IMS 2020: Iman Usman Ungkap Manfaat Aplikasi Belajar Online

Teknologi dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lebih berguna termasuk bidang pendidikan.

18 Januari 2020

IMS 2020 Iman Usman Ungkap Manfaat Aplikasi Belajar Online
Dok. IDN Times

Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan sudah bukan hal yang asing lagi saat ini. Perlahan tapi pasti, pemerintah dan sekolah-sekolah sudah mulai menerapkan cara belajar dengan akses yang lebih mudah.

Jika pendidikan dikenal sebagai suatu hal yang formal dan kaku, dengan adanya teknologi menjadi suatu hal yang memungkinkan jika pendidikan akan lebih santai namun tetap mengedepankan mutu.

Hal ini menjadi salah satu pembahasan oleh Iman Usman sebagai CO-Founder dari Ruanggurru. 

Saat ditemui di acara Indonesia Millennial Summit 2020, Iman Usman mengungkapkan bagaimana cara teknologi membuat anak lebih menyukai belajar, salah satunya dengan aplikasi belajar online.

Lalu apa saja sebenarnya manfaat dari aplikasi belajar online dalam sistem pendidikan? Berikut Popmama.com telah merangkum pembahasannya.

Editors' Picks

Metode Pembelajaran Baru Membuat Anak Lebih Mudah Menangkap Pelajaran

Metode Pembelajaran Baru Membuat Anak Lebih Mudah Menangkap Pelajaran
Dok. IDN Times

Menurut Iman Usman, dengan metode pembelajaran baru serta adanya bentuk visual, anak-anak akan lebih mudah menangkap pembelajaran dengan cara menontonnya.

Jika biasanya anak-anak dikenalkan pada proses pembelajaran yang mengharuskan bertatap muka dengan guru, dengan adanya teknologi, anak akan mengenal metode pembelajaran baru.

Hal ini karena anak memiliki kendalinya sendiri untuk menentukan pelajaran apa yang belum ia pahami. Sehingga anak bisa mengulangnya atau melanjutkan ke pembahasan yang lain.

Pembelajaran dengan cara ini juga perlu didukung oleh visual yang menarik agar anak tidak mudah bosan dengan pembahasan tersebut. Selain tenaga pendidik yang terpercaya, teknologi juga ambil peran sebagai penunjang.

Teknologi ini dapat membuat anak mengenal sendiri apa yang mereka sukai. Mulai dari cara belajar, mengerjakan soal atau fitur-fitur yang ditampilkan dari aplikasi belajar sehingga dapat memudahkan anak mengakses informasi.

Anak dapat Memilih Cara Belajar yang Mereka Suka dan Bisa Berinteraksi Langsung dengan Guru

Anak dapat Memilih Cara Belajar Mereka Suka Bisa Berinteraksi Langsung Guru
Dok. IDN Times

Jika pada cara belajar formal anak-anak cenderung akan mengikuti segala sesuatu yang diberikan dari sekolah termasuk guru yang akan mengajar.

Dengan adanya teknologi di bidang pendidikan seperti aplikasi belajar online, anak bisa menentukan kriteria guru seperti apa yang mereka suka serta cara mengajar seperti apa yang lebih mereka pahami. Hal ini tentunya memudahkan anak untuk menerima pelajaran karena sesuai keinginan mereka sendiri.

Selain itu dengan adanya teknologi di bidang pendidikan akan memudahkan komunikasi antara anak dan guru serta orangtua.

Hal ini menjadi keuntungan sendiri bagi orangtua karena dapat melihat langsung hasil belajar anak. Interaksi secara langsung seperti ini tentunya sangat sulit dilakukan pada proses belajar formal di sekolah.

Itulah manfaat dari teknologi yang dimanfaatkan untuk dunia pendidikan menurut Iman Usman. Sebenarnya baik atau tidaknya teknologi tergantung dari seseorang itu sendiri seperti apa menggunakannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.