Cara Membuat Anak Mengerti Pentingnya Jaga Kesehatan dari Virus Corona

Gunakan kata-kata yang menenangkan ya, Ma.

6 Maret 2020

Cara Membuat Anak Mengerti Penting Jaga Kesehatan dari Virus Corona
kids-harbor.com

Ketika wabah Virus Corona viral, pastinya banyak pertanyaan yang akan diajukan si Anak yang harus kamu hadapi. 

Penyebabnya, mungkin saja anak mama sudah mengetahui informasi mengenai Virus Corona melalui internet, TV, guru atau bahkan teman sekelasnya.

Dengan demikian, orangtua harus selalu siap untuk menjawab pertanyaan si Kecil tentang Virus Corona. Tak bisa dipungkiri, Virus Corona merupakan topik yang sangat menakutkan bagi anak-anak.

Untuk itu penting bagi kamu untuk berperilaku supportive dan dapat diandalkan di tengah-tengah kebingungan yang dirasakan oleh anak mama.

Simak ya Ma, berikut ini penjelasan Popmama.com tentang bagaimana cara membuat anak mengerti pentingnya menjaga kesehatan dari Virus Corona.

1. Pilihlah waktu yang tepat untuk jelaskan pada anak mama

1. Pilihlah waktu tepat jelaskan anak mama
Freepik

Cobalah untuk menghindari gangguan apapun saat kamu ingin bicarakan mengenai Virus Corona dengan si Kecil. Kamu bisa membicarakan hal tersebut ketika sedang bermain bersama atau mungkin saat menjemputnya di sekolah.

Gunakan waktu untuk membicarakan Virus Corona ketika kamu dan si Kecil sedang fokus. Meski demikian, cobalah untuk tetap menjaga kata-kata agar tidak semakin membuatnya merasa panik dan takut.

Editors' Picks

2. Cari tahu apakah anak mama sudah mendengar tentang Virus Corona

2. Cari tahu apakah anak mama sudah mendengar tentang Virus Corona
nmbreakthroughs.org

Kamu bisa mencari tahu dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang disesuaikan dengan tingkat usia si Anak. Untuk anak-anak dengan usia yang lebih besar, kamu bisa menanyakan apakah teman-teman disekolahnya berbicara tentang Virus Corona.

Jika usianya masih tergolong kecil, kamu bisa menanyakan apakah ia mendengar pembicaraan orang yang lebih dewasa mengenai penyakit, baru baru ini. 

Tentunya dengan mengajukan pertanyaan seperti ini akan memberikan kamu kesempatan untuk mengetahui seberapa banyak informasi yang telah diketahui anak-anak atau apakah ia mendengar informasi yang salah.

Biarkan anak kamu berbicara lebih banyak sehingga memungkinkan ia untuk bertanya, namun jangan sampai kamu membeberkan informasi kepadanya sebelum ia bertanya.
 
 

3. Buat anak merasa nyaman

3. Buat anak merasa nyaman
todaysparent.com

Bicarakanlah tentang Virus Corona dengan tenang namun tetap terlihat meyakinkan. Jelaskan pada anak mama bahwa kebanyakan orang yang terkena Virus Corona akan mengalami sakit pilek dan batuk.

Beri anak-anak ruang dalam menghadapi perasaan takutnya, merupakan hal yang wajar bagi anak-anak untuk merasa khawatir. Biarkan si Kecil tahu bahwa ia dapat mendatangimu saat ia merasa takut atau ingin menanyakan sesuatu.

Waspadai bagaimana anak-anak kamu mendapatkan informasi mengenai Virus Corona. Kamu perlu mengarahkan sang anak pada konten yang sesuai usianya sehingga ia pun tidak bisa menemukan informasi yang membuatnya takut.

Baca juga:

Corona Berdampak Bagi Seluruh Dunia, 7 Publik Figur ini Angkat Bicara!

4. Ajarkan anak tentang bagaimana cara mencegah Virus Corona

4. Ajarkan anak tentang bagaimana cara mencegah Virus Corona
Freepik

Ajari anak-anak bahwa tidur yang cukup dan rutin mencuci tangan dapat membantunya tetap kuat dan sehat. Jelaskan bahwa mencuci tangan secara teratur akan menghentikan penyebaran virus ke orang lain. Kamu juga perlu menjadi panutannya dengan sering mencuci tangan.

Biarkanlah anak mengetahui bahwa rumah sakit dan dokter sudah sangat siap untuk merawat orang yang sakit. Anak juga perlu tahu bahwa ilmuwan sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin untuk Virus Corona. 

Ketika si Anak bertanya, jelaskan padanya bahwa kematian akibat Virus Corona masih jarang, serta penderita Virus Corona pun mulai sembuh secara berangsur-angsur. Luangkan waktu dengan si Kecil untuk menonton berita sehingga kamu dapat memfilter apa yang ia dengar.

5. Tetap Jaga komunikasimu dengan si Anak

5. Tetap Jaga komunikasimu si Anak
www.momsecure.com
mama wajib mengatur penggunaan smartphone pada anak

Dengan membicarakan Virus Corona, kamu dapat membantu anak-anak belajar tentang tubuhnya, seperti bagaimana sistem kekebalan tubuh anak dalam melawan penyakit.

Sering-seringlah membicarakan informasi-informasi terkini dengan si Kecil. Kamu bisa menanyakan pendapatnya mengenai suatu infomasi tertentu. Dengan demikian, komunikasimu dengan anak akan tetap terjaga.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk