TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Corona Berdampak Bagi Seluruh Dunia, 7 Publik Figur ini Angkat Bicara!

Aktor, aktris, pesepak bola, musisi, hingga dokter buka suara soal corona

16 Maret 2020

Corona Berdampak Bagi Seluruh Dunia, 7 Publik Figur ini Angkat Bicara
Freepik

Sulit memang menelaah kejadian fenomenal ini dari satu sisi.

Apakah benar virus corona telah sangat memberi dampak kepada seluruh umat manusia di muka bumi ini atau hanya peran serta media sebagai alat penyampai informasi yang membuatnya begitu fenomenal. 

Lockdown-nya beberapa negara, ditangguhkannya beberapa jadwal serta event besar dunia, mengubah sedikit budaya keagamaan agar meniadakan risiko penularan dari sektor religi, hingga sampai menjadi buah bibir di setiap tempat di manapun berada (media juga non-media).

Sepertinya corona mampu menjadi sesuatu yang cukup memberi dampak terhadap kehidupan kita ya, Ma!

Terlebih kepada beberapa orang penting baik dalam maupun luar negeri.

Kesemuanya menanggalkan segala identitas kenamaannya dan mulai berbicara sebagai masyarakat umum mengenai virus ini. 

Hal ini dilakukan oleh mereka, demi tercapainya persatuan manusia dalam melawan virus ini di seluruh dunia. 

Selama hampir kurun satu bulan Popmama.com memantau kehadiran virus viral mengerikan asal negeri China ini, berikut pendapat dari 7 orang publik figur mengenai masalah kemaslahatan terkait virus corona

1. Positif corona, aktor Tom Hanks himbau untuk hati-hati

1. Positif corona, aktor Tom Hanks himbau hati-hati
Instagram.com/Tom Hanks

Tom Hanks dilaporkan menjadi selebriti pertama yang buka suara soal terjangkit virus Corona.

Aktor legendaris ini mengumumkan telah melakukan tes virus COVID-19 bersama sang istri, dan hasilnya positif.

Hal tersebut diungkapkannya melalui Instagram pribadi Tom Hanks seperti dilihat pada Kamis (12/3/2020). Berikut pernyataan lengkap Tom Hanks. 

"Halo kawan-kawan. Rita dan saya sedang berada di Australia. Kami merasa sedikit lelah, seperti pilek, dan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh. Rita mengalami kedinginan yang datang dan pergi. Demam ringan juga. Sesuai dengan aturan yang semestinya seperti yang diperlukan dunia saat ini, kami melakukan tes Corona virus, dan ternyata positif."

"Jadi sekarang apa yang harus dilakukan selanjutnya? Petugas medis memiliki protokol yang harus diikuti. Kami akan diuji sekaligus diamati, dan diisolasi sesuai dengan aturan keamanan kesehatan publik. Tentunya hal ini tidak dalam proses yang singkat, bukan?

Kami akan terus mengabarkan kondisi kami kepada kalian semua. Jaga diri kalian!"

Setelah melalui protokol kesehatan dan dinyatakan positif corona Tom Hanks juga tidak lupa mengingatkan para netizen untuk menjaga kesehatannya. 

2. Lady Gaga mengisolasi diri bersama tiga ekor anjing peliharaannya

2. Lady Gaga mengisolasi diri bersama tiga ekor anjing peliharaannya
Instagram.com/Lady Gaga

Penyanyi bernama lengkap Stefani Joanne Angelina Germanotta atau Lady Gaga memutuskan mengkarantina dirinya bersama tiga ekor anjing peliharaannya setelah berdiskusi dengan beberapa dokter dan ilmuwan. 

"Hal paling baik atau paling sehat yang dapat kita lakukan adalah karantina diri sendiri dan tidak bergaul dengan orang-orang berusia di atas 65 tahun," tulis Gaga dalam akun instagramnya. 

Demi tak terpapar virus asal China ini, Gaga juga rela menahan kerinduan pada keluarga tercinta. Menurutnya, lebih baik tidak bertemu untuk sementara daripada keluarganya harus terinfeksi virus corona.

"Saya berharap saya bisa melihat orang tua dan nenek saya sekarang, tetapi jauh lebih aman untuk tidak untuk sementara waktu. Jadi saya tidak membuat mereka sakit kalau-kalau saya memilikinya," tulis Lady Gaga.

Editors' Picks

3. Liga diberhentikan, pesepak bola Mesut Ozil : "Sepak bola tidaklah penting"

3. Liga diberhentikan, pesepak bola Mesut Ozil "Sepak bola tidaklah penting"
Instagram.com/Mesut Ozil

Saat ini para pesepak bola sedang dalam keadaan bersatu. Seluruh liga liga yang kerap menjadi tontonan masyarakat ditangguhkan sampai waktu yang ditentukan terkait virus corona. 

Senada dengan keputusan ini liga premier Inggris tempat Mesut Ozil melakukan aksi-aksinya, melakukan penundaan jadwal hingga 4 April 2020 lamanya. 

Menanggapi penundaan jadwal bermain, pesepak bola berkewarganegaraan Jerman itu mengatakan pada unggahan twitternya bahwa saat ini sepak bola tidaklah penting.

"Sepak bola tidaklah masalah saat ini.  Kesehatan dan kesejahteraan semua orang jauh lebih penting daripada segalanya. Guys, ambil semua tindakan pencegahan yang Anda bisa - waspada dan perhatikan semua orang, terutama mereka yang berisiko tinggi," unggah Ozil. 

Dirinya pun tidak lupa mengucakpan terima kasih sedalam-dalamnya kepada pihak media dari dokter sampai perawat. Tak lain tak bukan ini ditujukan bagi petugas garda terdepan untuk membantu melawan penyebaran virus corona.

"Kita jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada semua dokter, perawat, dan para ahli yang menjaga penyebaran virus ini. Mereka dalam tekanan tinggi dan pantas mendapat rasa hormat dari kita," ujarnya.

4. Pesan menohok komedian Aming

4. Pesan menohok komedian Aming
Instagram.com/Amingisback

Aming Supriatna Sugandhi atau kerap disapa Aming, mengirimkan pesan menohok menanggapi kebijakan juga kejadian yang ada pada saat virus corona melanda Indonesia.

Pertama, Aming melontarkan kritik mengenai kebijakan diskon tiket pesawat yang dikeluarkan oleh pemerintah ke beberapa destinasi wisata di Indonesia. Dirinya menilai hal ini tidaklah tepat. 

"Tiket pesawat diturunkan 50% dan masyarakat dihimbau travelling. Another keblunderan dan kedondongan. Wacara pengurangan populasi manusia dengan cara bersenang-senang dan ramah di kantong, menggoda," tulis Aming 

Lalu komedian kelahiran 1980 ini juga turut geram dengan ulah panicattack yang diperagakan oleh manusia di Indonesia pasca corona menginfeksi. Terlebih pada para pemborong dan penumpuk masker. 

"Pada akhirnya bukan corona yang membunuh kita, tapi saudara sendiri yang punya duit lah! Berbondong-bondong ngeborong sampai stock kosong! Sobat miskin cuma bengong dimatiin saudara sendiri dalam kelaparan," kata Aming.

5. Asmara Abigail beri info melalui instagram mengenai kondisi corona di negara yang melakukan lockdown

5. Asmara Abigail beri info melalui instagram mengenai kondisi corona negara melakukan lockdown
Instagram.com/Asmara Abigail

Dilansir dari Popbela.com, model sekaligus aktris Asmara Abigail saat ini tengah berada di salah satu negara yang memberlakukan lockdown terdampak virus corona. 

Asmara begitu sapaan akrabnya, mengunjungi Milan, Italia untuk kepentingan Milan Fashion Week dan ada beberapa screening film yang ia bintangi di dua negara di benua Eropa.

