TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Sebelum Panik, Mama Perlu Tahu 7 Fakta Soal Virus Corona Ini

Ketahui fakta virus corona dengan benar, baca dulu yuk Ma!

4 Maret 2020

Sebelum Panik, Mama Perlu Tahu 7 Fakta Soal Virus Corona Ini
ctvnews.ca

Panik, takut dan khawatir. Perasaan campur aduk seperti ini yang mungkin sedang Mama rasakan setelah mendengar Presiden Jokowi mengumumkan mengenai 2 orang Indonesia terkena virus corona beberapa hari lalu.

Kepanikan ini pun dengan cepat menyebar di media sosial, bahkan ramai diberitakan jika masyarakat berbondong-bondong menyerbu supermarket untuk membeli persediaan makanan hingga masker. 

Masker pun saat ini menjadi benda yang sedikit sulit didapatkan hingga ada yang menjualnya dengan harga tinggi. 

Lalu apakah Mama tahu seberapa efektifnya masker tersebut bisa melindungi kita dari virus corona? Apakah dengan menggunakan masker sudah pasti kita terbebas dari virus mematikan ini?

Langkah apa yang harus dilakukan Mama jika ada orang terdekat yang terkena virus corona? 

Sebelum Mama ikut terbawa dalam arus kepanikan yang simpang siur, inilah fakta sebenarnya yang telah Popmama.com rangkum dan penting untuk Mama ketahui mengenai Covid-19. Baca terus sampai bawah ya Ma.

1. Cara penyebaran virus corona

1. Cara penyebaran virus corona
cnn.com

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, virus corona bisa menyebar jika berdekatan dengan yang terinfeksi atau melalui cairan batuk dan bersin. Namun, seberapa mudah virus ini menyebar ini pun dapat bervariasi. Penyebaran juga bisa terjadi jika orang menyentuh permukaan atau objek yang terdapat virus tersebut lalu menyentuh hidung, mulut atau matanya. 

2. Tak ada bukti yang menyatakan jika penggunaan masker efektif melindungi dari virus corona

2. Tak ada bukti menyatakan jika penggunaan masker efektif melindungi dari virus corona
media.healthday.com

Menteri Kesehatan Indonesia, Agus Putranto menegaskan jika sebaiknya masker cukup digunakan bagi yang sakit. Sedangkan, orang yang dalam kondisi sehat tidak perlu menggunakan masker.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyampaikan belum ada bukti jika masker wajah melindungi orang sehat dari virus corona.

Editors' Picks

3. Tingkat kematian virus corona lebih kecil ketimbang virus SARS dan MERS

3. Tingkat kematian virus corona lebih kecil ketimbang virus SARS MERS
medicalnewstoday.com

Melalui tayangan VOA di media sosial disampaikan jika tingkat kematian yang disebabkan oleh virus corona yaitu hanya sebesar 2 persen. Sedangkan virus SARS sebesar 10 persen dan MERS 34 persen. Artinya, untuk setiap 100 kejadian virus corona 2 meninggal dunia. 

4. Tidak semua yang terjangkit virus corona akan meninggal

4. Tidak semua terjangkit virus corona akan meninggal
medicalnewstoday.com

Dilansir dari sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan China pada 18 Februari 2020, sekitar 81 persen kasus virus corona ringan dan hanya 2,3 persen yang meninggal. Sisanya, sekitar 13,8 persen dilaporkan mengalami sesak napas. 

5. Tidak ada bukti yang menyatakan hewan dapat menularkan virus corona

5. Tidak ada bukti menyatakan hewan dapat menularkan virus corona
akcpetinsurance.com

WHO juga menjelaskan jika tidak bukti bahwa hewan peliharaan seperti kucing atau anjing dapat terinfeksi virus corona dan menyebarkannya ke manusia. Hal yang paling penting dilakukan adalah selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan kontak dengan hewan peliharaan.

6. Anak-anak juga dapat terjangkit virus corona

6. Anak-anak juga dapat terjangkit virus corona
e360.yale.edu

Faktanya nih Ma, dilansir dari Kompas, sebuah studi China dari Provinsi Hubei menemukan bahwa lebih dari 44.000 kasus Covid-19, sekitar 2,2 persen melibatkan anak-anak di bawah usia 19 tahun. Karenanya, penting untuk mengingatkan dan membiasakan anak-anak mencuci tangan serta jaga asupan makanannya.

7. Cobalah untuk tidak melakukan jabat tangan dengan orang lain

Banyak sumber menganjurkan untuk menghindari penyebaran virus corona semakin luas, sebaiknya kita tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain. Misalnya dengan berjabat tangan. Ada alternatif untuk tetap mengganti kebiasaan tersebut seperti yang dilakukan oleh beberapa masyarakat Wuhan untuk menyapa, yaitu dengan menyentuhkan kaki.

Itulah ketujuh fakta yang perlu Mama ketahui. Bagikan info ini kepada keluarga dan teman untuk menjaga kondisi tetap tenang. Hubungi nomor berikut untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat dan jelas 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk