5 Kesalahan yang Buat Gigi Jadi Kuning, Salah Satunya Merokok

Jangan lakukan lima hal ini bila ingin gigi bersih!

27 Juni 2022

5 Kesalahan Buat Gigi Jadi Kuning, Salah Satu Merokok
unsplash.com/@enisyavuz

Agar senyum tampak lebih cerah, apalagi saat menampakkan gigi, menjaga kebersihan gigi sangatlah penting. Dengan menggosok gigi secara teratur, itu memang sudah cukup.

Tapi, ada hal yang penting agar senyum semakin cerah dengan napas segar. Salah satunya berkumur dengan obat kumur khusus.

Tidak dipungkiri, masalah kesehatan gigi sering dialami oleh sebagian orang. Mulai dari infeksi, gigi bolong, hingga penumpukkan bakteri. Tentu jika dibiarkan, ini akan berdampak bahaya bagi kesehatan gigi ke depannya.

Ada lima kesalahan yang tidak boleh dilakukan agar kesehatan gigi tetap terjaga. Berikut Popmama.com rangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Jangan menyikat gigi terlalu keras

1. Jangan menyikat gigi terlalu keras
unsplash.com/@diana_pole

Meskipun penting menyikat gigi setiap hari, itu bisa beresiko merusak lapisan atas dan enamel gigi bila menyikatnya terlalu keras.

Menyikat gigi terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan gigi dan gusi. Tidak hanya itu, masalah lainnya juga menyebabkan gigi sensitif.

Maka dari itu, selama dua menit setiap hari, kamu perlu menyikat gigi secara menyeluruh dan lembut. Dan hindari juga penggunaan pasta gigi yang salah, menyikat gigi dua kali sehari, serta menykat gigi setelag makan.

Editors' Picks

2. Ganti sikat gigi yang lebih berkualitas

2. Ganti sikat gigi lebih berkualitas
unsplash.com/@marcosramirez_x

Untuk memastikan perawatan gigi yang tepat, belilah sikat gigi berkualitas baik dan ganti setiap 2-3 bulan. Kebanyakan orang justru melewatkan langkah ini, yang menyebabkan masalah gigi menjadi bahaya.

Jangan hanya menjaga kesehatan gigi saja, tapi kebersihan sikat gigi juga penting. Selain itu, flossing gigi secara teratur dapat membantu mencegah gigi menguning, melindungi email gigi, dan menghilangkan noda gigi.

3. Konsumsi gula yang berlebihan

3. Konsumsi gula berlebihan
unsplash.com/@myriamzilles

Kebersihan gigi yang buruk juga disebabkan karena kelebhan gula dan makanan yang menempel pada gigi, apalagi bila waktunya terlalu lama. Bahkan, makanan manis yang dikonsumsi dapat menyebabkan bakteri dalam plak menghasilkan lebih banyak asam.

Tentu masalah ini bisa menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang dalam jangka waktu yang panjang. Faktanya, berkumur pun tidak cukup untuk menghilangkan gula. Maka dari itu, hindari konsumsi gula yang berlebihan ya.

4. Melewatkan waktu untuk menyikat lidah

4. Melewatkan waktu menyikat lidah
unsplash.com/@longlivehaas

Saat menyikat gigi, terkadang banyak orang yang mengabaikan soal kebersihan lidah. Padahal, lidah yang tidak bersih menyebabkan terjadinya bau mulut dan penyakit mulut.

Dengan menggosok lidah secara teratur, ini menghilangkan bakteri, sisa makanan, sel-sel mati, dan penyebab bau seperti jamur, racun, dan bakteri.

Hasilnya tentu dapat meningkatkan indera perasa, membantu pencernaan, serta mencegah bau mulut.

5. Merokok

5. Merokok
unsplash.com/@johnmcclane

Banyak orang tidak sadar kalau merokok dapat berdampak negatif bagi kesehatan gigi mereka.

Selain melemahkan sistem kekebalan tubuh, merokok juga dapat menyebabkan perkembangan penyakit gusi. Bahkan bisa menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, serta peradangan kelenjar ludah.

Berikut lima kesalahan yang patut dihindari agar kesehatan gigi tetap terjaga. Kamu sudah menjaga kesehatan gigi kamu belum?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk