Agar Tetap Kemilau dan Baru, Begini Cara Membersihkan Perhiasan

Jangan biarkan perhiasan Mama menjadi kusam ya

1 April 2020

Agar Tetap Kemilau Baru, Begini Cara Membersihkan Perhiasan
Freepik/Luis_molinero

Bagi sebagian besar perempuan, perhiasan adalah benda yang sangat spesial. Tidak hanya sebagai aksesori untuk mempercantik penampilan saja tapi juga sebagai sebuah investasi masa depan. Tak heran jika perhiasan memiliki nilai tersendiri bagi kaum perempuan.

Perhiasan memiliki ragam jenisnya. Ada yang terbuat dari perak, emas, batu permata, dan mutiara. Masing-masing memiliki keindahannya tersendiri.

Di balik indah dan kemilaunya perhiasan, ternyata banyak yang belum sadar bagaimana cara merawatnya. Perawatan pada perhiasan sangat perlu jika ingin mempertahankan kelimaunya.

Tanpa sadar perhiasan menjadi kotor karena minyak yang menempel, sisa sabun yang tertinggal, atau pun paparan debu yang akhirnya membentuk noda-noda halus pada perhiasan.

Ya, jadi perhiasan harus rajin dirawat agar tidak hilang kemilauannya. Tetapi, masing-masing jenis punya kekhususan dalam cara membersihakan perhiasan.

Popmama.com akan memberitahukan bagaimana cara membersihkan perhiasan sesuai dengan ragam jenisnya.

Cara Membersihkan Perhiasan Perak

Cara Membersihkan Perhiasan Perak
Freepik/freepic.diller

Tak perlu Mama pergi ke toko perhiasan untuk membersihkan perhiasan. Kini membersihkan perhiasan bisa dilakukan sendiri di rumah. Apalagi saat masa karantina seperti ini. Nah, berikut ini DIY membersihkan perhiasan perak yang bisa dilakukan di rumah.

1. Menggunakan sabun cuci piring

Buat cairan dari campuran beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat. Basahi kain yang memiliki permukaan halus ke dalam cairan. Gosok dengan lembut ke perhiasan perak. Bilas dengan air biasa dan keringkan dengan kain lembut yang kering.

2. Buat pasta dari baking soda

Campur baking soda dan air dengan perbandingan 3:1. Tiga bagian baking soda dan satu bagian air. Oleskan perhiasan perak dengan pasta baking soda dan usap menggunakan kain halus. Kemudian bilas dan keringkan.

3. Menggunakan pasta gigi

Sama halnya dengan menggunakan pasta baking soda. Membersihkan perhiasan perak dengan pasta gigi cukup dengan mengoleskannya ke perhiasan. Bisa menggunakan jari atau kain halus ke permukaan perhiasan. Lalu bersihkan dengan air dan keringkan dengan kain halus.

Cara Membersihkan Perhiasan Emas

Cara Membersihkan Perhiasan Emas
dhgate.com

Cara membersihkan perhiasan emas juga mudah dilakukan. Mama bisa membersihkannya di rumah juga lho.

Gunakan beberapa tetes sabun piring ke air hangat. Jika perhiasan yang akan dibersihkan kecil, masukkan ke kain saring terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam cairan pembersih. Rendam selama 5 menit.

Setelah itu teriskan dan letakkan di atas kain halus. Sikat dengan sikat gigi berbulu halus.

Kemudian bilas dengan air dan usap dengan lap kering untuk mengkilapkannya.

Editors' Picks

Cara Membersihkan Perhiasan Permata

Cara Membersihkan Perhiasan Permata
pixabay.com/Printeboek

Instruksi pembersihannya hampir sama dengan perhiasan emas. Akan tetapi daripada memakai air biasa lebih baik pakai seltzer water. 

Seltzer water adalah air yang dikarbonasi dengan CO2. Seltzer water membantu menghilangkan tanah atau kotoran yang menempel di celah-celah dan permukaan permata.

Sikat batu permata dengan sikat gigi halus dan celup ke air bersih untuk dibilas. Angkat dan lap secara lembut hingga kering agar batu permata kembali mengkilap.

Cara membersihkan perhiasan dari permata ini juga tidak sulit dilakukan di rumah, bukan?

Cara Membersihkan Perhiasan Mutiara

Cara Membersihkan Perhiasan Mutiara
Freepik/stockvault

Perhiasan yang satu ini mudah sekali keropos. Hal itu menyebabkan mutiara kehilangan kilaunya. Jadi cara membersihkan perhiasan mutiara perlu kehati-hatian.

Perlu diperhatikan, jangan merendam mutiara karena akan menyebabkan lapisan mengelupas dan hancur.

Untuk membersihkannya, letakkan mutiara di atas kain halus. Beri sedikit sampo pada kuas kecil untuk makeup. Kemudian usap permukaan mutiara.

Untuk membilasnya, bilas mutiara dengan kain halus yang lembab dan bersih. Biarkan mutiara mengering.

Cukup mudah dilakukan di rumah kan, Ma? Oh iya, ada tips juga lho untuk merawat perhiasan agar tetap dalam kondisi bagus.

Tips Merawat Perhiasan

  1. Lepas cincin atau gelang saat hendak mencuci tangan, mencuci piring, membersihkan rumah, memakai lotion, atau mengoleskan produk kecantikan.
  2. Jangan gukanan perhiasan saat berenang karena kandungan kaporit dan garam akan merusak lapisan perhiasan.
  3. Lap mutiara sesaat setelah menggunakannya untuk menghilangkan minyak tubuh yang menempel pada mutiara.
  4. Jangan biarkan perhiasan perak tersimpan lama di dalam kotaknya.
  5. Lakukan pengecekan nilai perhiasan Mama ke toko perhiasan profesional untuk memastikan perhiasan masih memiliki nilai yang bagus.

Itu dia cara membersihkan perhiasan dan beberapa tips untuk merawatnya. Jangan lupa cek perhiasan di rumah dan lakukan perawatan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.