Jangan Digaruk, Lakukan 6 Tips Ini untuk Mengatasi Gatal saat Hamil

Tak perlu khawatir, karena ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gatal saat hamil.

13 Oktober 2020

Jangan Digaruk, Lakukan 6 Tips Ini Mengatasi Gatal saat Hamil
Whattoexpect.com

Saat hamil, Mama umumnya mengalami gatal pada beberapa bagian tubuh, khususnya bagian perut. Mama ingin menggaruknya, namun khawatir akan meninggalkan bekas pada perut. 

Tak dipungkiri, memang sulit menahan jemari tangan untuk tidak menggaruknya. Rasa gatal pada bagian perut itu biasanya muncul pada trimester kedua kehamilan yakni antara minggu ke-13 sampai 28. 

Perut gatal saat hamil memang kondisi normal yang dialami hampir semua mama. Rasa gatal itu disebabkan peregangan kulit pada bagian perut. Apabila Mama terus menggaruknya, maka bisa menimbulkan luka atau ruam hingga menyebabkan iritasi kulit. 

Tak perlu khawatir ya, Ma, karena ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa gatal saat hamil. Nah, di bawah ini Popmama.com akan memberikan enam cara mengatasi gatal saat hamil selain menggaruk. 

1. Kompres perut dengan air es

1. Kompres perut air es
Freepik/rawpixel.com

Kompres area perut yang gatal menggunakan air es bisa meredakan rasa gatal sekaligus membuat Mama lebih rileks. Mama bisa menggunakan ice pack atau es yang dibungkus menggunakan handuk atau kain lembut. Kemudian, tempelkan es di bagian perut dan usap secara perlahan. Lakukan cara itu selama 10 menit hingga gatal mereda.

2. Oleskan pelembap setelah mandi

2. Oleskan pelembap setelah mandi
Freepik/Wavebreakmedia

Rasa gatal juga bisa disebabkan kulit kering. Oleh sebab itu, Mama sebaiknya mengoleskan krim pelembap setelah mandi untuk melembapkan kulit yang kering sekaligus meredakan rasa gatal. Tetapi, jangan gunakan produk pelembap yang mengandung alkohol ya, Ma. Sebaiknya Mama menggunakan produk yang mengandung bahan alami atau minyak esensial. 

Editors' Picks

3. Hindari paparan sinar matahari

3. Hindari paparan sinar matahari
Unsplash/Chutter Snap

Paparan sinar matahari bisa memperparah kondisi gatal pada bagian perut. Tubuh mama juga mudah berkeringat ketika terkena paparan sinar matahari. Nah hal tersebut bisa menimbulkan ruam kecil pada bagian perut yang menimbulkan rasa gatal. 

4. Hindari mandi air hangat

4. Hindari mandi air hangat
nairaland.com

Mandi air hangat memang bisa membuat Mama rileks. Namun, siapa sangka jika air hangat justru membuat kulit mudah kering sehingga rentan gatal saat berkeringat. 

5. Oleskan lidah buaya

5. Oleskan lidah buaya
Freepik

Sensasi dingin dari gel lidah buaya bisa meredakan rasa gatal pada bagian perut. Kandungan antimikroba dalam lidah buaya dapat mencegah iritasi dan infeksi akibat rasa gatal. Namun, Mama harus mengoleskan lidah buaya yang telah dicuci bersih dari kotoran dan tanah ya. Setelah dibersihkan, kupas bagian kulit luar hingga bagian daging lidah buaya mengeluarkan gel. 

6. Oleskan minyak kelapa

6. Oleskan minyak kelapa
prevention.com

Bahan alami lainnya yang bisa meredakan gatal saat hamil adalah minyak kelapa. Mama bisa mengoleskan minyak kelapa di area yang gatal. Minyak kelapa akan membantu melembapkan kulit dan mengurangi rasa gatal. Mama harus mengoleskannya secara perlahan, ya untuk menghindari iritasi kulit.

Enam cara mengatasi gatal saat hamil di atas bisa Mama lakukan kapan pun Mama merasa gatal, di trimester kedua hingga ketiga masa kehamilan. Jika Mama tetap ingin menggaruk area perut, pastikan lakukan secara perlahan dan gunting kuku terlebih dahulu untuk menghindari luka atau iritasi. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.