Kandungan Vitamin Brokoli dan Manfaatnya Dalam Pencegahan Penyakit

Ketahui kandungan yang ada di dalam brokoli yuk Ma!

19 Oktober 2021

Kandungan Vitamin Brokoli Manfaat Dalam Pencegahan Penyakit
Unsplash/Louis Hansel

Brokoli termasuk dalam sayuran kategori kubus-kubisan yang kaya akan serat di dalamnya. Kandungan vitamin brokoli pun juga cukup banyak untuk memenuhi nutrisi kebutuhan harian bagi tubuh.

Perlu diperhatikan mengolah sayur brokoli tidak disarankan terlalu lama karena bisa melunturkan kandungan gizinya. Konsumsi brokoli paling dengan cara menyiram air panas ketika masih dalam keadaan mentah.

Nutrisi kandungan vitamin brokoli

Nutrisi kandungan vitamin brokoli
Pexels/Pixabay

Memasak olahan brokoli jangan lebih dari 20 menit dengan api sedang. Hal itu berguna agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Sehingga kalian masih bisa merasakan khasiat dari adanya sayur brokoli. Berikut inilah beberapa kandungan yang ada pada sayur brokoli:

  • Kandungan mineral

Sayur brokoli pada dasarnya mempunyai banyak kandungan mineral di dalamnya. Seperti halnya kromium, fosfor, magnesium, kalsium, mangan, Zinc, potasium, selenium, tembaga dan zat besi.

Seluruh kandungan mineral tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Sehingga bisa mendapatkan gizi dengan cara mudah hanya mengonsumsi sayur brokoli.

  • Kandungan vitamin 

Meskipun brokoli merupakan sejenis sayuran, namun kandungan vitaminnya cukup banyak di antaranya vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, E, serta K. Akan tetapi kandungan yang paling tinggi yaitu vitamin A.

  • Kandungan makronutrien

Sebagai sayuran hijau, brokoli kaya akan karbohidrat, serat, protein hingga lemak omega 3. Selain itu, brokoli juga mempunyai kandungan air cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

  • Nutrisi lain

Selain dari yang telah disebut di tas, brokoli mempunyai kandungan lain dan bermanfaat bagi tubuh. Seperti adanya sulfur, beta karoten, fitonutrien dan antioksidan.

Manfaat brokoli bagi kesehatan

Manfaat brokoli bagi kesehatan
Pixabay/RitaE

Jenis dari sayur kubis-kubisan ini pastinya membawa banyak manfaat ketika dikonsumsi dan diolah dengan cara yang tepat. Terdapat banyak manfaat dari adanya sayuran brokoli. Berikut Popmama.com ulas selengkapnya:

1. Menjaga sistem pencernaan

1. Menjaga sistem pencernaan
Freepik/jcomp

Manfaat kandungan vitamin brokoli dapat menyehatkan pencernaan yang bisa memberikan rangsangan atas pergerakan usus sehingga melancarkan buang air besar. Sehingga orang yang sering mengonsumsi brokoli akan terhindar dari sembelit.

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang bisa mempercepat kenyang pada perut, di mana dapat mencegah makan berlebihan sehingga menaikkan berat badan dan diabetes. Serat yang ada pada brokoli juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya pengendapan lemak jahat di dinding pembuluh darah.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi

2. Meningkatkan kepadatan tulang gigi
Pexels/Dalila Darpat

Dari kandungan fosfor, kalsium, dan vitamin K yang sangat tinggi pada brokoli bagus untuk meningkatkan kepadatan tulang serta mencegah pengeroposan tulang. Tidak hanya bermanfaat bagi tulang juga kepadatan gigi bisa lebih terjaga karena mengonsumsi brokoli.

Kalian dapat merasakan manfaat dari nutrisi sayuran brokoli ketika mengkonsumsinya secara rutin. Namun juga harus diimbangi dengan rutin olahraga selama 30 menitan guna menguatkan kepadatan tulang.

3. Mencegah terjadinya anemia

3. Mencegah terjadi anemia
Freepik/yanalya

Brokoli mempunyai kandungan zat besi yang bisa dikonsumsi untuk pencegahan terserang penyakit anemia atau kurang darah. Brokoli sangat cocok dikonsumsi pada pagi dan siang hari untuk menambah kesegaran pada tubuh sepanjang hari.

Selain kandungan zat besi juga dibantu dengan adanya tembaga guna memproduksi sel darah merah dengan jumlah yang lebih banyak pada tubuh. Sehingga kemungkinan kecil jika terkena penyakit anemia atau kurang darah.

4. Mencegah timbulnya gejala depresi

4. Mencegah timbul gejala depresi
Freepik/Katemangostar

Banyaknya kandungan pada sayur brokoli mempunyai peranan yang cukup penting bagi tubuh seperti adanya vitamin B. Kolaborasi dari vitamin B kompleks dan asam folat bisa menurunkan risiko terkena depresi serta membuat pikiran lebih rileks.

Cara mengkonsumsinya sebagai pencegahan timbulnya depresi dengan mengolah sesuai dengan keinginan dan selera. Pastikan tetap menjaga kandungan gizi agar bisa bermanfaat secara maksimal bagi tubuh.

5. Memberikan kesehatan pada kulit

5. Memberikan kesehatan kulit
Pexels/Barbara Ribeiro

Kandungan vitamin brokoli bisa memberikan kesehatan pada kulit yang dihasilkan dari dalam tubuh. Antioksidan dalam brokoli dapat melawan adanya kerusakan sel kulit karena polusi atau paparan UVA dan UVB ketika berada di luar ruangan.

Brokoli dapat memperbaiki tekstur kulit serta mengencangkan yang menjadikan kulit tampak lebih sehat. Konsumsi brokoli dengan jumlah yang cukup membuat terlihat lebih muda karena kulit tampak segar.

6. Meningkatkan sistem imun pada tubuh

6. Meningkatkan sistem imun tubuh
Pexels/Cottonbro

Vitamin C dan antioksidan pada sayur brokoli sangat tinggi, dari keduanya itu mampu untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Kekuatan imun bisa menangkal datangnya berbagai macam virus dan penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh.

Terlebih bagi orang-orang yang mempunyai aktivitas cukup padat, sangat cocok diimbangi dengan mengkonsumsi sayuran brokoli. Hal itu berfungsi agar tubuh tetap dalam keadaan segar, tidak lesu dan tidak mudah sakit.

Demikianlah beberapa kandungan vitamin brokoli dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh untuk melawan datangnya penyakit. Brokoli sebagai sayuran hijau mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk melakukan pencegahan ataupun menghindari berbagai penyakit.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.