"Sebetulnya aku ke Milan dari awal karena ada trip untuk Milan Fashion Week di bulan Februari dan ada dua film aku screening di Eropa bulan Maret, satu di Amsterdam dan satu di Paris."

"Sekarang posisi aku di kota Milan, provinsi Milan, region Lombardy. Dan saat ini bersama keluarga Italy aku." jelasnya.

Melalui interview ekslusifnya dengan Popbela.com model kelahiran 3 April 1992 ini juga memberikan tanggapannya mengenai virus berbahaya ini.

"Semoga teman-teman di Indonesia menanggapi kasus ini lebih serius dan bukan main-main karena WHO sudah declare kalau Corona Virus adalah global pandemic, memang angka kematian 2% tapi kalau kita tidak memerangi ini bersama dampak yang ditimbulkan akan jauh lebih buruk."

"Belajarlah dari negara lain yang sudah setengah mati memerangi virus ini walaupun ekonomi hancur lebur tapi saya yakin mereka akan bangkit. Tiongkok juga sudah menurunkan bantuan dan tim medis ke Italia. Mungkin virus ini mengajarkan kita sebagai manusia untuk bersatu dan melihat perbedaan sebagai kekayaan," pungkas Asmara.

6. Ariana Grande himbau para penggemarnya untuk tidak meremehkan virus corona

6. Ariana Grande himbau para penggemar tidak meremehkan virus corona
Instagram.com/Ariana Grande

Corona virus rupanya juga menyentuh ranah musisi internasional tak terkecuali penyanyi asal Amerika Serikat, Ariana Grande.

Pelantun 'Thank You, Next' itu bahkan menghimbau para penggemarnya untuk tidak menyepelekan permasalahan corona yang tengah melanda dunia.

"Aku masih mendengar beberapa pernyataan mengejutkan yang mengatakan, 'Ini bukan sesuatu yang besar', 'Kita akan baik-baik saja', 'Kita tetap harus menjalankan hidup' dan itu sungguh-sungguh membuatku berpikir," ujarnya melalui akun twitter @ArianaGrande. 

Ariana dengan sangat tegas juga meminta penggemarnya yang masih muda untuk tidak menutup mata atas permasalahan dan kondisi yang menurutnya semakin parah kini.

"Ini sangat berbahaya dan egois untuk menanggapi situasi ini secara santai. Pemikiran 'Kita akan baik-baik saja karena kita masih muda' membuat orang tidak lagi muda dan/atau sehat menjadi rentan," tulisnya.

Dia melanjutkan, "Kamu terdengar bodoh dan terprivilase dan kalian seharusnya lebih peduli satu sama lain. Mulai dari sekarang," sambungnya. 

7. Usulan lockdown oleh Tompi

7. Usulan lockdown oleh Tompi
Instagram.com/dr_tompi

Terjadi keramaian di jagat sosial media mengenai polemik haruskah Indonesia melakukan lockdown terkait makin banyaknya korban positif virus corona. 

Sabtu (14/3), dokter yang juga musisi, Tompi, adalah salah satu yang mengusulkan adanya langkah lockdown yang harus diambil oleh pemerintah Indonesia.

"Wahai pemangku kebijakan, kecuali antivirusnya sudah ketemu, lock down!" cuit Tompi dalam akun twitter @dr_tompi 

Tompi juga menegaskan bahwa opsi lockdown tidak seseram yang dibayangkan oleh warganet. 

"Lockdown yang saya maksud bukan ekstrem sampe nggak boleh berhubungan dengan dunia luar sama sekali, nggak kontak sama siapapun. Bukan itu," cuitnya lagi pada Senin (16/3).

Nah demikianlah Ma, tanggapan dari berbagai publik figur. Ada yang wujudnya informasi, himbauan, ajakan memerangi virus, hingga saran kepada pemerintah. 

Nah, bagi Mama sendiri bagaimana tanggapan Mama mengenai virus corona? 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk