7 Scrub Homemade Alami yang Dapat Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Scrub alami ini dapat membantu Mama mengatasi kondisi kulit wajah dengan minyak berlebih

29 Agustus 2020

7 Scrub Homemade Alami Dapat Mengatasi Kulit Wajah Berminyak
Freepik/Maksymiv_yura

Merawat kulit wajah yang berminyak memang susah-susah gampang. Jika salah memakai produk atau cara merawatnya, yang ada wajah Mama bisa semakin berminyak atau terlalu kering.

Scrubbing, terbilang cocok untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak karena menghilangkan sel-sel mati dari permukaan kulit sehingga pori-pori terbuka dan membantu kulit untuk bernapas.

Jika jenis kulit wajah Mama berminyak maka harus melakukan eksfoliasi (pelepasan lapisan luar kulit) dan scrubbing wajah setidaknya 2-3 kali seminggu untuk mencegah penumpukan minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Sebab itu, kamu bisa mencoba 7 scrub dari bahan alami yang akan Popmama.com uraikan di bawah ini.

1. Tomat memiliki sifat astringent yang dapat mengurangi minyak berlebih

1. Tomat memiliki sifat astringent dapat mengurangi minyak berlebih
Freepik/Taira

Mama bisa membuat scrub alami untuk kulit wajah berminyak dari buah tomat. Buah ini memiliki sifat astringent yang dapat mengurangi minyak berlebih, membersihkan kulit, dan juga mengecilkan pori-pori.

Perawatan ini akan membuat kulit wajah Mama kencang, lebih cerah, dan minyak berkurang.

Untuk membuat scrub ini, siapkan tomat 1 buah yang berukuran kecil. Belah dan ambil isinya, lalu tambahkan 1-2 sendok makan gula pasir dan aduk rata. Setelah itu, gosokkan campuran tersebut pada wajah dan leher. Kemudian, bilas dengan air.

Mama bisa mengulangi perawatan ini 2 kali seminggu. Jika kulit Mama termasuk sensitif, dapat menambahkan madu ke dalam campuran tersebut.

2. Pepaya mengandung enzim yang dapat mengelupas kulit serta mengecilkan pori-pori

2. Pepaya mengandung enzim dapat mengelupas kulit serta mengecilkan pori-pori
Freepik/Mrsiraphol

Pepaya merupakan scrub alami untuk kulit wajah berminyak yang benar-benar surgawi, terutama bagi pemilik jenis kulit berminyak. Kandungan enzimnya dapat mengelupas kulit yang hasilnya sama baik dengan perawatan kimiawi di klinik.

Untuk melakukan perawatan yang juga berfungsi mengecilkan pori-pori ini, Mama dapat menyediakan sepotong pepaya yang telah dilembutkan. Kemudian, campur dengan beberapa tetes jus lemon. Setelah itu, oleskan campuran pada wajah dan leher.

Pastikan Mama memijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Mama bisa mengulanginya 1-2 kali seminggu. Ingat, jangan gunakan scrub ini jika Mama alergi pepaya.

Editors' Picks

3. Mentimun scrub paling sederhana yang menghilangkan minyak berlebih

3. Mentimun scrub paling sederhana menghilangkan minyak berlebih
Freepik/8photo

Scrub alami untuk kulit wajah berminyak yang paling sederhana adalah mentimun. Berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih dari kulit karena merupakan astringent ringan. Mentimun juga mengecilkan pori-pori, masalah umum pada kulit berminyak.

Dengan penggunaan teratur, Mama akan melihat kulit wajah menjadi bersih dan bebas minyak.

Jika ingin menggunakannya, Mama harus menyiapkan setengah mentimun yang telah diparut atau ditumbuk. Oleskan pada wajah, lalu pijat dengan gerakan melingkar ke atas selama 3-5 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin dan ulangi 2 kali seminggu.

Pastikan wajah sudah dicuci sebelum menggunakan scrub ini dan gunakan pelembab bebas minyak usai pemakaian scrub.

