FORTUNE® Indonesia 100 Resmi Diluncurkan

Klik bit.ly/fortuneidn untuk berlangganan

14 September 2021

FORTUNE® Indonesia 100 Resmi Diluncurkan
FORTUNE Indonesia 100 (Dok. IDN Media)

FORTUNE Indonesia 100 telah resmi diluncurkan pada 14 September 2021. Didirikan di New York pada tahun 1929, FORTUNE merupakan media bisnis terkemuka di dunia yang berfokus pada majalah, platform digital, dan konferensi. Dengan perspektif global, track record yang baik, dan visi yang besar, FORTUNE berhasil mempertahankan kualitas, akurasi, dan relevansi dari setiap informasinya.

Editors' Picks

1. Daftar 100 perusahaan terbesar di Indonesia

1. Daftar 100 perusahaan terbesar Indonesia
William Utomo, COO IDN Media dan Winston Utomo, CEO IDN Media (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Pada edisi ini, FORTUNE Indonesia menampilkan daftar 100 perusahaan terbesar di Indonesia. Rangking ini disusun secara khusus setelah tim FORTUNE Indonesia menelaah lebih dari 600 laporan keuangan perusahaan di Indonesia, baik terbuka atau tertutup pada tahun fiskal 2020. Ranking Fortune 100 ini ditetapkan tanpa adanya subjektivitas data, sesuai kinerja yang mereka laporkan ke regulator, sekaligus bukti sebuah perusahaan bagi para stakeholder-nya.

2. Bertumbuh di tengah ketidakpastian

2. Bertumbuh tengah ketidakpastian
FORTUNE Indonesia (Dok. IDN Media)

Kemudian, FORTUNE Indonesia juga mengupas lebih dalam kisah dari perusahan-perusahaan yang masuk daftar 100 perusahaan terbesar di Indonesia. Dimulai dari cerita Pertamina yang menjadi perusahaan terbesar nomor satu di Indonesia berdasarkan daftar FORTUNE Indonesia 100. Pertamina masih mampu mencatatkan laba di tengah penurunan permintaan minyak, saat perusahaan migas di belahan dunia lain justru merugi. Kisah menarik lain datang dari Sinar Mas Agro Resources and Technology atau SMART. Direktur Utama PT SMART Tbk, Jo Daud Dharsono, berbagi kisah mengenai apa yang dilakukan perusahaan Crude Palm Oil (CPO) terbesar dalam daftar FORTUNE Indonesia 100 ini agar tetap bertumbuh, bahkan memperoleh pendapatan terbesar dalam sejarah. Masih banyak narasi bisnis lain yang dikupas secara mendalam di edisi kedua FORTUNE Indonesia.

3. Optimisme terhadap keberlangsungan ekonomi di Indonesia

3. Optimisme terhadap keberlangsungan ekonomi Indonesia
FORTUNE Indonesia (Dok. IDN Media)

Winston Utomo, CEO IDN Media: “FORTUNE Indonesia 100 meningkatkan optimisme kami pada keberlangsungan ekonomi di Indonesia. Di situasi yang menantang ini, ternyata tidak sedikit bisnis yang berhasil untuk terus berkembang. Sebagian bahkan mampu membaca peluang dan memutuskan untuk melakukan ekspansi. Kendati belum ada perusahaan rintisan teknologi yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia 100 di tahun ini, kami percaya tiga hingga lima tahun kedepan akan ada banyak perusahaan rintisan teknologi yang bisa masuk ke dalam daftar ini. Kami juga berharap FORTUNE Indonesia 100 dapat menjadi inspirasi dan semangat bagi semua perusahaan untuk terus melakukan inovasi dan terobosan untuk Indonesia yang lebih baik.”

Hendra Soeprajitno, Editor-in-Chief FORTUNE Indonesia: “Satu hal yang membuat FORTUNE Indonesia optimistis adalah banyaknya perusahaan di Indonesia yang berani berubah dan beradaptasi dengan cepat di tengah pandemik. Kita boleh berharap—semoga saja—yang terburuk telah kita lewati. Tentunya, persaingan untuk masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia 100 berikutnya bakal semakin seru seiring dengan membaiknya perekonomian dan sudah terbiasanya kita dengan perubahan yang ada. Jika tahun ini belum menjadi bagian FORTUNE Indonesia 100 yang bergengsi ini, kesempatan masih tersedia di tahun depan.”

FORTUNE Indonesia dapat diakses di fortuneidn.com. Klik bit.ly/fortuneidn untuk berlangganan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.