7 Manfaat Mengonsumsi Buah Bit Bagi Kesehatan

Yuk, konsumsi buah bit yang memiliki sejuta kebaikan untuk tubuh kamu ini

4 Februari 2019

7 Manfaat Mengonsumsi Buah Bit Bagi Kesehatan
Pixabay/flyfishinghut

Buah bit atau buah bit merah adalah tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan yang bentuknya menyerupai kentang. Buah bit memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung tinggi karbohidrat namun rendah lemak, kalori dan proteinnya.

Buah bit sangat bagus dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet. Segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang terkandung dalam buah bit itu terdapat pada akar dan tangkainya.

Buah bit baik dikonsumsi bagi yang sedang menjalani diet hanyalah salah satu contoh manfaat buah bit bagi tubuh kamu.

Ingin tahu apa saja keajaiban buah bit bagi kesehatan tubuh kamu? Berikut Popmama.com telah merangkum 7 manfaat buah bit bagi kesehatan.

1. Dapat mencegah hipertensi

1. Dapat mencegah hipertensi
Pixabay/Pompi

Salah satu manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh yang secara nyata sudah terbukti yakni minum jus dari umbi bit ini bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan nitrat dalam buah bit sama seperti yang terdapat pada sayur berdaun hijau, yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts and London School of Medicine dan juga Peninsula Medical School, menyarankan untuk menurunkan hipertensi kamu bisa melakukannya lewat cara murah yakni dengan mengonsumsi jus yang terbuat dari buah bit.

Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus bit serta sayuran lain yang kaya akan kandungan nitrat, baik bagi kesehatan jantungmu dan terus memelihara jantungmu agar tetap sehat.

Baca juga: Hal Penting yang Wajib Diketahui Soal Hipertensi Pada Kehamilan

2. Mengurangi kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung

2. Mengurangi kolesterol jahat menjaga kesehatan jantung
bechiro.ca

Buah bit diketahui mengandung sejumlah besar serat larut, flavonoid, dan betacyanin. Betacyanin adalah senyawa yang memberi warna merah keunguan pada buah bit dan juga merupakan antioksidan yang kuat.

Kandungan tersebut yang ada pada buah bit dapat membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL dan mencegahnya agar tidak menempel di dinding arteri.

Dengan begitu, hal ini dapat membantu melindungi jantung dari kemungkinan serangan jantung dan stroke.

Baca juga: 6 Makanan yang Mengandung Kolesterol Jahat!

Baca juga: Obati Kolesterol Secara Alami Pakai Daun Kelor, Ini Manfaat Lainnya!

3. Mencegah anemia

3. Mencegah anemia
medicalnewstoday.com

Buah bit yang identik berwarna kemerahan ini sering dihubungkan dengan warna darah, sehingga buah bit ini juga sering dipakai untuk mengatasi masalah anemia.

Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besi yang cukup tinggi yang terkandung dalam buat bit, yang mengaktifkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

Dengan kondisi tersebut, maka buah bit sangat baik dikonsumsi orang yang pengidap anemia.

Baca juga: 3 Macam Anemia pada Ibu Hamil dan Dampak Buruknya

Editors' Picks

4. Mengatasi masalah pencernaan

4. Mengatasi masalah pencernaan
medlife.com

Bila kamu bermasalah dengan sistem pencernaan seperti sering mengalami diare, disentri bahkan mengalami rasa nyeri dan mual, dengan mengonsumsi buah bit masalah itu bisa teratasi, lho.

Untuk mengobatinya, kamu bisa membuat jus buah but yang dicampur oleh wortel dan 1 sdm air jeruk nipis atau air lemon.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba ramuan buah bit yang dicampur dengan 1 sdm madu. Ramun ini kamu konsumsi secara rutin pada pagi hari menjelang sarapan dapat mengurangi rasa nyeri yang terjadi ketika udara yang seharusnya dikeluarkan menumpuk di dalam usus pada perut.

5. Meningkatkan kesehatan seksual

5. Meningkatkan kesehatan seksual
prima.co.uk

Tak hanya berfungsi menjadi obat untuk penyakit, buah bit juga sering disebut sebagai viagra alami.

Hal itu dikarenakan buah bit memiliki kandungan nitrat di dalamnya yang akan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke alat kelamin. Hasilnya, ereksi akan berlangsung lebih lama.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Disfungsi Ereksi Juga Bisa Dialami Pria Usia Muda

Baca juga: Ini Dia 3 Jenis Ereksi yang Biasa Dialami Pria

6. Mengatasi masalah ketombe

6. Mengatasi masalah ketombe
dailypioneer.com

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, buah bit juga berguna untuk mengatasi masalah kecantikan yakni masalah ketombe pada rambut indah kamu.

Cara menghilangkan ketombe pada rambut dengan menggunakan buah bit, caranya mudah, kamu hanya merebus buat bit dengan diberi sedikit, lalu dioleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala.

Biarkan rambutmu yang sudah dioleskan dibungkus dengan handuk, lalu diamkan hingga semalaman.

Keesokan harinya, bilaslah dan keramaslah.

7. Meningkatkan kecerdasaan otak pada bayi

7. Meningkatkan kecerdasaan otak bayi
Pixabay/Vborodinova

Tak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, buah bit yang mengandung folat didalamnya terbukti dapat mendukung perkembangan otak dan membuat bayi menjadi lebih pintar.

Oleh karena itu, sangan disarankan mengonusmsi buah bit bagi ibu hamil agar janin dalam kandungan mendapat asupan folat yang cukup.

Itulah 7 manfaat konsumsi buah bit untuk kesehatan tubuh. Bagaimana pun, mengonsumsi segala sesuatu memang nggak boleh berlebihan, termasuk dalam megonsumsi buah bit dalam jumlah besar.

Karena, terlalu banyak makan bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh, hal itu bisa merusak ginjal, bahkan memperparah penyakit ginjal. Jadi, sebaiknya mengonsumsi buah bit sesuai dengan kebutuhan kamu ya.