4. Kulit jeruk memiliki senyawa yang mengendalikan minyak dan mencerahkan kulit

4. Kulit jeruk memiliki senyawa mengendalikan minyak mencerahkan kulit
Jannoon028 / Freepik

Kulit jeruk memiliki senyawa yang dapat mengendalikan minyak, mencerahkan warna kulit, dan meratakan warna kulit Mama. Proses pengelupasannya juga cocok untuk jenis kulit sensitif.

Sebelum mengaplikasikan scrub alami untuk kulit wajah berminyak, siapkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk yang dicampur dengan sejumput kunyit. Kemudian, tambahkan Madu dan aduk hingga menghasilkan pasta berbentuk butiran.

Setelah itu, gosokkan pasta tersebut pada wajah dan leher selama 3-4 menit. Lalu, bilas wajah dengan air. Lakukan perawatan ini 2 kali seminggu.

5. Kopi mengandung kafein yang meningkatkan sirkulasi darah untuk wajah bersinar

5. Kopi mengandung kafein meningkatkan sirkulasi darah wajah bersinar
Freepik

Kandungan kafein yang terdapat pada salah satu scrub alami untuk kulit wajah berminyak ini bisa membuat kulit wajah bersinar secara alami. Itu karena kafein berfungsi meningkatkan sirkulasi darah di bawah kulit

Ditambah, kopi kaya akan antioksidan dan bubuk kasarnya membantu kulit mengelupas secara efektif.

Mama hanya perlu menyiapkan 1 sendok makan bubuk kopi (dari biji yang digiling halus) dan mencampurnya dengan 1 sendok makan yogurt. Gosok campuran tersebut pada wajah dengan lembut selama 1-2 menit. Diamkan selama sekitar 5 menit, lalu bilas dengan air.

Perawatan ini dapat dilakukan 1-2 kali seminggu. Mama juga bisa mengganti yogurt dengan madu untuk membuat scrub ini jika memiliki alergi terhadap produk susu.

6. Oatmeal bersifat antiinflamasi yang dapat menenangkan kulit

6. Oatmeal bersifat antiinflamasi dapat menenangkan kulit
Freepik/Luis-molinero

Contoh scrub alami untuk kulit wajah berminyak lainnya adalah oatmeal. Makanan ini mengandung senyawa antiinflamasi dan saponin yang bisa menenangkan dan membersihkan kulit.

Scrub oatmeal biasanya dicampur dengan yogurt dan madu yang juga memiliki kandungan tak kalah baik. Yogurt dapat membersihkan kulit dan mengurangi produksi sebum ekstra. Sementara madu, akan membuat kulit tetap lembab dan terhidrasi.

Proses pembuatannya membutuhkan 1 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan madu yang dicampur menjadi satu.

Kemudian, Mama bisa mengoleskannya pada area wajah dan leher. Sebelumnya, basahi jari dulu baru gosok dengan gerakan memutar selama 3-4 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih. Lakukan perawatan 1-2 kali dalam seminggu.

Setelah menggunakan scrub ini secara teratur, Mama akan melihat kilau pada wajah dan sebagian besar minyak berlebih akan berkurang.

Perlu diingat, Mama bisa mengganti yogurt dengan air mawar jika alergi terhadap produk susu.

7. Beras merupakan eksfolian lembut yang bantu mengangkat sel-sel mati pada kulit

7. Beras merupakan eksfolian lembut bantu mengangkat sel-sel mati kulit
pexels.com

Beras termasuk scrub alami untuk kulit wajah berminyak karena merupakan eksfolian lembut yang membantu mengangkat sel-sel mati penyumbat pori-pori kulit.

Scrub beras memiliki campuran soda kue yang juga merupakan pengelupas kulit dan membantu menurunkan produksi sebum berlebih.

Untuk mengaplikasikannya, Mama harus menyiapkan 1 sendok makan tepung beras, sedikit soda kue, dan 1 sendok teh madu yang dicampur menjadi satu. Setelah itu, oleskan dan gosok perlahan pada wajah dan leher selama 2-3 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.

Mama bisa mengulangi proses tersebut 1-2 kali dalam seminggu.

Bagaimana, Ma? Selain bahannya yang aman dan mudah didapat, kulit Mama juga akan bebas minyak seiring berjalannya waktu.

Bacajuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.