digunakan harus asli yang diproduksi di Bali.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dan gerak cepat tim Percepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu dan Gubernur Bali beserta timnya, sehingga Christian Dior mendapat dukungan penuh untuk menggunakan kain Endek Bali untuk koleksinya," tutur Dubes RI Paris itu.

4. Jadi ajang pengakuan dunia atas keindahan kain Endek

4. Jadi ajang pengakuan dunia atas keindahan kain Endek
Instagram.com/ambindoparis

Tentu dengan adanya kain Endek di rumah mode Christian Dior menjadi sebuah pengakuan tersendiri. Hal ini juga mencerminkan bahwa kain tradisional produksi Indonesia cukup mampu dan bisa dilirik oleh rumah mode sekelas Dior.

"Penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior, merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali dan berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional,” ujar Arrmanatha.

Itulah tadi penampakan kain Endek Bali di Paris Fashion Show 2020. Wah, dengan adanya kabar ini membuat kita sebagai orang Indonesia kian bangga dengan hasil produksi anak bangsa! Yuk, dukung terus produk lokal agar semakin mendunia!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.