5 Manfaat Olahraga Tinju yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat olahraga tinju yang jarang diketahui

13 Juni 2022

5 Manfaat Olahraga Tinju Perlu Kamu Ketahui
pexels.com

Olahraga tinju memiliki sejarah yang cukup panjang. Tinju merupakan olahraga pertarungan yang telah dilakukan sejak sebelum zaman Yunani Kuno dan Olimpiade. Olahraga ini memiliki teknik seni menyerang, serta pengkondisian fisik secara umum.

Olahraga yang satu ini lebih diminati oleh kaum pria. Sebab, ini termasuk sebagai salah satu olahraga keras dan membutuhkan lebih banyak tenaga. Tapi, bukan berarti wanita tidak boleh melakukan olahraga ini. Tentu boleh-boleh saja selama itu bermanfaat untuk kesehatan fisik.

Nah, mengenai manfaat kesehatan fisik, Popmama.com merangkum manfaat olahraga tinju yang perlu kamu ketahui. Simak ya!

1. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

1. Dapat meningkatkan kesehatan jantung
pexels.com

Petinju harus memiliki kemampuan untuk sering melakukan aktivitas intensitas tinggi selama sesi latihan. Olahraga ini merupakan bentuk latihan interval intensitas tinggi, sehingga dapat mendorong tubuh untuk mempertahankan aktivitas yang intens.

Sebagaimana yang dilansir dari laman Healthline, latihan interval lewat sesi tinju telah dikaitkan dengan penurunan resiko penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Editors' Picks

2. Membantu menurunkan berat badan

2. Membantu menurunkan berat badan
pexels.com

3. Membantu menurunkan berat badan

3. Membantu menurunkan berat badan
pexels.com

Olahraga tinju terbukti mengurangi lemak tubuh, serta meningkatkan komposisi tubuh secara keseluruhan. Orang dengan berat 150 pon (68 kg) dapat membakar 390-558 kalori bila melakukan latihan tinju selama 60 menit. Tentunya, ini dapat membakar kalori sekaligus menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan kekuatan seluruh tubuh

4. Meningkatkan kekuatan seluruh tubuh
pexels.com

Kebanyakan orang berpikir bahwa kekuatan meninju hanya sebatas dari kekuatan bahu. Padahal, tindakan ini perlu melibatkan seluruh tubuh. Pukulan yang baik dengan melibatkan anggota tubuh bagian bawah, dapat mendorong seluruh tubuh untuk memberikan kekuatan lewat serangan. Selain itu, bagian tungkai bawah dan otot inti, merupakan bagian penting dari gerakan meninju.

5. Meningkatkan keseimbangan

5. Meningkatkan keseimbangan
pexels.com

Olahraga tinju merupakan aktivitas yang padat gerakan. Tentu ini melibatkan gerak kaki, mengembangkan strategi gerakan, serta kekuatan otot. Dengan begitu, tinju dapat meningkatkan keseimbangan. Sebuah penelitian menemukan, program tinju telah dikaitkan dengan meningkatkan keseimbangan bagi orang yang pulih dari stroke.

Berikut lima manfaat dari olahraga tinju, bagaimana Pa, mau coba olahraga yang satu ini?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk