8 Cara Melancarkan Haid yang Alami dan Aman Bagi Kesehatan

Tak perlu minum obat, perbaiki pola hidup dan manfaatkan bahan alami

10 April 2019

8 Cara Melancarkan Haid Alami Aman Bagi Kesehatan
Freepik

Periode haid yang tidak teratur seringkali mengganggu dan membuat khawatir ya, Ma. Pada dasarnya memang ada beberapa hal yang membuat siklus haid jadi tak teratur.

Beberapa di antaranya yakni stres, turun berat badan secara drastis, masalah hormon hingga gangguan pada kelenjar tiroid.

Jika stres adalah penyebabnya, Mama bisa mengatasi masalah tersebut dengan secara perlahan-lahan menenangkan diri dan mencari aktivitas menyenangkan agar tak lagi stres.

Jangan lupa rutin olahraga juga agar kesehatan fisik tubuh juga tetap terjaga.

Yang tak kalah penting, manfaatkan juga bahan-bahan alami dan rumahan di sekitar Mama untuk membantu melancarkan haid. Berikut Popmama.com telah merangkum informasinya untuk Mama:

1. Pepaya

1. Pepaya
Pexels/Picmamba.com

Untuk mendapatkan manfaat melancarkan haid, pilihlah pepaya yang masih belum terlalu matang, Ma. Buah pepaya yang seperti ini diyakini dapat membantu mengontraksi serat otot di rahim.

Efeknya, aliran darah haid pun akan menjadi lebih lancar dan siklus haid Mama bisa jadi lebih teratur. Sebelum memasuki jadwal haid, konsumsilah secara teratur potongan buah pepaya yang belum terlalu matang. Mama juga bisa mengonsumsi pepaya ini dengan dibuat menjadi jus secara teratur.

2. Kunyit

2. Kunyit
Pexels/Marta Branco

Selain untuk bumbu memasak, kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melancarkan haid lho, Ma. Kunyit dianggap mampu mengatur siklus haid dan menyeimbangkan hormon dalam tubuh Mama.

Ini karena kunyit memiliki sifat antispasmodik dan anti-inflamasi. Selain itu, manfaatnya adalah untuk membantu meredakan nyeri haid.

Manfaat kunyit untuk melancarkan haid bisa Mama dapatkan dengan mencampur ¼ sendok teh kunyit bubuk dengan madu sebagai pemanis alami. Minumlah setiap hari selama beberapa minggu menjelang siklus haid.

3. Lidah buaya

3. Lidah buaya
Freepik

Perlu diketahui bahwa lidah buaya sebaiknya tidak dikonsumsi selama Mama haid. Lidah buaya diyakini dapat membantu melancarkan siklus haid dengan cara mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, ekstrak gel lidah buaya segar dari daun lidah buaya, setelah campur dalam 1 sendok teh madu dan konsumsi sebelum sarapan pagi.

4. Jus wortel

4. Jus wortel
Pexels/Pixabay

Selain baik bagi kesehatan mata, wortel juga baik untuk membantu melancarkan siklus haid lho, Ma. Sayuran ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi yang dapat membantu menyeimbangkan produksi hormon.

Wortel bisa Mama konsumsi secara langsung maupun dibuat menjadi jus wortel. Tapi agar hasilnya maksimal, gunakan gula sedikit saja ya, Ma. Akan jauh lebih baik jika Mama tidak menggunakan gula atau pemabis buatan lainnya.

Editors' Picks

5. Jahe

5. Jahe
Freepik/Dragana_Gordic

Tak cuma kunyit, bumbu lain yang juga bisa digunakan sebagai cara alami melancarkan haid adalah jahe. Jahe juga enak dikonsumsi karena bisa membantu menghangatkan badan lho, Ma.

Untuk mendapatkan manfaat jahe, rebus 1 sendok makan jahe segar selama 5 menit. Setelah itu, air rebusan jahe bisa ditambahkan sedikit gula pasir. Air rebusan jahe ini sebaiknya diminum setelah makan ya, Ma.

Jahe dikenal sangat baik dalam membantu mengatur siklus haid dan menghilangkan masalah haid yang tidak teratur.

6. Jintan putih

6. Jintan putih
Freepik/Rawpixel.com

Jintan putih memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Salah satunya adalah untuk membantu mengatasi masalah haid yang tidak teratur.

Cara mengolah jintan putih yakni dengan merendam 2 sendok makan jintan putih semalaman, setelah itu minum air rendamannya di pagi hari. Jika perlu, minumlah air rendaman jintan putih setiap hari untuk merasakan manfaatnya pada siklus haid yang tidak teratur.

7. Kayu manis

7. Kayu manis
Pexels/Mareefe

Kayu manis tidak cuma meningkatkan cita rasa masakan Mama lho, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk melancarkan haid. Konsumsi kayu manis diyakini dapat memberi efek hangat pada tubuh.

Campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis ke dalam segelas susu hangat. Aduk hingga larut dan minumlah secara teratur. Selain melancarkan haid, campuran susu dan bubuk kayu manis ini juga dapat membantu mengatasi nyeri haid.

8. Air kelapa hijau

8. Air kelapa hijau
Freepik/Topntp26

Terdapat kandungan senyawa laurat dalam air kelapa hijau yang dapat membantu melawan berbagai macam masalah pada kesehatan. Senyawa laurat diketahui dapat berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Selain itu, air kelapa hijau juga memiliki banyak nutrisi dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Minumlah air kelapa hijau secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya ya, Ma.

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;