TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Manfaat Menjadi Seorang Vegan, Bisa Kurangi Nyeri Haid Payudara

Ini keuntungan menjadi seorang yang diet vegan!

20 Juni 2022

6 Manfaat Menjadi Seorang Vegan, Bisa Kurangi Nyeri Haid Payudara
pixabay.com

Memang semua sumber makanan memiliki manfaatnya masing-masing. Tapi bagi seorang yang menjalani diet vegan, mereka memilih untuk membatasi atau mengurangi beberapa makanan, seperti halnya karbohidrat dan daging.

Tidak dipungkiri, sebagian orang banyak yang mengikuti diet gaya hidup yang satu ini. Di mana mereka tidak lepas dari yang namanya sayur-sayuran demi meningkatkan kebugaran mereka.

Tapi, apa manfaatnya menjadi seorang vegan? Berikut enam manfaatnya yang Popmama.com rangkum dari beberapa sumber.

1. Bisa meningkatkan kualitas protein selain hewani

1. Bisa meningkatkan kualitas protein selain hewani
Freepik/senivpetro

Ada yang bilang bahwa seseorang tidak bisa lepas dari protein hewani. Padahal sebenarnya salah. Ada banyak protein yang bisa meningkatkan kesehatan seseorang, salah satunya mulai dair sayuran brokoli, kedelai, kacang-kacangan, biji-bijian, lentil, kacang polong, beras merah, dan roti gandum rendah kalori.

Berbeda dengan mengonsumsi protein nabati, hanya saja protein vegan justru hasilnya sama dengan makanan hewani. Jadi, menjadi vegan sama-sama bisa meningkatkan kualitas protein.

2. Memiliki nutrisi yang penting

2. Memiliki nutrisi penting
Freepik/KamranAydinov

Menjadi seorang vegan tentu tidak lepas dari yang namanya nutrisi dari sayur maupun buah-buahan. Sayuran hijau dan berbagai macam buah merupakan suplemen yang baik untuk kebutuhan nutrisi harian.

Dengan mempertimbangkan dan merencanakan pola makan vegan yang sehat, kamu bisa mendapatkan semua nutrisi dari makanan utuh, yang dibutuhkan tubuh agar sehat dan bugar tanpa suplemen apapun.

Editors' Picks

3. Baik untuk kesehatan mental

3. Baik kesehatan mental
Freepik/jcomp

Menjadi vegan tidak selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan. Tapi, ini adalah jalan yang baik untuk kesehatan mental seseorang.

Dengan mengonsumsi makanan fermentasi dan sayuran hijau, ini dapat menurunkan tingkat kortisol stres dalam darah, di mana ini berhubungan dengan kecemasna dan depresi.

Semakin banyak kortisol yang kamu miliki, semakin besar resikonya terkena berbagai kondisi atau masalah kesehatan mental.

4. Mengurangi peradangan nyeri haid di payudara

4. Mengurangi peradangan nyeri haid payudara
Freepik/freepic.diller

Sekitar 80 persen perempuan di seluruh dunia mengalami nyeri haid, di mana sepuluh persen dari perempuan tersebut juga mengalami rasa nyeri yang begitu parah.

Studi menunjukkan, veganisme dapat mengurangi peradangan pada tubuh perempuan. Hal itu dikarenakan mengandung tingkat antioksidan dan kimia tanaman yang sehat. Karena itu, diet vegan justru dapat mengurangi peradangan nyeri haid payudara.

5. Meningkatkan kualitas tidur

5. Meningkatkan kualitas tidur
Freepik/boryanam

Untuk meningkatkan kualitas tidur, seseorang perlu tidur selama delapan jam setiap malamnya.

Dengan begitu, menjadi seorang vegan justru dapat meningkatkan kualtas tidur, karena pola makan nabati dapat meningkatkan kadar serotonin dan melatonin yang menyebabkan tidur nyenyak.

Selain itu, banyak masalah yang terjadi pada orang yang sulit tidur. Salah satunya insomnia, masalah hormon, dan juga penambahan berat badan. Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kualitas tidur.

6. Dapat menghilangkan bau badan

6. Dapat menghilangkan bau badan
massagemag.com

Bau badan tentu membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dalam berpenampilan. Hal itu akan menimbulkan kesan yang buruk di mata orang, karena tidak bisa menjaga badannya.

Nah, solusi ini bisa didapatkan bila menjalani diet vegan. Karena, gaya hidup sehat yang satu ini justru dapat menghilangkan bau badan. Sebuah penelitian menunjukkan, vegan bisa menghilangkan semua jenis daging yang dapat meningkatkan bau badan, salah satunya ketiak. Jadi lebih baik, pertimbangkan dan rencanakan pola makan vegan dari sekarang.

Berikut enam keuntungan menjadi seorang vegan. Semoga informasi ini bermanfaat, dan mulai menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan vegan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk