5 Kandungan Skincare yang Bisa Sebabkan Beruntusan pada Wajah

Coba cek skincare mu, apakah salah satunya ada kandungan berikut?

17 Oktober 2020

5 Kandungan Skincare Bisa Sebabkan Beruntusan Wajah
Freepik/Mayakruchankova

Beruntusan yang terjadi pada wajah seringkali membuat penampilan tidak menarik dan membuat kita menjadi kurang percaya diri.

Penyebab beruntusan sendiri cukup banyak, namun yang harus diperhatikan adalah bisa jadi beruntusan pada kulit wajah yang saat ini terjadi padamu akibat penggunaan produk skincare yang tidak cocok pada kulit.

Ya, beruntusan yang terjadi pada wajah bisa saja menjadi reaksi yang timbul akibat kamu tidak menggunakan skincare dengan kandungan yang cocok dengan jenis kulitmu.

Lalu, apa saja sih kandungan skincare yang apabila digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit dan keadaan kulit dapat menimbulkan beruntusan pada wajah? Berikut Popmama.com telah merangkum 5 daftar lengkapnya.

1. Skincare dengan kandungan alkohol

1. Skincare kandungan alkohol
Freepik/rawpixel.com

Meskipun sudah banyak brand skincare yang mengatakan bahwa produknya tidak mengandung alkohol, namun sampai saat ini masih ada saja produk skincare yang beredar di pasaran dengan kandungan alkohol di dalamnya.

Padahal, jika alkohol digunakan dalam kadar yang tinggi, diketahui dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering sehingga dapat mengakibatkan munculnya beruntusan pada wajah.

Untuk itu, apabila kamu mengetahui adanya kandungan alkohol pada skincare mu, lebih baik kamu mulai menggunakanya dengan jumlah yang sedikit.

Kamu juga bisa mengombinasikan produk mengandung alkohol dengan skincare yang memiliki kandungan menenangkan kulit agar reaksinya tidak terlalu parah dan tidak akan menyebabkan beruntusan pada wajah.

Editors' Picks

2. Cleanser dengan butiran eksfoliator

2. Cleanser butiran eksfoliator
thebestfacescrub.com

Butiran-butiran yang terdapat pada produk skincare dengan jenis cleanser biasanya digunakan agar dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Namun ternyata, butiran-butiran yang biasa disebut dengan scrubs ini juga dapat menimbulkan jerawat-jerawat kecil atau beruntusan lho!

Hal ini dapat terjadi apabila kulitmu sedang memiliki jerawat, akibat tergesek oleh butiran-butiran eksfoliator atau scrubs, bisa saja peradangan menjadi semakin parah.

3. Kandungan salicylic acid membuat wajah kering

3. Kandungan salicylic acid membuat wajah kering
Freepik

Salicylic acid biasa digunakan sebagai kandungan pada skincare yang dikhususkan untuk pemilik kulit cenderung berjerawat. Salicylic acid memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat serta membuat jerawat lebih cepat kering.

Namun ternyata kamu perlu untuk memperhatikan penggunaan skincare dengan kandungan ini. Apabila terlalu sering menggunakan skincare dengan kandungan salicylic acid, maka wajah akan menjadi lebih kering dan kulit akan lebih sensitif.

Hal tersebut juga dapat mengakibatkan terjadinya beruntusan pada wajah.

4. Coconut oil mengandung comedogenic

4. Coconut oil mengandung comedogenic
Freepik/free picture

Coconut oil atau minyak kelapa memang diklaim menjadi salah satu bahan natural yang memiliki sejuta manfaat untuk kecantikan wajah dan juga tubuh.

Namun ternyata, coconut oil memiliki sifat comedogenic yang jika digunakan secara rutin akan memunculkan komedo hingga mengakibatkan kulit terasa beruntusan. Hal ini dapat terjadi akibat minyak kelapa yang dapat menyumbat pori-pori pada kulit.

5. Skincare dengan kandungan menthol atau mint

5. Skincare kandungan menthol atau mint
Pixabay/simisi1

Menthol atau mint ternyata memiliki manfaat bagi kulit untuk mengeringkan jerawat pada kulit. Namun apabila digunakan terlalu banyak, mint yang dapat mengeringkan jerawat juga ternyata dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif.

Alhasil, kulit bisa saja menjadi kering dan timbul beruntusan yang cukup mengganggu penampilan.

Itu dia kelima kandungan skincare yang bisa sebabkan masalah beruntusan pada wajah. Meskipun beberapa kandungan tersebut bisa menyebabkan beruntusan, namun semuanya kembali lagi pada jenis kulitmu.

Jika wajahmu tidak bermasalah menggunakan salah satu kandungan di atas, maka kamu tak perlu menghindarinya. Namun jika kandungan-kandungan di atas membuat wajahmu menjadi bermasalah, maka hentikanlah pemakaian secepatnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.