5 Penyebab Telapak Tangan Gatal Ini Perlu Diwaspadai

Tentu sensasi gatal bisa mengganggu di mana pun itu terjadi.

18 Oktober 2020

5 Penyebab Telapak Tangan Gatal Ini Perlu Diwaspadai
Freepik/Racool_studio

Kamu alami telapak tangan yang gatal?

Telapak tangan yang terasa gatal sering kali disebabkan oleh kondisi kulit. Tetapi juga bisa menandakan masalah mendasar yang lebih serius.

Medlineplus mengatakan, untuk mengatasi kondisi tangan yang gatal lebih baik mengompres dingin, menggunakan lotion pelembab, krim hidrokortison atau antihistamin.

Berikut ini ada 5 kemungkinan penyebab telapak tangan gatal yang perlu diwaspadai. Yuk, simak ulasan selengkapnya dari Popmama.com :

1. Diabetes menyebabkan kulit terasa kering dan gatal

1. Diabetes menyebabkan kulit terasa kering gatal
Freepik/xb100

Telapak tangan yang gatal dan mengganggu, bisa terjadi karena diabetes.

Saat seseorang mengidap diabetes, maka kadar gula darah yang terlalu tinggi menyebabkan kulit kering dan terasa gatal.

Menurut Express, sangat penting jika kamu mengalami gatal terus menerus saat menderita diabetes. Sebaiknya berbicara dengan dokter sesegera mungkin.

Sebab beberapa pasien diabetes mungkin merasa tangan atau kakinya menjadi semakin gatal tanpa bintik merah.

Editors' Picks

2. Dermatitis atopik yang pemicunya karena infeksi pada kulit

2. Dermatitis atopik pemicu karena infeksi kulit
Freepik/wirestock

Dermatitis atopik atau eksim adalah kondisi yang membuat kulit tangan kamu terasa gatal.

Biasanya kondisi ini dapat menyebabkan bercak kulit atau merah berwarna di area yang terkena. 

Bahkan sebagian orang mengalami benjolan kecil yang mencuat dari kulit. 

Dilansir dari Childrenshospital, pemicu utama dermatitis atopik adalah kulit kering, iritan, stres, alergi, infeksi dan panas berkeringat yang sangat penting diperhatikan.

Orang yang paling mungkin mengalami eksim tangan yakni berprofesi tertentu yang tangannya terpapar kelembapan berlebihan atau bahan kimia keras.

3. Reaksi alergi yang terjadi karena bahan kimia tertentu

3. Reaksi alergi terjadi karena bahan kimia tertentu
Freepik/Racool_studio

Kadang-kadang telapak tangan yang gatal disebabkan oleh paparan berulang terhadap bahan kimia tertentu. Kondisi tersebut pun akhirnya menyebabkan reaksi alergi.

MedicalNewsToday menjelaskan, reaksi alergi mungkin muncul 48 hingga 96 jam setelah kontak dengan alergen. Umumnya meliputi logam, pewangi pakaian atau parfum.

Saat merasa gejala alergi muncul, segera konsumsi obat alergi.

Jenis obat yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama mengatasi gejala alergi seperti obat antihistamin, obat steroid dan
obat dekongestan.

4. Respons dari obat tertentu bisa dialami segala usia

4. Respons dari obat tertentu bisa dialami segala usia
Freepik

Kadang-kadang telapak tangan terasa gatal juga bisa berkembang sebagai akibat dari sesuatu yang tertelan oleh seseorang.

Mungkin saja karena reaksi obat adalah suatu kondisi kulit seperti benjolan disertai sensasi gatal yang berkembang saat tubuh bereaksi negatif terhadap pengobatan.

Dikutip dari NYULangone, seseorang dari segala usia bisa mengalami reaksi obat. Kebanyakan orang pulih sepenuhnya tanpa kerusakan permanen pada kulit meskipun gejala dapat bertahan selama beberapa hari atau minggu.

Sedangkan untuk mengatasi gatal yang dicurigai disebabkan oleh alergi obat, kamu perlu berbicara dengan dokter agar diberikan alternatif obat.

5. Psoriasis yang perlu menggunakan obat oles

5. Psoriasis perlu menggunakan obat oles
Freepik/valuavitaly

Kondisi kulit psoriasis menyebabkan pertumbuhan sel kulit secara lebih cepat. Kondisi ini membuat sel-sel kulit tidak dapat mengelupas secara alami dan munculnya ruam yang khas.

Healthline memaparkan, selain gatal psoriasis dapat menyebabkan lepuh merah, nyeri, sendi bengkak hingga kulit pecah-pecah.

Ketika menderita psoriasis, gen yang mengontrol sinyal sistem kekebalan, sehingga sel-sel kulit bekerja secara berlebihan dan telapak tangan pun terasa gatal.

Pengobatan yang dilakukan seperti menggunakan obat oles atau krim, melakukan terapi cahaya atau melalui suntikan dan infus.

Itulah kelima penyebab tangan terasa gatal. Kondisi gatal pada kulit bisa dilakukan untuk mencegah dengan rajin mandi minimal dua kali sehari dan menjaga kesehatan dengan baik.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.