Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ada Beragam Manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan

28 November 2022

10 Manfaat Wortel Kesehatan Kecantikan
freepik/Nensuria

Wortel merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin. Sayuran yang menjadi makanan kegemaran kelinci ini memang telah dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah kesehatan mata.

Mama dan keluarga yang ingin memiliki mata yang sehat, disarankan untuk mengonsumsi wortel secara rutin. Hal ini karena dalam wortel terkandung vitamin A yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan mata.

Namun tahukah Mama, tak hanya untuk kesehatan mata saja, ada banyak manfaat wortel lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Dilansir dari Healthline dan Style Craze, berikut Popmama.com ulas manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Freepik

Salah satu manfaat wortel yang sayang untuk dilewatkan adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Ma. Mama yang sedang tidak enak badan disarankan untuk memasukkan wortel ke dalam menu makanan yang dikonsumsi, termasuk mengonsumsi jus wortel agar sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih prima.

Wortel dapat meningkatkan imunitas tubuh karena mengandung antioksidan dan vitamin C. Kandungan antioksidan dalam wortel mampu berperan dalam melawan radikal bebas yang membahayakan kesehatan ubuh. Sementara kandungan vitamin C dalam wortel bemanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menurunkan kadar kolesterol

2. Menurunkan kadar kolesterol
Freepik

Bagi Mama yang sulit mengontrol kadar kolesterol dalam darah, ada baiknya untuk mempertimbangkan konsumsi wortel atau jus wortel. Wortel merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung kalium cukup tinggi sehingga konsumsi wortel dapat membantu menjaga kolesterol dengan baik.

Mama masih meragu? Dr. Martha Gulati MD, dari University of Arizona, juga mengungkap manfaat wortel dalam menurunkan kadar kolesterol. Menurutnya wortel berperan dalam mengurangi kolesterol, membantu menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyakit stroke.

3. Baik untuk kesehatan perempuan hamil

3. Baik kesehatan perempuan hamil
Freepik

Wortel pun juga membawa manfaat bagi kesehatan perempuan hamil Ma. Hal ini karena wortel mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan perempuan hamil mulai dari kasium, folat, kalium, magnesium, vitamin C dan vitamin A.

Kandungan kalsium yang terdapat pada wortel misalnya, baik untuk perkembangan tulang janin dalam kandungan. Sementara kandugan vitamin C dan vitamin A yang terkandung dalam wortel baik untuk sistem kekebalan tubuh perempuan hamil. Jadi, jika Mama sedang hamil, jangan lupa untuk mengonsumsi wortel ya agar manfaatnya bisa diperoleh. 

4. Baik untuk kesehatan otak

4. Baik kesehatan otak
Freepik/Katemangostar

Manfaat wortel berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan otak Ma.

Hal ini karena dalam wortel terkadung beta karoten yang bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan daya ingat.

Jadi, tak ada alasan untuk tidak mengonsumsi sayuran berwarna orange ini bukan Ma?

Editors' Picks

5. Baik untuk kesehatan pencernaan

5. Baik kesehatan pencernaan
Freepik/Jcomp

Kandungan serat yang tinggi dalam wortel mampu membantu pergerakan usus dan baik untuk kesehatan saluran cerna Ma.

Khasiat wortel lainnya yang tidak bisa disepelekan adalah mengatasi masalah sembelit dan refluks asam Ma.

Jadi jangan lupa konsumsi wortel ya Ma agar kesehatan saluran cerna Mama terus terjaga dengan baik.

6. Mencegah terserang penyakit

6. Mencegah terserang penyakit
Freepik

Dilansir dari Medical Daily, sama halnya dengan bayam, wortel yang telah dimasak juga memberikan dorongan antioksidan yang lebih besar dibandingkan wortel yang dikonsumsi mentah.

Nutrisi dalam wortel ini juga di klaim mampu memperlambat penuaan sel dan melindungi tubuh dari efek radikal bebas Ma. Ini berarti konsumsi wortel dapat menurunkan risiko Mama terserang berbagai penyakit seperti kardiovaskular, kanker, dan juga alzeimer.

7. Membuat kulit nampak bercahaya

7. Membuat kulit nampak bercahaya
Freepik/Katemangostar

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada wortel juga mampu membuat kulit Mama terlihat sehat dan bercahaya. Mama yang ingin wajahnya terlihat lebih bercahaya dapat menjadikan wortel sebagai masker wajah.

Caranya mudah, Mama hanya perlu mencampur wortel yang telah diparut dengan madu secukupnya. Aplikasikan ke wajah sebagai masker untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

8. Menjaga elastisitas kulit

8. Menjaga elastisitas kulit
Freepik/Katemangostar

Selain membuat kulit terlihat bercahaya, kandungan vitamin C yang terdapat pada wortel juga mampu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein penting yang menjaga elastisitas kulit.

Nah, jika elastisitas kulit Mama terjaga, maka munculnya keriput akan terminimalisir dengan baik.

9. Mengatasi kulit kering

9. Mengatasi kulit kering
Freepik/Senivpetro

Jika Mama memiliki masalah kulit kering, mungkin ini saatnya untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam, salah satunya dengan mengonsumsi wortel.

Dengan mengonsumsi wortel, kulit Mama dapat terhidrasi dengan baik karena wortel kaya akan kandungan kalium. 

Jadi, jangan hanya menggunakan pelembap saja ya Ma, tapi konsumsi makanan yang bergizi pula agar masalah kulit kering tak lagi Mama alami. 

10. Menyehatkan rambut

10. Menyehatkan rambut
Freepik

Mengonsumsi 3 sampai 4 ons jus wortel setiap hari dapat merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut Mama bisa menjadi tebal.

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam wortel dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut bahkan dapat mencegah rambut beruban diusia dini Ma.

Demikian manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk