TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Museum MACAN Buka Pameran Terbesar dari Perupa Jepang Ternama

Museum MACAN bakal buka pameran terbesar dari perupa Jepang ternama, Chiharu Shiota

25 November 2022

Museum MACAN Buka Pameran Terbesar dari Perupa Jepang Ternama
Popmama.com/Aflaha Rizal Bahtiar

Museum MACAN dengan bangga mempersembahkan pameran tunggal pertama dari Chiharu Shiota di Indonesia, yang mulai dibuka pada 26 November sampai 30 April 2023.

Pameran terbesar dari perupa Jepang ternama ini berjudul The Soul Trembles, yang merupakan tur pameran global yang dimulai dari Mori Art Museum (Jepang), serta telah berkelilng ke Busan Museum of Art (Korea Selatan), Taipei Fine Arts Museum (Taiwan), Long Museum (Shangai, Tiongkok), dan Queensland Art Gallery/Gallery of Modern Art (Brisbane, Australia).

Penasaran dengan pameran terbesar dari perupa Jepang ini? Simak selengkapnya yang Popmama.com rangkum di bawah ini.

1. Pameran terbesar ini mencakup sejumlah karya ikonis dari Chiharu Shiota

1. Pameran terbesar ini mencakup sejumlah karya ikonis dari Chiharu Shiota
Museum MACAN

Pameran ini mengambil alih seluruh area di museum, di antaranya mencakup sejumlah karya ikonis dari Chiharu Shiota. Karya tersebut dikurasi oleh Direktur Mori Art Museum Tokyo, Mami Kataoka.

The Soul Trembles ini menampilkan ratusan karya dari hampir 30 tahun praktik sang perupa sejak tahun 1990-an, yang menggabungkan instalasi berskala besar, video perfomans, fotografi, dan desain panggung.

2. The Soul Trembles mengambil karya dari pengalaman personal perupa

2. The Soul Trembles mengambil karya dari pengalaman personal perupa
Museum MACAN

Chiharu Shiota yang lahir di Jepang pada tahun 1972 ini menampilkan karya yang berangkat dari pengalaman personal dirinya. Karya tersebut mengeksplorasi gagasan dari identitas sosial dan budaya, seperti etnisitas, kewarganegaraan, agama, serta tema-tema yang paling universial, yaitu dinding, jendela, batas-batas, kekosongan, dan eksistensi.

Karya Chiharu Shiota memberikan bentuk pada kesadaran manusia dan pengalaman non-fisiik, seperti ingatan, pemikiran, ketakutan, mimpi, dan keheningan.

“Ini adalah pameran tunggal pertama saya di Indonesia. Saya ingin terhubung dengan orang-orang di Jakarta dan membawa mereka merasakan sesuatu yang berbeda dari kehidupan sehari-hari. Saya rasa seni adalah bagian penting dari hidup kita, dan saya akan merasa tersanjung jika Anda dapat melihat karya-karya saya selama 30 tahun ini,” ungkapnya dari keterangan yang diterima oleh Popmama.com, Kamis (24/11/2022).

3. Karya Chiharu Shiota juga dikenal dengan seri instalasi megah

3. Karya Chiharu Shiota juga dikenal seri instalasi megah
Museum MACAN

Karya Chiharu Shiota ini juga dikenal dengan seri instalasi megah, yang terbuat dari benang berwarna merah dan hitam yang membentang ke segala penjuru ruangan.

Pengunjung akan menjumpai objek-objek metaforis dan sugestif, seperti tempat tidur di mana sang perupa menghadirkan celah yang sempit antara mimpi dan realita, kehidupan dan kematian, pakaian, serta koper dan perahu yang menjadi simbol pergerakan dan ketidakpastian.

“Saya senang bisa menghaadirkan dan membagi pameran Chiharu Shiota: The Soul Trembles dengan Museum MACAN dan audiensnya, setelah pameran ini berkeliling ke sejumlah negara di kawasan Asia Pasifik. Setelah melalui sebuah pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya, banyak orang dari berbagai negara yang jiwanya sangat tersentuh lewat pameran ini. Dan saya saya yakin The Soul Trembles akan memberikan dampak yang serupa kepada pengunjung Museum MACAN,” ungkap Direktur Mori Art Museum Tokyo, Mami Kataoka.

Bagi pengunjung yang tertarik ingin melihat karya dari Shiharu Shiota, tiket dapat dipesan di https://ticket.museummacan.org/SHIOTAMACAN, atau mitra tiket di GoTix, Klook, Tiket.com, dan Traveloka.

Demikian informasi terkait pameran Shiharu Shiota di Museum MACAN. Kamu tertarik mau ke sini Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk