5 Ide Bisnis yang Dapat Dikerjakan di Rumah

Selain fleksibel, bisnis ini juga dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan

16 Desember 2019

5 Ide Bisnis Dapat Dikerjakan Rumah
Pexels/Bruce Mars

Berbisnis menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan bagi beberapa orang. Dibandingkan dengan bekerja pada perusahaan untuk orang lain, bisnis mandiri dapat dijalani sesuai keinginan dan kita yang menjadi pemimpinnya.

Mulai dari penentuan produk, target pasar, hingga strategi yang akan diambil. Selain itu, bisnis mandiri juga bisa dilakukan dengan fleksibel sesuai dengan kemampuan kita. Misalnya, dilakukan di rumah.

Seperti saat ini, banyak bisnis yang dimulai dari rumah. Memang, bisnis ini biasanya dimulai dari hal yang sederhana dan berskala kecil.

Namun, jika dilakukan dengan tekun dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

Nah, jika kamu tertarik untuk berbisnis, tetapi masih bingung dalam menentukan jenis bisnis apa yang akan dijalani. Berikut Popmama.com berikan 5 ide bisnis yang dapat dikerjakan di rumah:

1. Jasa les privat atau kursus

1. Jasa les privat atau kursus
Pexels/Pixabay

Memiliki wawasan yang luas dalam bidang pendidikan, dapat memberikan peluang kepada kamu untuk berbisnis. Dengan ini, kamu dapat menjadi penyedia jasa les secara privat.

Misalnya, dengan mengajari anak-anak SD atau SMP untuk pelajaran tertentu. Jasa les privat ini dapat kamu lakukan secara online dengan mendaftarkan diri pada start up pendidikan.

Selain itu, keahlian dalam bidang lain pun dapat memiliki peluang sumber penghasilan. Contohnya, mengadakan kursus komputer atau desain yang dapat dikerjakan di rumah.

Editors' Picks

2. Jasa laundry

2. Jasa laundry
Pexels/Daria Sannikova

Di kota-kota besar, jasa laundry ini memiliki peran penting dalam masyarakat. Orang-orang sudah memiliki kesibukan di luar rumah biasanya akan memilih jasa laundry untuk perawatan sandang mereka.

Maka, jasa laundry ini dapat kamu pilih sebagai bisnis yang dapat dilakukan di rumah. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin menjalani bisnis jenis ini.

Selain modal, kamu juga harus memiliki pengetahuan tentang bisnis laundry, memilih lokasi yang strategis serta kemampuan dalam manajemen.

3. Penulis atau desainer grafis lepas

3. Penulis atau desainer grafis lepas
Pexels/Canva Studio

Saat ini, telah banyak platform di bidang pekerjaan lepas atau freelance yang tersedia. Mulai dari penulis hingga desainer grafis.

Untuk menjadi penulis, kamu tidak perlu memiliki modal yang besar. Mulailah dari hal-hal kecil, seperti menulis artikel dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Begitu pun dengan menjadi desainer grafis, kamu bisa menyediakan jasa desain digital. Ada beragam produk yang membutuhkan jasa desainmu, seperti kaos, sampul buku, dan kemasan produk.

Bisnis ini akan cocok dijalankan jika kamu yang memiliki keterampilan serta kreativitas tinggi.

4. Reseller online shop

4. Reseller online shop
Pexels/Pixabay

Menjalani bisnis secara digital saat ini menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan karena kebanyakan orang lebih suka melakukan transaksi online. Selain karena cepat dan mudah, pasar yang dapat dijangkau pun sangat luas. Sebuah bisnis online shop dapat menjangkau beragam kota di dalam maupun luar negeri.

Salah satu bisnis online shop yang dapat dijalani oleh pemula, yaitu dengan menjadi reseller. Dengan reseller, kamu tidak perlu membutuhkan banyak modal untuk menyetok suatu produk.

Kamu dapat mendistribusikan barang dari toko orang lain dengan harga jual lebih mahal beberapa persen. Pendistribusian barang ini pun dapat dilakukan dengan promosi secara online sehingga fleksibel.

Jadi, kamu tidak akan dipusingkan dengan masalah pengemasan dan pengiriman produk. Jenis produk yang dapat dijual dengan cara reseller pun beragam, mulai dari produk fisik, produk digital, hingga produk membership.

5. Membuka toko kelontong

5. Membuka toko kelontong
Pexels/Rene Asmussen

Jika kamu memiliki modal yang cukup, jenis bisnis berupa toko kelontong ini cocok untuk dijalani. Tidak dipungkiri, toko kelontong menjadi sebuah bentuk perekonomian lokal yang paling sering dicari oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan.

Saat ini, toko kelontong dapat beralih menjadi bisnis yang berbasis digital serta modern. Kamu bisa membuat toko kelontong yang berbeda dari yang lain, yaitu dengan bergabung dengan Warung Pintar dan menjadi Mitra Tokopedia.

Dengan pemanfaatan teknologi Warung Pintar ini, kamu dapat membangun toko kelontong dengan menambah jenis penjualan. Misalnya, menyediakan produk digital, seperti pulsa serta beragam jenis pembayaran mulai dari listrik, voucher game, hingga BPJS.

Pemenuhan stok produk yang akan dijual di toko kelontong pun dapat dibeli melalui fitur Grosir sehingga pemilik tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan waktu.

Itulah 5 ide bisnis yang dapat kamu jalani di rumah. Sebaiknya, fokuskan diri dalam membangun bisnis. Tidak hanya untuk mencari keuntungan semata karena bisnis yang ditekuni dan dijalani dengan baik akan berjalan lebih lama.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.