TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Alasan Kenapa Harus Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan!

Ini alasan kenapa kamu harus lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin!

24 Juni 2022

5 Alasan Kenapa Harus Rutin Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
unsplash.com/impulsq

Meskipun kamu sudah olahraga, melakukan diet seimbang, dan menerapkan gaya hidup yang sehat, bukan berarti kamu mengabaikan check up kesehatan secara rutin. Tentu melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala sangatlah penting.

Mengapa? Sebab pemeriksaan ini dapat membantu kamu terhindar dari berbagai macam penyakit menular. Karena itu, perlu dilakukan sejak dini agar mengetahui bagaimana kondisi kesehatan kamu.

Lebih lanjut, ada lima alasan kenapa kamu harus rutin melakukan check up kesehatan. Simak selengkapnya yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Pemeriksaan kesehatan dapat terhindar serta mengurangi dari risiko penyakit

1. Pemeriksaan kesehatan dapat terhindar serta mengurangi dari risiko penyakit
unsplash.com/@anikolleshi

Pemeriksaan kesehatan meliputi sejumlah kesehatan fisik dan juga mental. Hal itu dikenal sebagai pemeriksaan seluruh tubuh. Dan pemeriksaan ini akan dimulai dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, ini akan menghindari serta mengurangi dari risiko penyakit.

Editors' Picks

2. Pemeriksaan kesehatan rutin dapat membantu mengidentifikasi penyakit stres

2. Pemeriksaan kesehatan rutin dapat membantu mengidentifikasi penyakit stres
unsplash.com/mufidpwt

Alasan kedua bila melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, ini akan membantu mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan stres. Ada banyak kasus orang yang mengalami masalah pada kesehatan mentalnya, sehingga berdampak pada depresi.

Dengan melakukan pemeriksaan, dokter akan mendiagnosis masalah tersebut, serta mendapatkan perawatan yang dibutuhkan pasien.

3. Pemeriksaan kesehatan dapat membantu mengidentifikasi hasil tes darah

3. Pemeriksaan kesehatan dapat membantu mengidentifikasi hasil tes darah
unsplash.com/@nci

Kebanyakan orang mengetahui gejala penyakit umum seperti pilek dan demam. Biasanya penyakit ini memiliki gejala fisik. Meski demikian, jika dibiarkan tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan kamu.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, ini akan membantu mengidentifikasi hasil tes darah. Tes darah ini juga dapat membantu menyaring berbagai penyakit potensial.

4. Pemeriksaan kesehatan dapat membuat individu sadar akan kesehatannya

4. Pemeriksaan kesehatan dapat membuat individu sadar akan kesehatannya
unsplash.com/@cdc

Banyak orang yang mengabaikan kondisi kesehatan mereka. Bahkan mereka menganggap, selagi punya tenaga dan usia masih muda, mereka akan sehat-sehat saja. Padahal itu salah, banyak orang yang mulai mengalami masalah kesehatan dari usia muda.

Maka dari itu, melakukan pemeriksaan kesehatan dapat membuat seseorang sadar betapa kesehatan sangatlah penting, serta peduli dengan yang namanya gaya hidup sehat.

5. Pemeriksaan kesehatan dapat mengurangi biaya perawatan kesehatan dari waktu ke waktu

5. Pemeriksaan kesehatan dapat mengurangi biaya perawatan kesehatan dari waktu ke waktu
Dok. Guardian

Seperti yang disebutkan, melakukan pemeriksaan kesehatan dapat mencegah dari berbagai risiko penyakit di tahap awal. Dan pada gilirannya, ini akan mengurangi penyakit lebih lanjut yang memakan biaya tinggi.

Melakukan pemeriksaan juga membantu memastikan bahwa kondisi seseorang sehat, dan mengurangi kemungkinan dirawat di rumah sakit.

Saat ini, pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Secara mudah kamu bisa menemukan di berbagai apotek besar yang menyediakan pelayanan pemeriksaan kesehatan standar seperti tes gula darah, kolesterol, dan asam urat. Salah satu penyedia layanan kesehatan ini adalah Guardian.

Beberapa waktu lalu, Guardian melakukan sebuah kampaye yang memecahkan rekor MURI dengan gerakan 'Pilihan Cerdas Untuk Sehat'. Tercatat puluhan orang melakukan cek kesehatan gratis. Sebanyak 28.725 melakukan cek kesehatan gratis untuk 7.725 peserta selama 5 hari pada periode 1 – 5 Juni 2022.

Naresh Kalani, Director of Guardian Indonesia pada Selasa (7/6) di Mall Kota Kasablanka, Jakarta menerima penghargaan ini langsung dari MURI. Menurut Naresh, kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah yaitu Germas dan Cerdik, melalui kampanye Pilihan Cerdas untuk Sehat yang menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis, konsultasi dengan pakar kesehatan, dan berbagai promo produk kesehatan agar masyarakat semakin mudah memenuhi kebutuhan kesehatan mereka.

Kampanye Pilihan Cerdas Untuk Sehat ini berlangsung secara serempak pada 1 – 7 Juni di Guardian berlisensi apotek di Jabodetabek, IKEA Jakarta Garden City, Guardian Mobile Van Health Check, serta 6 – 12 Juni 2022 lalu di health exhibition Guardian di Mall Kota Kasablanka. Kegiatan cek kesehatan gratis sebagai rangkaian dari kampanye Pilihan Cerdas untuk Sehat merupakan wujud komitmen dan dukungan Guardian Indonesia terhadap peningkatan kesehatan masyarakat. 

Sondang Simamora, Pharmacist Manager Guardian Indonesia menambahkan bahwa gaya hidup yang tidak sehat menjadi faktor terbesar risiko penyakit tidak menular seperti diabetes, asam urat, dan kolesterol tinggi.

"Untuk menghindarinya, masyarakat disarankan untuk olahraga teratur, istirahat cukup, dan mengonsumsi makanan minuman bergizi, didukung dengan suplemen atau vitamin sesuai kebutuhan," kata Sondang. 

Nah Ma, jika kamu ketinggalan melakukan program gratis ini, kamu bisa langsung mengunjungi store Guardian terdekat untuk melakukan cek kesehatan. Meski sudah tak lagi gratis, cek kesehatan ini lebih murah dan praktis lho. 

Demikian lima alasan kenapa harus melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Nah Mama dan Papa sudah rutin cek kesehatan secara berkala belum?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk