Manfaat Air Putih untuk Menyembuhkan Jerawat

Proses penyembuhan jerawat dengan minum air putih tentunya tidak instan ya

22 November 2021

Manfaat Air Putih Menyembuhkan Jerawat
Freepik/drobotdean

Setiap orang tentu menginginkan kulit yang sehat tanpa masalah apapun, termasuk jerawat.

Jerawat adalah masalah kulit yang umum kita alami. Selain berusaha untuk menyembuhkan jerawat itu sendiri, faktanya bekas jerawat juga bisa membuat tidak nyaman ya. Beberapa orang bahkan mengalami tekanan emosional akibat jerawat.

Nah, salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat yaitu, memastikan tubuh terhidrasi dengan minum air putih yang cukup.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum manfaat air putih untuk meyembuhkan jerawat, dilansir dari berbagai sumber.

1. Jerawat jadi masalah yang umum dihadapi

1. Jerawat jadi masalah umum dihadapi
Pexels.com/Polina

Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut mengalami penyumbatan, yang disebabkan oleh minyak dan sel kulit mati. Biasanya ini menyebabkan whiteheads, komedo  atau jerawat, demikian seperti dilansir dari Mayoclinic.

Biasanya jerawat paling sering memengaruhi kulit remaja, meskipun tidak menutup kemungkinan orang yang berusia dewasa juga memilikinya.

Jerawat berbentuk mirip seperti benjolan yang terkadang berwarna kemerahan. Dimana ini akan sembuh dengan sendirinya secara perlahan, tergantung dari kondisi tiap orang.

Jerawat yang parah terkadang bisa sampai menyebabkan tekanan emosional, serta bekas luka di kulit yang sulit dihilangkan.

2. Apa penyebabnya timbulnya jerawat?

2. Apa penyebab timbul jerawat
Freepik/benzoix

Ada empat faktor utama penyebab timbulnya jerawat, diantaranya produksi minyak berlebih, bakteri, peradangan, serta folikel rambut yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Dilansir dari Mayoclinic, beberapa hal berikut ini juga bisa memicu timbulnya jerawat lho.

  • Perubahan hormonal. Hormon androgen yang meningkat selama masa pubertas juga berkontribusi terhadap peningkatan produksi minyak di kulit, yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu. Obat-obatan tertentu memicu timbulnya jerawat, terutama yang mengandung kortikosteroid dan testosteron.
  • Diet. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tertentu, termasuk yang mengandung karbohidrat tinggi bisa memperburuk kondisi kulit berjewarat. Karena biasanya orang yang melakukan diet, mengonsumsi atau menghindari jenis makanan tertentu.
  • Stres. Stres tidak menyebabkan jerawat, tapi jika kamu sudah memiliki jerawat sebelumnya, stres bisa memperparah kondisi tersebut.

Editors' Picks

3. Bagaimana air putih bisa memengaruhi kesehatan kulit?

3. Bagaimana air putih bisa memengaruhi kesehatan kulit
Freepik

Kulit kita mungkin tidak sepopuler bagian tubuh lainnya. Namun sama seperti organ tubuh kita, kulit juga memiliki sel, dimana sel ini terdiri dari air.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik oleh air, tentu kekeringan pada kulit bisa kita hindari.

Faktanya dilansir dari Verywell Health, kulit kering bisa menyebabkan pori-pori mudah terbuka. Jika ini terjadi, bakteri akan mudah masuk ke dalam kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, kulit kering juga lebih rentan terhadap kerutan dan elastisitasnya cenderung menurun.

Oleh karena itu, kamu sangat disarankan minum air putih yang cukup, guna menghidrasi tubuh dan menjaga kelembapan kulit.

4. Minum air putih bisa menyembuhkan jerawat, benarkah demikian?

4. Minum air putih bisa menyembuhkan jerawat, benarkah demikian
Freepik/wayhomestudio

Memastikan tubuh tetap terhidrasi akan membantu meningkatkan respon sel kekebalan tubuh secara keseluruhan, seperti dilansir dari The Journal of Biological and Chemical Luminescence.

Sistem kekebalan tubuh yang optimal, akan melawan bakteri berbahaya yang berkontribusi terhadap timbulnya jerawat. Dalam hal ini, bakteri seperti Cutibacterium acnes, diduga berperan dalam perkembangan jerawat.

Air memiliki manfaat baik langsung maupun tidak langsung dalam menyembuhkan jerawat.

  • Air bantu menghilangkan racun dan bakteri pada kulit, serta mengurangi potensi penyumbatan pori-pori penyebab timbulnya jerawat.
  • Air bantu menjaga kelembapan, yang memungkinkan kulit mempertahankan peremajaan sel yang sehat dan meningkatkan produksi kolagen.
  • Air bantu mengurangi peradangan dan jaringan parut pada kulit, yang disebabkan oleh jerawat.

Selain itu, minum air putih membuat kita tetap terhidrasi, mendinginkan suhu tubuh, membantu mengurangi panas dalam tubuh, serta mengurangi produksi minyak berlebih. Dimana hal ini juga akan mendukung kesehatan kulit dan membantu kamu mengatasi jerawat.

5. Berapa banyak air putih yang harus diminum setiap harinya?

5. Berapa banyak air putih harus diminum setiap harinya
Freepik

60% dari tubuh manusia terdiri dari air. Jadi sudah jelas ya, bahwa air memainkan peran penting dalam menjaga tubuh kita tetap sehat dan terhidrasi. Bahkan sebuah studi menunjukkan, kalau kita tidak bisa hidup tanpa air lebih dari 21 hari lho.

Untuk itu kamu sangat disarankan minum 6 – 8 gelas air putih setiap harinya, guna membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Keuntungan lainnya, kamu bisa terhindar dari jerawat dan elastisitas kulit pun meningkat.

6. Manfaat minum air putih untuk kesehatan kulit

6. Manfaat minum air putih kesehatan kulit
Freepik/lookstudio

Dilansir dari The Harley Street Dermatology Clinic, berikut ini beberapa manfaat minum air putih untuk kesehatan kulit.

  • Minum air putih yang cukup, dipercaya bisa membantu membuang racun jahat pada kulit kita.
  • Memenuhi cairan tubuh dengan banyak minum air putih akan membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga kita terhindar dari kerutan dan kotoran yang menyumbat pori-pori.
  • Minum air putih bantu mengatasi kulit kendur.
  • Kulit tetap kenyal dan kencang jika kita banyak minum air putih.
  • Menjaga kesehatan kulit, karena air putih bantu memproduksi elastin dan kolagen.
  • Menjaga pigmentasi atau warna kulit tetap sehat.

Demikianlah informasi mengenai bagaimana minum air putih bisa bantu menyembuhkan jerawat.

Faktanya, minum air putih bisa bantu menghidrasi tubuh kita. Dimana ini sangat penting untuk kesehatan kulit. Tapi selain minum air putih, pastikan kamu juga menjaga kebersihan tubuh, menghindari stres, serta konsumsi makanan kaya nutrisi.

Ini dilakukan guna mempercepat proses penyembuhan, serta mencegah jerawat timbul kembali dikemudian hari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.