TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Es Krim Viral dari China dan Harga Franchisenya, Sudah Coba?

Siapa yang sudah kepo dengan es krim Mixue, yuk mengenal es krim viral dari China ini

15 Juli 2022

Mengenal Es Krim Viral dari China Harga Franchisenya, Sudah Coba
Instagram.com/mixueindonesia

Baru-baru ini, masyarakat tanah air kembali heboh dengan kehadiran ice cream viral yang berasal China, yakni Mixue. Es krim viral dari China ini mengusung perpaduan dengan teh (ice cream and tea), kedai pertama berlokasi di kota Kembang, Bandung pada 2020 lalu. Setelah itu, berkembang menjadi beberapa toko dan akhirnya menyebar ke Jakarta dan kota lain di Indonesia.

Sementara di negeri asalnya, es krim Mixue sudah berdiri sejak 1997. Bisnis ini sudah memiliki lebih dari 10 ribu toko di dalam dan luar China. Perkembangan pesat ini dilandasi karena es krim merupakan kuda[akan favorit banyak masyarakat, terutama saat cuaca sedang terik. 

Mixue Ice Cream & Tea memiliki beragam varian unik. Selain es krim, Mixue juga menjual minuman Boba. Minuman Boba-Sundae merupakan menu yang paling sering dibeli (best seller) dari bisnis waralaba ini.

Viralnya es krim Mixue ini menyebabkan beberapa orang ingin membuka kedai dengan membeli franchise-nya. Permintaan yang besar di momen ini dapat dimanfaatkan untuk  meraup untung besar.

Berikut Popmama.com sajikan informasi mengenal ice cream viral dari China dan harga franchisenya. Let’s check this out

Apa Itu Es Krim Mixue di China?

Apa Itu Es Krim Mixue China
Instagram.com/mixueindonesia

Semula Mixue adalah usaha bubble di daerah Zhengzhou, Henan, China oleh Zhang Hongchao. Ia mendirikan toko kecil di pinggir jalan yang dijajakan dengan gerobak.

Harganya pun cukup murah jika dibandingkan dengan produk es krim lain. Masyarakat China lebih mengenal es krim viral dengan sebutan Mixue Bingchen atau XBMC.

Bisnis es krim Mixue ini “pecah” di pasar pada 2006. Warga china berbondong-bondong membeli es krim cone Mixue yang terbilang bersahabat ini. Drai laman Pandaily, Mixue sukses mengumpulkan incom setidaknya Rp 44,7 triliun hingga awal tahun 2021.

Kini produk Mixue sudah bisa kamu temukan di Vietnam, Singapura, Malaysia hingga Indonesia.

Editors' Picks

Awal Kemunculan Ice Cream Mixue di Indonesia

Awal Kemunculan Ice Cream Mixue Indonesia
Instagram.com/mixueindonesia

Seperti yang dituliskan sebelumnya, es krim Mixue ini pertama kali muncul di tanah parahyangan, Bandung, Jawa Barat. Pemegang cabang resmi Mixue Indonesia adalah PT Zisheng Pacific Trading. 

Bandung terpilih sebagai lokasi pionir es krim Mixue lantaran kawasan ini tersohor sebagai pusat wisata kuliner. Barulah menyebar ke kota lain seperti Jakarta.

Meski kedai Mixue sudah menjamur, PT Zisheng Pacific Trading tetap membuka peluang bagi kamu yang berminat untuk membuka cabang dengan membeli franchise-nya.

Syarat dan Sistem Franchise Mixue Ice Cream & Tea

Syarat Sistem Franchise Mixue Ice Cream & Tea
Instagram.com/mixue.icecream

Setiap merek besar memiliki sistem franchise yang berbeda-beda. Untuk pembukaan cabang baru, Mixue Ice Cream and Tea mengimplementasikan bentuk usaha mandiri. Sehingga tidak ada pembagian keuntungan atau sistem bagi hasil. Sehingga hasil penjualan sepenuhnya masuk kantong kamu.

Syarat yang ditetapkan pun cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyediakan lokasi toko yang memiliki luas kurang lebih 25 meter persegi. Sementara tinggi atau siling ruangan kedai setidaknya 2,7. Daya listrik kedai sekitar 33 ribu watt.

Kontraktor akan membangun toko sesuai standar interior yang telah ditetapkan oleh pihak Mixue Indonesia (PT Zisheng Pacific Trading). Mulai dari kelistrikan, air, neon, sign, mebel dan lain-lain.

Sayangnya, cabang es krim Mixue belum bisa dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia. Baru tersedia di seluruh Jawa dan Bali, dan empat kota lain, yakni Medan, Palembang, Bandar Lampung, serta Pekanbaru.

Harga yang Harus Dikeluarkan untuk Membuka Cabang Mixue Ice Cream & Tea

Harga Harus Dikeluarkan Membuka Cabang Mixue Ice Cream & Tea
Instagram.com/mixue.icecream

Biaya yang dikeluarkan untuk pembukaan kedai baru (franchise) Mixue Ice Cream berbeda-beda untuk setiap daerah. Mixue Indonesia membagi jadi dua golongan, yakni harga untuk cabang di Kota Bandung dan luar Kota Bandung. Berikut rinciannya:

Harga franchise Mixue di Kota Bandung

  • Biaya survei: Rp.2.000.000
  • Biaya manajemen per tahun: Rp. 24.000.000
  • Deposit: Rp. 40.000.000
  • Biaya pelatihan: Rp. 3.000.000
  • Biaya peralatan (Mesin): Rp. 170.000.000
  • Bahan baku pertama: Rp 100.000.000
  • Total: Rp 339.000.000

Harga franchise Mixue selain Kota Bandung

  • Biaya survei: Rp.2.000.000
  • Biaya manajemen per tahun: Rp. 18.000.000
  • Deposit: Rp. 40.000.000
  • Biaya pelatihan: Rp. 3.000.000
  • Biaya peralatan (Mesin): Rp. 170.000.000
  • Bahan baku pertama: Rp 100.000.000
  • Total: Rp 333.000.000

Harga tersebut bisa berubah sesuai dengan kondisi pasar franchise baru yang mampu mempengaruhi keputusan akhir oleh pihak Mixue Indonesia. Untuk pembelian bahan baku selanjutnya disesuaikan saja dengan kebutuhan kedai masing-masing. 

Demikian laporan Popmama.com tentang informasi mengenal ice cream viral dari China dan harga franchise-nya. Siapa yang sudah mencoba es krim viral ini?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk