7 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan Keluarga

Yuk ikut gerakan makan ikan!

5 Februari 2019

7 Manfaat Makan Ikan Kesehatan Keluarga
Pexels/Malidate van

Masyarakat Indonesia dominan menyukai daging ayam sebagai sumber protein keluarga. Padahal masih ada pilihan lain seperti memilih daging ikan. harga ikan juga cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan harga daging sapi dan ayam.

Sayangnya, tidak banyak yang menyukai ikan sebagai lauk sehari-hari.

Apa manfaat makan ikan untuk kesehatan keluarga?

Ikan adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan segala zat yang dibutuhkan tubuh seperti protein, Omega 3 dan kalsium yang sangat baik bagi kesehatan. Bagi anak-anak, kandungan yang ada di dalam ikan juga dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang agar sesuai usia anak.

Ikan biasanya banyak dikonsumsi oleh masyarakat pesisir pantai karena mudah didapat dan lebih terjangkau. Bagi masyarakat kota ikan juga mudah didapatkan dengan harga terjangkau hanya saja perlu merubah budaya dengan gerakan makan ikan agar kecerdasan anak Indonesia meningkat.

Cara mengolah ikan tidaklah sulit, hanya dengan dibakar ata digoreng saja rasanya sudah lezat. Tetapi beberapa orang tidak begitu menyukai rasa tanah yang terkadang masih melekat pada ikan setelah dimasak.

Jika seperti itu maka kamu dapat mengolahnya menggunakan bumbu dan rempah-rempah agar amis dan bau tanah pada ikan hilang.

Mengkonsumsi ikan sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Yuk, kita simak ulasan Popmama.com tentang 7 manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan keluarga berikut ini:

Baca juga: Yuk Pilih, Olah dan Sajikan Makanan yang Aman untuk Keluarga

1. Meningkatkan kecerdasan

1. Meningkatkan kecerdasan
Pexels/meo

Sudah bukan rahasia lagi jika orang Jepang memiliki otak yang cerdas. Hal ini dikarenakan konsumsi lauk utama mereka yaitu ikan mencapai 60 kg per orang per tahun. Kandungan Omega 3 pada ikan dapat meningkatkan kecerdasan karena berperan dalam perkembangan sel otak. Selain itu ikan juga dapat meningkatkan daya ingat sehingga tidak mudah lupa.

Jenis ikan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan antara lain salmon, cakalang, bandeng, ekor kuning, tuna dan patin. Beberapa ikan memiliki harga yang mahal yaitu salmon sehingga banyak Mama tidak bisa memasukkan menu ini terlalu sering dalam menu makan keluarga.

Baca juga: Berikan 5 Bahan Makanan Ini untuk Kecerdasan Otak Anak

2. Menyehatkan jantung

2. Menyehatkan jantung
Pexels/Kaboompics.com

Ikan dan jenis seafood lain dipercaya dapat menyehatkan jantung karena kaya akan kandungan Omega3. Fungsi Omega 3 yakni menghancurkan kandungan kolesterol jahat pada aliran darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Dengan begitu kesehatan jantung pun akan terjaga dengan baik.

3. Mencegah depresi

3. Mencegah depresi
Pexels/Victor Freitas

Omega 3 yang terdapat pada ikan tidak hanya berguna meningkatkan daha ingat dan menyehatkan jantung saja lho! Ternyata Omega 3 juga bisa mencegah depresi dan stress karena bisa membuat otak rileks dan tenang jika mengkonsumsinya secara rutin.

Editors' Picks

4. Menurunkan hipertensi

4. Menurunkan hipertensi
Pexels/rawpixel.com

Memiliki kecenderungan mengidap penyakit hipertensi mesti disikapi dengan baik. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi daging merah karena memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Coba alihkan dengan mengkonsumsi berbagai jenis ikan dan seafood yang memiliki kandungan protein tinggi namun rendah kandungan lemak. Omega 3 pada ikan juga dipercaya dapat menghancurkan kolesterol jahat yang ada pada tubuh.

Baca juga: Hal Penting yang Wajib Diketahui Soal Hipertensi Pada Kehamilan

5. Membuat awet muda

5. Membuat awet muda
Pexels/Pixabay

Mengkonsumsi ikan secara teratur bisa membuat wajah terlihat awet muda karena kandungan Omega 3, vitamin dan protein dapat mencegah proses penuaan kulit.

Selain ketiga kandungan tersebut, ikan juga mengandung kolagen yang sangat berguna untuk proses regenerasi kulit sehingga kulit akan terlihat kencang, cerah dan awet muda.

6. Mencegah mata rabun

6. Mencegah mata rabun
Pexels/designecologist

Penggunaan teknologi yang semakin meningkat mengakibatkan mata kita terpapar layar dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya mata minus dan rabun menyerang. Kandungan Omega 3 pada ikan didapuk mampu mengurangi rabun dengan konsumsi secara rutin.

7. Mengatasi jerawat

7. Mengatasi jerawat
Pexels/Jenna Hamra

Punya permasalahan seputar jerawat? Daripada menggunakan krim-krim wajah yang tidak jelas, lebih baik perbanyak konsumsi ikan dan seafood lainnya. Ikan memiliki kandungan kolagen yang sangat baik untuk regenerasi kulit dan menjaga pH agar tetap normal.

Nah, itulah 7 manfaat mengonsumsi ikan untuk kesehatan keluarga. Sudah saatnya membiasakan si Kecil mengenal berbagai macam ikan untuk konsumsi sehari-hari agar otaknya berkembang sempurna dan kecerdasannya terbentuk dengan baik.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;