7 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Kombinasi yang Bisa Kamu Coba

Kulit kombinasi butuh produk yang bisa mengontrol minyak sekaligus menghidrasi di waktu bersamaan

5 Juni 2022

7 Rekomendasi Moisturizer Kulit Kombinasi Bisa Kamu Coba
Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA

Kulit kombinasi merupakan perpaduan jenis kulit yang cenderung berminyak sekaligus kering.

Pada kulit kombinasi, biasanya area dahi, hidung, dan dagu akan terasa berminyak setelah cuci muka, sedangkan area pipi dan bawah mata akan terasa lebih kering.

Tipe kulit kombinasi lebih mudah mengalami masalah yang sering dialami kulit berminyak dan kulit kering, seperti masalah kerutan dan garis halus bersamaan dengan pori besar, jerawat, atau komedo.

Tak heran ada tantangan tersendiri untuk merawat kulit kombinasi. Pemilik kulit kombinasi harus bisa menyeimbangkan antara kulit kering dan berminyak terutama dalam hal memilih skincare yang tepat, seperti moisturizer atau pelembap.

Sebab, produk yang digunakan tidak boleh memicu minyak berlebih sekaligus tidak membuat wajah kering.

Memilih pelembap yang tepat untuk kulit kombinasi memang agak tricky karena kalau kamu memakai pelembap untuk kulit berminyak, maka beberapa area di wajah akan terasa kering. Sedangkan jika memakai pelembap untuk kulit kering, area T-Zone akan semakin berminyak.

Tak sedikit yang memilih untuk memakai dua produk pelembap sekaligus, yang bisa mengontrol minyak sekaligus menghidrasi di waktu bersamaan. Padahal, sekarang sudah banyak tersedia pelembap untuk kulit kombinasi sehingga kamu hanya perlu memakai satu produk saja.

Kamu bisa memilih produk pelembap berbahan dasar air, oil-free, atau dengan tekstur lotion atau gel. Popmama.com akan memberikan beberapa rekomendasi pelembap untuk kulit kombinasi. 

1. Cetaphil Daily Facial Moisturizer

1. Cetaphil Daily Facial Moisturizer
cetaphil.co.id

Cetaphil Daily Facial Moisturizer cocok dipakai untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kombinasi. Pelembap ini dilengkapi dengan SPF 15 sehingga dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari (sinar UVA dan UVB).

Dari segi tekstur, pelembap dari Cetaphil ini bertekstur ringan dan lembut. Formulanya sangat ringan (lightweight), fragrance-free, mudah menyerap di wajah, dan tidak menimbulkan efek greasy (lengket) setelah pemakaian. Selain itu, produk ini juga non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori wajah.

Harga produk ini sekitar Rp 200.000 untuk kemasan 118 ml.

2. COSRX Oil-Free Ultra-Moisturizing Lotion (with Birch Sap)

2. COSRX Oil-Free Ultra-Moisturizing Lotion (with Birch Sap)
www.cosrx.com

Produk ini merupakan pelembap wajah yang dikemas dalam botol plastik dan memiliki tutup pump. Pelembap berbentuk lotion ini dapat dipakai untuk semua jenis kulit, termasuk kulit kombinasi karena cepat meresap ke dalam kulit tanpa membuat kulit terasa lengket dan berminyak.

Pelembap ini juga cocok untuk kulit kombinasi yang cenderung sensitif. Formulanya yang ringan dan bebas minyak mampu menjaga, memberi kelembapan dan juga kenyamanan di kulit.

Kandungan pelembap ini adalah Betula Platyphylia Japonica Juice (birch sap) atau getah pohon birch sebanyak 70 %. Kandungannya mampu membantu kadar air tetap terjaga di dalam dan permukaan kulit. 

Pelembap ini juga memiliki klaim all healing moisturizing lotion yang mampu memperbaiki warna dan tekstur kulit akibat dehidrasi.

Dengan pemakaian rutin, kesehatan kulit wajahmu akan lebih meningkat, lebih lembut, bagian kulit yang luka bisa terawat, rona kulit lebih merata, dan kemampuan regenerasi sel kulit juga meningkat. Teksturnya berbentuk lotion berwarna putih yang cepat meresap ke dalam kulit.

Pelembap ini juga memiliki aroma yang lembut dan tidak menyengat. Kemasannya berukuran 100 ml dengan harga Rp 285.000,-.

Editors' Picks

3. Innisfree Green Tea Balancing Cream EX

3. Innisfree Green Tea Balancing Cream EX
www.innisfree.com

Produk pelembap dari Korea Selatan ini mampu memberi kelembapan pada kulit kombinasi secara ringan tanpa membuat kulit terasa lengket. Kandungan pelembap ini adalah green tea dari Pulau Jeju (Korea Selatan) dengan 16 jenis asam amino yang dapat memberi kelembapan dan menghidrasi kulit, membuat kulit tampak lebih cerah, serta melindungi tekstur kulit sehingga tidak membuat kaku atau kering.

Teksturnya yang halus, ringan dan mudah menyerap membuat pelembap ini tidak meninggalkan minyak berlebih di kulit wajah. Dengan penggunaan teratur, kulit wajahmu akan lebih sehat dan selalu lembap.

Kemasannya berukuran 50 ml dan kamu bisa membelinya seharga Rp 260.000,-.

4. Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme

4. Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme
joylabbeauty.com

Produk lokal selanjutnya adalah Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme. Produk ini merupakan pelembap berbentuk krim dengan tekstur selembut pudding yang juga bisa digunakan pada kulit kombinasi.

Joylab Moisture Bomb Pudding Gel Creme memiliki kandungan Betaine dan Glycerin untuk menjaga kelembapan kulit, memberikan hidrasi ekstra untuk kulit tanpa meninggalkan rasa lengket, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Kemudian, ada juga kandungan Niacinamide alias Vitamin B3 yang mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit, mengurangi garis-garis halus, menekan melanin untuk mencapai permukaan kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan mengendalikan produksi minyak berlebih yang diproduksi kelenjar sebasea.

Diperkaya juga dengan Allantoin dan Caffeine untuk memaksimalkan regenerasi dan menghaluskan kulit. Lebih menarik lagi, pelembap ini juga animal cruelty-free, alcohol-free, sulfate-free, dan paraben-free.

Kamu bisa membeli produk ini seharga Rp 145.000 untuk ukuran 30 ml atau Rp 175.000 untuk ukuran 50 ml.

5. Neutrogena Oil-Free Moisture Combination Skin

5. Neutrogena Oil-Free Moisture Combination Skin
neutrogena.com

Pelembap yang satu ini mengandung dual-action formula yang dapat melembapkan area kulit kering sekaligus mampu menyerap dan mengontrol minyak pada area T-Zone sehingga membuat kulit terasa lembap dan sehat.

Selain itu, di dalamnya ada formula micro-sponge yang dapat membantu menyerap minyak berlebih di wajah. Setelah pemakaian, kulitmu akan terasa lebih lembut, halus, dan terasa matte serta bebas kilap yang tahan sepanjang hari.

Menariknya, produk pelembap asal Amerika Serikat ini juga memiliki formula yang ringan, yaitu non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Selain itu juga fragrance-free dan hypoallergenic yang juga cenderung aman untuk kulit sensitif.

Kamu bisa mencobanya dengan harga sekitar Rp 200.000 untuk kemasan 118 ml.

6. Sebamed Clear Face Care Gel

6. Sebamed Clear Face Care Gel
sebamedindonesia.com

Produk ini juga termasuk pelembap yang cocok dipakai untuk kulit kombinasi. Sebamed Clear Face Care Gel memiliki bentuk gel yang berfungsi melindungi kulit wajah dari jerawat, komedo, dan juga noda.

Di kulit kombinasi, area T-Zone rawan dengan jerawat. Pelembap ini memiliki pH 5,5 yang seimbang dengan pH kulit dan berfungsi menekan pertumbuhan bakteri jerawat secara biologis tanpa menyebabkan iritasi kulit.

Teksturnya juga sangat ringan dan mudah meresap pada kulit. Kandungan hyaluronic acid di dalamnya mampu meningkatkan kelembapan kulit. Lalu, ada juga panthenol untuk membantu menyembuhkan jerawat dan menghaluskan kulit.

Selain itu, ada juga kandungan ekstrak aloe vera yang mampu melembapkan kulit serta mencegah iritasi serta kandungan allantoin untuk melembutkan dan menghaluskan kulit.

Sebamed Clear Face Care Gel berukuran 50 ml dengan harga Rp 230.000,-.

7. Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

7. Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel
wardahbeauty.com

Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel dari Wardah ini merupakan salah satu produk moisturizer atau pelembap yang cocok untuk kamu yang punya kulit kombinasi, kering dan berminyak.

Produk lokal ini memiliki kemasan berbentuk tube berwarna kuning. Dengan gel bertekstur ringan, pelembap ini akan memberikan kelembapan dengan baik pada kulit wajah tanpa menambah rasa berminyak. Tekstur gel-nya juga cepat meresap dan akan membuat kulit terasa lebih halus.

Dari segi kandungan, ada ekstrak witch hazel yang bisa membuat tampilan pori tampak lebih kecil dan menjaga keseimbangan sebum sekaligus menghidrasi kulit. Pelembap ini juga mengandung chamomile extract, pro-vitamin B5 dan vitamin E yang mampu memberi kelembapan ekstra pada kulit sekaligus berperan sebagai antioksidan atau menangkal efek radikal bebas.

Lalu, ada pula Moisturizing Duo yang bermanfaat memberikan kelembapan dan menjaga kelembapan kulit wajahmu.

Untuk mencobanya, kamu bisa membeli pelembap ini dengan harga yang terjangkau, yakni Rp 21.000/100 ml.

Itulah beberapa rekomendasi moisturizer atau pelembap untuk kulit kombinasi yang bisa kamu coba. Gunakan produk sesuai dengan petunjuk pemakaian ya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Ingatlah juga bahwa setiap produk skincare tidak selalu berefek sama untuk setiap orang. Bisa jadi produk skincare yang bagus belum tentu cocok buatmu.

Oleh karena itu, lakukan patch test sebelum memilih produk-produk skincare, terutama kalau kamu baru pertama kali menggunakannya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk