Ikuti 5 Tips Ini agar Napas Tetap Segar Saat Berpuasa

Kamu jadi takut berbicara saat lagi puasa?

5 Mei 2019

Ikuti 5 Tips Ini agar Napas Tetap Segar Saat Berpuasa
Freepik/Sri_sakorn42

Memasuki bulan Ramadhan, pastinya kamu akan mengalami berbagai masalah pada mulut seperti bibir kering hingga bau mulut.

Hal tersebut sering terjadi saat kamu berpuasa. Sebab kamu tidak makan dan minum apapun selama berjam-jam dan itulah yang menyebabkan halitosis atau bau mulut. 

Oleh karenanya, butuh cara yang ampuh untuk mencegah bau mulut selama berpuasa. Berikut ini Popmama.com telah merangkum 5 tips agar napas tetap segar saat puasa.

2. Minum air putih

2. Minum air putih
Freepik

Untuk mencegah bau mulut saat berpuasa, sebaiknya di waktu sahur perbanyaklah minum air putih.

Sebab kondisi mulut yang kering dan produksi air liur pun akan berkurang, sehingga menyebabkan bau mulut. Jadi pastikan mencukupi cairan dalam tubuh sebelum berpuasa.

Dengan minum banyak air putih maka dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh dan membantu mulut untuk menghasilkan air liur.

Editors' Picks

2. Minum teh hijau

2. Minum teh hijau
Unplash/Randy Fath

Saat berpuasa tentunya tidak ada satupun makanan dan minuman yang boleh masuk ke dalam organ pencernaan, sehingga penyebab tersebutlah yang membuat bau mulut.

Sementara teh hijau dikenal luas sebagai minuman yang bisa menurunkan berat badan. Tapi ternyata khasiat dari teh hijau itu sendiri bisa menyehatkan gigi dan mulut.

Kandungan polifenol pada teh hijau terbukti ampuh untuk mengatasi peradangan pada gigi maupun gusi. Selain itu teh hijau memiliki sifat anti bakterial dan antivirus.

3. Kumur air garam

3. Kumur air garam
Freepik/Eddows-animator

Siapa yang tak ingin punya napas segar? Sayangnya sering kali seseorang tak terhindarkan dari aroma tak sedap yang keluar dari mulut.

Tips berikutnya agar tidak bau mulut saat berpuasa yakni berkumurlah dengan air garam setelah sahur. Caranya, larutkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian kumur selama tiga puluh detik.

Air garam pun akan bekerja optimal secara alami seperti anti septik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut.

4. Hindari makanan yang beraroma tajam

4. Hindari makanan beraroma tajam
Freepik/Nensuria

Agar mulut tetap terasa segar dan bersih selama berpuasa, maka kamu perlu melakukan pencegahan bau mulut.

Sebaiknya hindari makanan yang beraroma menyengat ketika sahur seperti bawang bombai, bawang putih jengkol maupun pete.

Makan makanan yang menghasilkan bau tajam akan membuat mulut cepat bau. Jadi hindari menghidangankan menu sahur yang mengandung bahan-bahan tersebut, ya.

5. Hindari merokok

5. Hindari merokok
Freepik/Nensuria

Sebenarnya halitosis adalah bau napas membandel yang tidak hilang meski kamu sudah menggosok gigi.

Nah, agar napas tetap segar saat berpuasa ikutilah tips ini.

Sebaiknya kamu yang perokok cobalah untuk menghilangkan kebiasaan merokok setelah makan sahur. Sebab merokok dapat menyebabkan bau mulut dan meningkatkan risiko masalah pada gusi.

Bicara tentang bau mulut, dengan menjaga napas tetap segar selama menjalankan puasa sebenarnya mudah dilakukan. Kamu bisa mengikuti 5 tips tadi selama bulan Ramadhan.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.