5 Cara Bijak Mengatasi Krisis Kepercayaan Diri

Pernahkah kamu merasa ada keraguan dalam diri?

4 Desember 2021

5 Cara Bijak Mengatasi Krisis Kepercayaan Diri
Pexels/Анна Хазова

Pernahkah kamu merasa seperti seolah-olah berdiri dalam sebuah keraguan?

Bisa jadi kamu sedang alami krisis kepercayaan diri. Kondisi ini paling sering membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri dan menyebabkan ingin menangis hingga setengah putus asa.

Padahal percaya bahwa tidak, sebenarnya kamu dapat melakukan apa saja yang harus dilakukan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu panik dan cemas.

Pasalnya, Popmama.com akan memberikan informasi 5 cara bijak mengatasi krisis kepercayaan diri. Yuk, simak ulasannya!

1. Menghargai dan menghormati diri sendiri

1. Menghargai menghormati diri sendiri
Pexels/Sound On

Ketika alami krisis kepercayaan diri, bahwa kamu perlu menghadapinya dengan cara bijak. Salah satunya adalah menghargai dan menunjukkan rasa hormat pada diri sendiri.

Ketika menghargai diri sendiri, maka ini akan membuat kamu merasa lebih layak menerima cinta dan melakukan banyak hal. Mulailah melihat ke dalam diri mengenai apa saja yang membuat kamu menjadi terbaik. 

Kemudian, hargai diri kamu juga melalui cara dengan mengambil tindakan di sekitar yang menggairahkan dan membahagiakan.

Editors' Picks

2. Memiliki rasa syukur dan memperkuat energi positif

2. Memiliki rasa syukur memperkuat energi positif
Pexels/Pixabay

Apabila kamu mengalami krisis kepercayaan diri, maka jangan buat hati semakin terguncang. Salah satu cara yang harus kamu lakukan adalah selalu bersyukur.

Bahwa dengan bersyukur, ini dapat menimbulkan rasa rileks dan optimisme. Bahkan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah kamu, lho!

Selain itu, rasa syukur akan membuat kamu menemukan dan mengakui kebaikan dalam hidup. Termasuk memiliki kecenderungan untuk memperkuat emosi positif, kegembiraan dan kepuasan.

3. Memulainya dari hal kecil dan meyakinkan diri sendiri

3. Memulai dari hal kecil meyakinkan diri sendiri
Pexels/Alexandr Podvalny

Di dalam kehidupan, bahwa tidak semua orang dilahirkan dengan rasa percaya diri yang tertanam. Namun ketika sulit untuk mengembangkan kepercayaan diri, jangan sampai menghilangkan kemampuan untuk mempercayai pikiran dan perasaan kamu sendiri. 

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan memiliki perubahan kecil. Cara terbaiknya, yakni meyakinkan diri sendiri tentang sesuatu yang kamu percayai.

Selain itu, mulailah menrima situasi kamu saat ini dan percaya pada diri sendiri. Jangan biarkan ketakutan menghentikan kegiatan atau impian kamu, ya!

4. Mengembangkan potensi yang ada dalam diri

4. Mengembangkan potensi ada dalam diri
Pexels/Evelina Zhu

Sebenarnya, dunia ini penuh dengan peluang. Tetapi terkadang seseorang bisa saja alami krisis kepercayaan diri. Agar tidak ada banyak pemikiran dapat menghalangi, mulailah menyadari potensi apa saja yang ada pada diri kamu.

Untuk membantu mengubah hidup menjadi lebih baik, kamu harus fokus meraih impian. Caranya dengan mengembangkan kemampuan diri kamu.

Selain itu, identifikasi suara hati dan merencanakan tujuan akhir kamu dalam menuju kesuksesan. Cobalah menerima kegagalan dan merayakannya saat kamu alami sebuah prestasi.

5. Mendapat dukungan dan bimbingan dari orang terdekat

5. Mendapat dukungan bimbingan dari orang terdekat
Pexels/Elina Fairytale

Adanya dukungan dari orang yang dicintai, ini mungkin salah satu cara membuat kamu mampu mengatasi krisis kepercayaan diri.

Bahkan dengan kamu terhubung pada orang-orang sekitar, maka juga akan membantu meningkatkan pengetahuan dan menyempurnakan keterampilan diri kamu.

Selain itu, mendapat berbagai bimbingan dan motivasi dari orang-orang terdekat  bisa membuat kamu selalu berupaya mengembangkan potensi dalam meraih kesuksesan.

Nah, demikianlah 5 cara bijak mengatasi krisis kepercayaan diri. Jika merasa keadaan tampaknya tidak membaik, ada baiknya berbicara dengan seseorang yang tahu bagaimana membantu kamu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.