Kamu yang Sering Vertigo Harus Konsumsi 5 Makanan Ini

Segeralah istirahat saat pusing melanda

8 Juni 2019

Kamu Sering Vertigo Harus Konsumsi 5 Makanan Ini
Freepik

Kamu sering mengalami vertigo?

Ya, vertigo itu sendiri adalah keluhan pusing yang begitu berat dengan pandangan berputar-putar hingga mengalami hilangnya keseimbangan tubuh.

Ketika lambung terganggu, akan menimbulkan rasa mual yang memengaruhi vertigo. Oleh karenanya penting bagi kamu untuk pencegahan vertigo itu terjadi kembali, kamu harus mengonsumsi 5 makanan ini. Berikut rangkumannya dari Popmama.com :

1. Alpukat

1. Alpukat
Unplash/Thought Catalog

Gejala yang sering dialami penderita vertigo adalah sensasi berputar yang disertai keluhan mual muntah. Untuk meredakannya maka sebagian orang langsung meminum obat-obatan.

Padahal ada salah satu makanan yang bisa dikonsumsi khusus bagi kamu yang suka mengalami vertigo, yakni buah alpukat. Tak perlu susah mencarinya, sebab buah yang rasanya creamy ini mudah ditemukan.

Alpukat yang mengandung banyak vitamin B6 merupakan lemak tak jenuh yang sangat cocok untuk dikonsumsi penderita penyakit vertigo. Sementara kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus atau dimakan langsung.

2. Bayam

2. Bayam
Freepik/Rawpixel.com

Meskipun tampak sepele namun vertigo itu cukup menyiksa. Terkadang gejalanya bisa muncul secara tiba-tiba.

Kondisi seperti ini tentunya sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitasmu bukan?

Kalau sudah begitu kamu perlu asupan makanan yang baik seperti bayam. Sayuran seperti bayam yang mengandung vitamin B6 juga baik dikonsumsi sebagai makanan untuk mengobati penyakit vertigo.

Jadi jangan malas makan sayur bayam, ya.

Editors' Picks

3. Ikan air tawar

3. Ikan air tawar
Freepik

Pada umumnya penderita vertigo membutuhkan tempat yang nyaman untuk berisitirahat. 

Selain itu kamu yang sering mengalami vertigo juga harus mengurangi penyakit ini dengan asupan makanan yang meringankan penyakit vertigo, salah satunya mengonsumsi ikan air tawar.

Untuk menyimpan pasokan protein, mengonsumsi ikan air tawar adalah cara yang tepat.

Sementara ikan air tawar yang mengandung kaya vitamin B6 sangat baik dalam membantu mengurangi timbulnya rasa pusing dan memelihara kesehatan sistem saraf pusat, khususnya otak.

4. Jahe

4. Jahe
Pexels/Pixabay

Meski kamu sering mengalami vertigo dan mengonsumsi obat-obatan, tapi sayangnya gejala vertigo yang dirasakan begitu kuat sehingga kamu membutuhkan asupan nutrisi lainnya.

Untuk meringankan serangan vertigo, kamu dapat mengonsumi air jahe. Khasiat dari jahe itu sendiri sudah dikenal sejak lama sebagai obat herbal mengatasi mual muntah dan pusing.

Dengan kamu mengonsumsi jahe maka akan melancarkan peredaran darah, sehingga otak pun akan mendapatkan suplai oksigen dari darah.

5. Kacang-kacangan

5. Kacang-kacangan
Freepik/pichitkamsing

Daftar makanan yang sehat bagi penderita vertigo selanjutnya ialah kacang-kacangan.

Kacang olahan seperti selai kacang mengandung sumber vitamin B6 yang bisa membantu dalam meningkatkan metabolisme dan menangkal radikal bebas. 

Mengonsumsi selai kacang yang mengandung vitamin E sebanyak satu sendok makan setiap harinya ternyata akan memelihara elastisitas pembuluh darah. Dengan begitu, kesehatan sirkulasi darah di kepalamu tetap terjaga.

Kamu juga dapat mengonsumsi beragam kacang-kacangan seperti almond, hazelnut, kacang tanah dan lain sebagainya.

Itulah 5 daftar makanan yang pelu kamu makan. Nah, sebaiknya usahakan saat tidur agar posisi bantal kepala sedikit lebih tinggi.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.