Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tulang, Jantung, dan Kulit

Khasiat brokoli untuk tubuh banyak banget

27 September 2021

Manfaat Brokoli Kesehatan Tulang, Jantung, Kulit
Pexels/Pixabay

Brokoli merupakan salah satu superfood yang kaya akan antioksidan dan vitamin. Manfaat brokoli untuk kesehatan tentu sangat banyak mengingat sebagai sayuran penuh dengan nutrisi.

Sayuran brokoli rendah kalori namun juga disertai dengan kandungan lainnya seperti mineral. Sehingga kebanyakan pola makan sehat didampingi dengan mengkonsumsi brokoli baik itu direbus, dikukus atau menjadi olahan lainnya.

Manfaat brokoli untuk kesehatan

Manfaat brokoli kesehatan
Pexels/Eva Elijas

Brokoli mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh sebagai pemenuhan gizi dan nutrisi. Meskipun begitu kebanyakan anak kecil tidak menyukai sayuran hijau ini karena menurutnya rasa yang dihasilkan kurang anak.

Akan tetapi, brokoli mempunyai khasiat dalam kandungannya untuk kesehatan dan pemenuhan nutrisi harian. Berikut Popmama.com ulas manfaat dari sayuran brokoli:

1. Menurunkan risiko terjadinya kanker

1. Menurunkan risiko terjadi kanker
Pexels/Cats Coming

Sayuran brokoli bisa dikonsumsi dengan manfaatnya untuk melawan kanker serta membantu meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh. Khasiat yang dikandung oleh brokoli bisa menghabiskan estrogen yang menjadi penyebab terserangnya penyakit kanker pada tubuh.

Brokoli juga mengandung antioksidan yang bisa melakukan pencegahan terhadap berbagai macam kerusakan sel penyebab kanker. Salah satunya ialah sulforaphane yang berbentuk senyawa dengan kandungan belerang, sehingga memberikan rasa pahit pada sayurannya.

2. Menguatkan tulang

2. Menguatkan tulang
Pexels/Cottonbro

Brokoli terdapat kandungan vitamin K dan kalsium yang cukup tinggi untuk menguatkan kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis. Brokoli sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai kadar vitamin K yang terbilang cukup rendah.

Selain itu brokoli juga mengandung magnesium, fosfor dan seng yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak ataupun busui. Perpaduan antara kalsium dan kolagen bisa menghasilkan kerjasama baik untuk mendapatkan tulang yang kuat.

3. Meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh

3. Meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh
Pexels.com/daria

Manfaat brokoli untuk kesehatan berikutnya yakni adanya vitamin C sebagai antioksidan yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh serta membantu pencegahan penyakit. Seperti halnya kanker, katarak, kurang darah atau anemia, atau penyakit kardiovaskular (CVD).

Bentuk suplemen vitamin C juga mampu membantu meredakan gejala pilek dengan mengurangi durasi waktunya. Sehingga kebutuhan akan vitamin C tidak hanya pada buah-buahan saja namun juga bisa dari sayuran brokoli.

Editors' Picks

4. Brokoli cocok untuk program diet

4. Brokoli cocok program diet
Freepik/jcomp

Brokoli memang mempunyai kandungan karbohidrat di dalamnya, namun hal itu juga diimbangi dengan adanya serat guna membantu melancarkan pencernaan. Selain itu juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi terjadinya sembelit, mengurangi nafsu makan yang berlebihan dan menstabilkan kadar gula darah pada posisi rendah.

Brokoli bermanfaat untuk menurunkan berat badan agar berada pada angka ideal karena mempunyai serat yang cukup tinggi. Selain itu, brokoli juga terdapat kandungan protein yang cocok dikonsumsi oleh vegetarian guna pemenuhan kebutuhan akan proteinnya.

5. Manfaat brokoli untuk kesehatan jantung

5. Manfaat brokoli kesehatan jantung
axiaessentials.com

Kandungan serat pada brokoli sangat bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu juga adanya vitamin dan asam lemak untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh.

Brokoli bisa dikonsumsi untuk mengurangi datangnya kolesterol jahat sehingga jantung tetap dalam kondisi sehat dan membantu melindungi pembuluh darah dari adanya kerusakan. Brokoli mempunyai sifat anti inflamasi dari sulforaphane yakni isothiocyanate (ITC) guna mencegah terjadinya kerusakan pada pembuluh darah karena peradangan gula darah kronis.

6. Menyehatkan kulit

6. Menyehatkan kulit
Freepik/ Racool_studio

Selain vitamin C bagus untuk menjaga daya tahan tubuh, juga mempunyai manfaat untuk menyehatkan kulit. Keberadaan vitamin C pada tubuh telah memproduksi kolagen guna mendukung sistem tubuh untuk sel ataupun organ yang lainnya.

Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu pencegahan kerusakan pada kulit, seperti penuaan dini ataupun keriput. Bahwasannya vitamin C mempunyai peran cukup penting untuk pencegahan dan mengobati kulit dari penyakit kanker kulit atau herpes zoster.

7. Mendukung fungsi otak

7. Mendukung fungsi otak
Pixabay/Wounds_and_Cracks

kandungan brokoli dipercaya dapat mengurangi peradangan dalam otak serta mencegah terjadinya kerusakan secara permanen yang mengakibatkan stroke.

Brokoli mempunyai nutrisi sulforaphane, namun selain itu juga terdapat komponen yang terbukti dapat mendukung kesehatan fungsi otak. Dengan begitu mengkonsumsi brokoli dapat memberikan banyak manfaat kepada kesehatan tubuh.

8. Menurunkan kolesterol

8. Menurunkan kolesterol
Unsplash/Louis Hansel

Brokoli memang kaya akan serat larut yang mampu mengeluarkan kolesterol pada tubuh. Sebab keberadaan serat bisa membantu untuk mengikatnya bersama asam empedu pada saluran pencernaan.

Hal ini membuat kolesterol bisa keluar dari dalam tubuh dengan sangat mudah. Salah satu varietas brokoli juga bisa membantu untuk mengurangi tingkat kadar kolesterol LDL sampai dengan 6 persen.

9. Menjaga kesehatan masa kehamilan

9. Menjaga kesehatan masa kehamilan
Pexels/Amina Filkins

Ibu hamil pasti ingin  kondisi kehamilannya  sehat dan dilancarkan  persalinannya. Selain itu bayi juga harus tumbuh sehat dan mengalami perkembangan seperti anak pada umumnya.

Dengan mengkonsumsi sayuran brokoli mampu meningkatkan kecerdasan otak pada bayi. Brokoli mempunyai kandungan vitamin C dan K yang bisa menguatkan tulang ibu hamil serta adanya folat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Demikianlah beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh. Kandungan yang ada pada brokoli mampu membantu melakukan pencegahan dari datangnya penyakit berbahaya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.