7 Tips Anti Mabuk Perjalanan Melakukan Perjalanan Darat

Mau mudik via jalur darat tapi takut mabuk di perjalanan? Simak 7 tips dari Popmama.com berikut ini!

4 Juli 2022

7 Tips Anti Mabuk Perjalanan Melakukan Perjalanan Darat
Pexels/nubia navvaro (nubikini)

Menjelang libur akhir tahun dan tahun baru, pasti tidak sedikit diantara kalian yang mudik ke daerah asal. Rasa kangen dengan keluarga akhirnya bisa terbayar lunas.

Banyak moda transportasi yang dapat menjadi pilihan.

Diantaranya kereta, pesawat, bis, kapal laut bagi yang ingin menyebrang pulau, dan pilihan terakhir adalah dengan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Kalau keluargamu terdiri dari beberapa anggota keluarga tentunya pilihan jalur darat menggunakan mobil pribadi sering menjadi opsi andalan.

Biasanya ada beberapa orang yang mabuk perjalanan setiap menggunakan bis atau mobil saat perjalanan jauh. Nah, supaya perjalanan liburanmu kali ini tidak terganggu Popmama.com akan membagikan 7 tips anti mabuk perjalanan saat mudik yang dapat kamu coba berikut ini.

1. Makan secukupnya sebelum pergi

1. Makan secukup sebelum pergi
Pexels/bruce mars

Sebelum melakukan perjalanan jauh, kamu hendaknya mengisi perut dengan makan secukupnya. Pilihlah makanan yang netral dan tidak menimbulkan rasa mual. Makan sebelum bepergian jauh dapat menghindarkan kita dari masuk angin, mual dan perut kembung.

2. Sedia minyak kayu putih atau minyak aromaterapi

2. Sedia minyak kayu putih atau minyak aromaterapi
Pexels/Pixabay

Salah satu tips ampuh yang dapat kamu lakukan adalah membawa minyak kayu putih atau minyak aromaterapi. Pilih wangi yang menyegarkan dan tidak memicu rasa mual. Minyak peppermint, lemon, dan lavender bisa menjadi pilihanmu.

Oleskan minyak tersebut di area pusar. Pernah dengar kan ibu kita sering bilang kalau oles di pusar maka akan terhindar dari mual dan masuk angin? Kalau jaman dulu pakai minyak kelapa dicampur bawang merah, sekarang tidak perlu repot lagi karena berbagai macam minyak dalam kemasan sudah siap digunakan.

Editors' Picks

3. Jangan membaca atau main gadget terlalu lama

3. Jangan membaca atau main gadget terlalu lama
Pexels/Pixabay

Sebagai anak muda millennial tentunya hidup kita sehari-hari tidak akan bisa terlepas dari handphone atau telepon genggam. Bayangkan saja mulai dari nonton film, pesan makanan, belanja online, bahkan kerja bisa dilakukan dengan modal handphone saja.

Meskipun begitu kurangi aktivitasmu bermain handphone karena melihat layar terus menerus bisa membuat kepala pusing. Jika sudah begitu bukan tidak mungkin rasa mual akan menyusul kemudian.

So, kendalikan dirimu ya saat sedang melakukan perjalanan mudik!

4. Melihat pemandangan

4. Melihat pemandangan
Pexels/nextvoyage

Kalau kamu duduk dekat dengan jendela, melihat pemandangan bisa menjadi sebuah pengalihan dari rasa mualmu.

Sembari melihat keluar jendela, kamu bisa melakukan introspeksi diri dan membuat rencana bagi kehidupanmu ke depan, apa yang ingin kamu raih atau perbaiki.

Barangkali kamu jadi kepikiran untuk membuat konten menarik yang bisa diunggah di media sosial. Mungkin juga kamu akan mendapat ide baru yang bisa mendatangkan banyak uang, bisa saja kan?

5. Ngobrol

5. Ngobrol
Pexels/negative space

Mudik bersama keluarga ada untungnya yaitu kamu jadi punya teman ngobrol sepanjang perjalanan. Membicarakan hendak pergi ke tempat wisata mana sesampainya di tempat tujuan, bisa mencerahkan harimu dan membuatmu terhindar dari rasa mual.

Kalau kamu mudik sendiri menggunakan transportasi umum, coba ajak ngobrol teman sebelahmu. Siapa tahu banyak hal bermanfaat yang bisa kamu peroleh.

6. Pilih tempat yang paling sedikit goncangan

6. Pilih tempat paling sedikit goncangan
Pexels/Pixabay

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya pilih bangku barisan depan atau tengah. Hindari barisan paling belakang karena guncangan di bagian tersebut lebih parah sehingga bisa membuat perutmu seakan dikocok, dan bisa memicu muntah.

Tapi kalau kamu menggunakan bis, lakukan pemesanan jauh-jauh hari supaya kamu bisa meminta kursi bagian depan. Jika terlambat melakukan pesanan, kamu harus terima duduk di bangku manapun sehingga meningkatkan risiko mual di perjalanan.

7. Tidur

7. Tidur
Pexels/bruce mars

Kadar mabuk kendaraan setiap orang berbeda-beda. Kalau kamu mabuk perjalanan kelas berat maka solusi terakhir ini bisa jadi andalanmu, yaitu tidur selama di perjalanan.

Nggak bisa tidur? Minum saja obat anti mabuk. Tapi jangan lakukan ini kalau kamu bepergian sendiri menggunakan transportasi umum ya karena bisa-bisa kamu menjadi korban kejahatan.

Nah, itulah 7 tips anti mabuk perjalanan saat mudik yang dapat kamu coba. Semoga liburanmu kali ino berjalan lancar tanpa hambatan berarti ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk